4 Klub Sepak Bola Indonesia yang Punya Tim Esports Berprestasi, Ada Favoritmu?

Harus kita akui, industri eSports di Indonesia semakin maju, dan beberapa tim sepak bola berikut ini juga sudah mulai melirik peluang dengan membentuk tim eSports.

Sebenarnya, klub sepak bola yang memiliki tim eSports sudah marak di luar negeri, khususnya di Eropa. Sementara di Asia Tenggara, Thailand menjadi pelopornya.

Tak ingin kalah, empat tim sepak bola Indonesia berikut ini juga membentuk tim eSports, bahkan sudah mengukir prestasi di kancah nasional maupun internasional.

Berikut ini Jaka kasih tahu, 4 tim sepak bola Indonesia yang punya tim eSports berprestasi. Simak baik-baik ya!

1. Bali United

IOG Esports B3898

Sudah tahu kan, kalau klub sepak bola Bali United adalah juara kompetisi Liga 1 2019?

Tapi kamu tahu nggak sih, kalau Bali United juga punya tim eSports yang berprestasi, yaitu Island of Gods (IOG) Esports. Cek profilnya di akun Instagram @iogesports.

IOG Esports resmie meramaikan industri eSports Indonesia sejak Februari 2019 lalu. Hanya perlu waktu dua tahun, tim asal Pulau Dewata ini sudah berkembang sangat pesat.

IOG Esports saat ini memiliki divisi game eFootball PES dan FIFA, namun yang paling berprestasi justru berasal dari divisi Free Fire.

Island of God Esports berhasil menjadi juara turnamen Free Fire Asia Invitational (FFAI) 2019 lalu, menaklukkan wakil Thailand, Thonburi Esports di babak grand final.

Baru-baru ini, IOG Esports juga menjadi juara grup di kompetisi Free Fire Master League Season III (FFIM). Jadi, mereka langsung melaju ke grand final Free Fire Indonesia Masters (FFIM) 2021 Spring nanti.

2. PSS Sleman

EJS Esports C9da3

Meski baru saja promosi ke Liga 1 pada tahun 2019 lalu, namun PSS Sleman sudah meresmikan Elang Jawa Esports (EJS) di tahun yang sama loh. Visioner banget kan!

Sebagai tim yang berada di bawah naungan klub sepak bola, Elang Jawa Esports terlebih dahulu membentuk divisi eFootball FIFA dan PES, kemudian meresmikan tim PUBG Mobile.

Bedanya, PSS Sleman punya keberuntungan di nomor PES. Elang Jawa Esports bahkan pernah mencicipi kompetisi Axis Pro Evolution Soccer (APL) di Malaysia.

Kemudian, manajemen mendatangkan sosok pemain PES kelas dunia, Rizky Faidan untuk mewakili PSS Sleman di Indonesian Football e-League (IFeL) 2020, kompetisi PES yang diikuti sepuluh tim sepak bola Liga 1.

Hasilnya pun sesuai prediksi, Rizky Faidan membawa PSS Sleman keluar sebagai juara IFeL 2020, menaklukkan Ferry Gumilang dari Arema FC di babak grand final, November 2020 lalu.

3. Persikabo

Persikabo Esports Dbb51

Persikabo merupakan klub sepak bola yang bermarkas di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Hingga kini, tim yang diperkuat Ciro Alves itu masih eksis di kancah Liga 1.

Selain menggeluti dunia sepak bola, Persikabo juga membentuk divisi game bertajuk Persikabo Esports, bahkan boleh disebut sebagai tim yang paling aktif mengikuti kompetisi eFootball.

Persikabo Esports berhasil mendatangkan sejumlah pro player ternama. Seperti salah satunya yakni Fahmi Husaeni alias Hussain sebagai pemain FIFA, dan juga Sakti Aulia Sulistyo untuk menghuni divisi PES.

Hussain berhasil menjuarai ajang Indonesia Gaming League (IGL) Big League Season 2. Di ajang yang sama, Sakti Aulia Sulistyo juga berhasil merengkuh trofi juara di nomor PES.

Saat ini, Sakti Aulia Sulistyo melebarkan sayapnya ke luar negeri, dan membela tim Xavier Esports yang berkompetisi di ajang Thai e-League Pro 2021.

4. Dewa United

Dewa United Esports A65df

Dewa United adalah tim sepak bola baru yang akan berkiprah di Liga 2 2021, setelah mengakuisisi klub Martapura FC.

Selain membentuk tim sepak bola, rupanya manajemen juga langsung bergerak cepat untuk merilis tim eSports, dan mengakuisis Louvre Esports yang sudah memiliki nama besar di kancah nasional.

Dewa United Esports sudah membentuk divisi Mobile Legends dan ikut serta dalam turnamen MDL Indonesia Season 3, dan divisi PUBG Mobile juga akan unjuk gigi di ajang PMPL Indonesia Season 3 nanti.

Selain itu, masih ada divisi Free Fire dan Valorant. Menurut kamu, divisi mana yang akan mengukir prestasi terlebih dahulu untuk Dewa United?

Akhir Kata

Industri sepak bola dan eSports di Indonesia ternyata bisa saling beriringan, bahkan bisa saling mendukung untuk sama-sama meraih prestasi nasional hingga internasional.

Setelah ini, klub sepak bola apa lagi yang akan membuka divisi eSports ya? Apakah tim favoritmu juga akan meramaikan industri game?

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 01 07t011731 489 81f4f
4 Kasus dan Skandal Terpanas Esports Indonesia 2020, Bikin Heboh!
Cover Player Kembar 4181d
4 Pemain Esports Indonesia yang Kembar Identik, Mending Satu Tim atau Saingan?
Pro Player Indonesia Dengan Penghasilan Tertinggi 696e5
7 Pro Player Indonesia dengan Penghasilan Tertinggi, Sampai Miliaran!
Pemain Sepak Bola Dunia Yang Terjun Ke Dunia Esports Banner 4772a
5 Pemain Sepak Bola Dunia yang Terjun ke Dunia Game, Bikin Tim Esports!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal