J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Level di Game yang Terpaksa Dihapus, Bikin Mainnya Jadi Nggak Seru?

Jumat, 25 Des 2020, 16:00 WIB
Ada beberapa level game yang dihapus oleh pihak developer, sehingga mungkin kamu tidak akan pernah tahu. Penasaran apa saja gamenya? Simak di sini!

Kadang, sebuah keputusan penting harus diambil dalam produksi video game maupun industri lainnya, tidak terkecuali penghapusan sebuah level dalam game.

Meskipun terasa sia-sia karena sudah terlanjur dibuat, atau justru sayang karena gamers tidak akan bisa memainkannya, namun hal ini perlu dilakukan untuk menjaga kualitas keseluruhan gamenya.

Kamu juga pasti tidak mau, kan, bermain game paling buruk sedunia karena banyaknya glitch, kualitas visual rendah, atau tidak lengkapnya map? Oleh karena itu, level yang bermasalah perlu dihapus oleh pihak developer.

Memangnya, apa saja level dalam video game yang dihapus dan penyebabnya? Supaya kamu mengetahui jawabannya, simak penjelasan di bawah ini.

5 Level Potensial di Game yang Justru Dihapus

Ketika kamu bermain sebuah game, tentu kamu berharap agar konten di dalamnya tidak ada yang terpotong, sehingga pengalaman bermain menjadi lebih memuaskan.

Tapi, bagaimana jika salah satu bagian, dalam hal ini level, di sebuah game harus dipotong karena ketidaksempurnaan proses pengembangan game? Pasti membuat para pemain kecewa. Apalagi jika mereka sudah membayar mahal untuk membeli game tersebut.

Sayangnya, hal ini terjadi pada game-game yang salah satu levelnya dihapus karena masalah teknis maupun non-teknis. Berikut daftar selengkapnya.

1. Episode 51 - Metal Gear Solid V: The Phantom Pain

Metal Gear Solid V C6ea4

Di antara berbagai skandal menghebohkan industri gaming, perpisahan Hideo Kojima dan Konami mungkin yang paling mengagetkan. Hal ini pun berdampak pada game Metal Gear Solid V: The Phantom Pain.

Sebagian besar game tersebut dikabarkan tidak selesai, termasuk Episode 51 yang seharusnya menceritakan akhir kisah Eli dan menjelaskan alasan kebenciannya terhadap Big Boss.

Banyak penggemar menyayangkan dihapusnya level tersebut dari game akibat perselisihan antara Kojima dan Konami, sehingga mereka tidak sempat memainkannya.

2. HK Manufacturing Plant - Star Wars Knights of the Old Republic II: The Sith Lords

Star Wars Knights Of The Old Republic II The Sith Lords B1ea6

Seperti sejumlah game lain dari Obsidian Entertainment, Star Wars Knights of the Old Republic II dirilis secara terburu-buru, sehingga masih ada beberapa kesalahan teknis, seperti plot yang hilang dan dunia game yang tidak lengkap.

Contohnya adalah HK Manufacturing Plant di Planet Telos IV. Ketika kamu mencapai Czerka Military Base, pintu yang berlabel "Sub-Level" terkunci. Seharusnya, di baliknya terdapat sebuah lift untuk mencapai pabrik yang berada di bawah pangkalan militer tersebut.

Untung saja game ini telah diperbaiki oleh penggemar melalui The Sith Lords Restored Content Mod, sehingga sudah bisa dimainkan secara lengkap.

3. Tanked Up - Grand Theft Auto: San Andreas

Grand Theft Auto San Andreas 14657

Direncakan sebagai akhir dari konflik antara dua produsen kendaraan RC, Zero dan Berkley, misi Tanked Up seharusnya menyuguhkan permainan yang seru karena melibatkan banyak kekacauan.

Tugas pemain adalah mengendarai tank RC Tiger untuk mencegat mobil-mobil RC milik Berkley agar mereka tidak jadi mengebom toko Zero.

Sayangnya, misi Tanked Up dihapus sebelum game rilisan Rockstar Games ini sempat dijual untuk umum.

4. Astound the Skunk - Crash Bandicoot

Crash Bandicoot A73a2

Pada level Astound the Skunk, atau juga dikenal sebagai Cliff Level, masih ada banyak hal yang harus diperbaiki oleh pihak developer, terutama dari segi visual.

Penyebabnya, level ini menampilkan desain tekstur yang kasar, hewan-hewan yang bergerak aneh, atau karakter Crash yang bisa berjalan menembus mereka, sehingga tidak bisa dibandingkan dengan game grafis terbaik.

Akhirnya, banyak penggemar yang mempertanyakan bagaimana sebenarnya level ini direncanakan. Dengan tidak munculnya level tersebut di game, maka rasa penasaran mereka juga tidak pernah terjawab.

5. Citadel - Goldeneye 007

Goldeneye 007 F24f7

Pada level dengan nama Citadel, terdapat sebuah area tiga lantai yang memiliki tembok tanpa tekstur, bentuk geometri aneh di beberapa tempat, dan dikelilingi oleh ruang kosong.

Tidak diketahui alasan developer menciptakan bagian ini, namun diyakini bahwa Citadel ditujukan sebagai penilaian terhadap fitur-fitur game dan pergerakan pemain.

Untungnya, tidak lengkapnya map pada game FPS di Nintendo 64 dan Wii ini tidak menurunkan antusiasme para penggemar dalam memainkannya. Mereka justru memberikan rating bagus untuk Goldeneye 007.

Akhir Kata

Itu dia level game yang dihapus karena mengalami masalah dalam proses pembuatannya. Padahal, jika level-level tersebut dilanjutkan dengan serius, mungkin malah akan menjadi bagian terbaik dari game tersebut, sehingga gamenya akan terus diingat oleh para penggemar.

Baca juga artikel seputar Out Of Tech atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Game Paling Seksi 57126
7 Game Paling Seksi yang Bikin Gagal Fokus, Bocil Dilarang Masuk!
Game Yang Menghancurkan Masa Kecil Banner D3eed
5 Game Lawas yang Menghancurkan Masa Kecil Kita, Cuma Bikin Emosi!
Konsol Game Terlaris 627eb
10 Konsol Game Paling Laris Sepanjang Masa, PlayStation Menjadi Raja Konsol!
Game Android Terbaik 2020 Versi Google Play Store Genshin Impact Juara 164e2
Game Android Terbaik 2020 Versi Google Play Store, Genshin Impact Juara!
Alasan Kmeatian Karakter Film Paling Konyol 54079
7 Kematian Karakter Film Paling Konyol, Ada yang Karena Patah Hati!
Game Yang Menghancurkan Perusahaan F5301
10 Game yang Menghancurkan Perusahaan Penciptanya, Terlalu Ambisius?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal