Download Growtopia APK v.4.05, Bangun Dunia dan Karakter Ciptaanmu dengan Bebas!

Default

Growtopia pasti langsung disukai para pencinta game sandbox. Soalnya, di game ini kamu bisa menciptakan dunia yang sesuai dengan keinginanmu!

Kalau kamu pernah main Minecraft atau Roblox, visual dan gameplay Growtopia memang nggak jauh berbeda dari dua game tersebut. Menariknya lagi, game besutan Ubisoft ini bisa dimainkan gratis, loh.

Tersedia juga beragam fitur unik dan menarik, salah satunya seperti chatting dengan pemain lain. Nggak heran, game ini langsung laris manis di pasaran. Jumlah unduhannya saja sudah mencapai 10 juta lebih di Google Play Store.

Penasaran seperti apa penampakan game ini? Bagaimana cara download-nya dan cara memainkannya? Jaka akan membeberkan ulasan mengenai Growtopia download ini di bawah!

Review Game Growtopia APK v4.05 Terbaru

Review Growtopia
Sumber foto: Review Game Growtopia APK v4.02 Terbaru

Growtopia merupakan game sandbox online yang dikembangkan oleh Ubisoft Entertainment sejak 30 November 2012. Game ini diluncurkan untuk platform Android, iOS, Windows, MacOS (dalam pengembangan), Nintendo Switch, PlayStation, dan Xbox.

Kali ini, Jaka akan membahas game Android dan iOS-nya, ya. Game ini sudah tersedia di Google Play Store dan App Store, sehingga bisa langsung diunduh dan diinstal.

Ketika pertama kali bermain game ini, kamu akan ditugaskan menanam pohon. Bibitnya didapatkan dari proses mining di wilayah yang tidak dikunci orang lain.

Selain itu, kamu juga harus memilih server untuk bermain Growtopia login. Server ini mempertemukan kamu dengan pemian lainnya di seluruh dunia.

Visual game ini berupa pixelate, mengingatkanmu dengan game sejenis Minecraft dan Roblox. Di sini, kamu akan mengandalkan kreatifitasmu untuk membangun dunia dan menciptakan karakter yang kamu inginkan.

Mulai dari ksatria lengkap dengan lightsaber, ratu yang memelihara naga, dan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa membangun kastil, penjara bawah tanah, gedung pencakar langit, karya seni, teka-teki, dan masih banyak lagi.

Menariknya lagi, kamu juga bisa melawan player lain dan berburu hantu untuk menghasilkan uang. Tersedia juga opsi chatting untuk bertemu pemain lain dan menambah teman. Seru banget, kan?

Link Download Growtopia APK untuk Android dan iOS

Penasaran ingin segera memainkan Growtopia APK? Tenang, Jaka sudah siapkan link download-nya untuk kamu. Sebelumnya, cek dulu apakah HP-mu memenuhi spesifikasi minimum game ini atau tidak!

Detail Growtopia APK
Tanggal rilis 30 November 2012
Developer Ubisoft Entertainment
Platform Android

iOS
Versi 4.05
Ukuran 142MB (Android)

190MB (iOS)
OS Minimal Android 4.0

iOS 9

Silakan klik link Growtopia download yang sudah Jaka sediakan di bawah, ya! Pilih sesuai dengan perangkatmu, Android atau iOS.

Versi Tanggal Rilis Fitur Unggulan Link Download
Original 4.05 21 Oktober 2022 (updated) 1. Join enourmous community

2. Build anything

3. Create unique character

4. Mini games

5. Craft and trade

6. Monthly updates

7. Cross platform
Download di Google Play Store

Download di App Store

Cara Instal Growtopia APK Terbaru 2022

Kalau sudah diunduh, kamu bisa langsung memasang Growtopia update di HP-mu. Karena game ini tersedia di Google Play Store dan App Store, kamu bisa langsung memainkannya tanpa perlu diinstal lagi.

Namun, kamu harus memastikan game-nya berhasil diunduh sampai 100%. Jika gagal, otomatis game ini juga gagal terpasang di perangkatmu.

Kalau Google Play Storemu tiba-tiba ngadat dan nggak bisa dipakai, coba ikuti panduan Jaka berikut ini:

Play Store No Connection Banner
[UPDATE] Cara Mudah Perbaiki Google Play Store Yang No Connection
Ini dia solusi jitu bagi kamu pengguna Android untuk memperbaiki Google Play Store yang tidak bisa digunakan dan error "No Connection".
LIHAT ARTIKEL

Fitur Unggulan Growtopia v4.02 Android 2022

Fitur Unggulan Growtopia
Sumber foto: Fitur Unggulan Growtopia v4.02 Android 2022

Walaupun banyak yang bilang game ini mirip dengan Minecraft atau Roblox, tetap saja Growtopia game memiliki keunikan dan kelebihannya sendiri. Apa saja fitur unggulan yang membuat game ini layak dimainkan?

1. Gratis

Kalau kamu harus bayar Rp109.000 untuk menjajal gameplay Minecraft, berbeda dengan Growtopia yang bisa kamu akses secara gratis! Kamu nggak perlu berlangganan apapun untuk bisa memainkan game sandbox ini.

Namun, jika kamu ingin mendapatkan item spesial, kamu harus membelinya dengan harga berkisar Rp15.000 hingga Rp739.000, tergantung jenis item-nya.

2. Ukuran Ringan

Lagi-lagi, jika dibandingkan dengan Minecraft, game ini punya ukuran yang lebih mini, yaitu 142MB (Android). Game yang ringan tentu tidak akan memberatkan kinerja RAM HP-mu.

Selain itu, proses unduhnya juga tidak terlalu lama, apalagi jika kamu mengunduhnya melalui jaringan WiFi.

3. Grafis dan Gameplay Unik

Grafis 3D yang ditampilkan di game ini menambah keunikannya tersendiri. Karakter, bangunan, dan lingkungan di game ditampilkan dalam grafi piksel selayaknya game-game jadul.

Terus, kita nggak hanya sekadar bermain, tapi juga mengasah kreatifitas kita. Bagaimana dunia yang akan kita bangun? Siapa saja karakter yang akan kita ciptakan? Kita sendiri yang tentukan!

4. Menambah Teman

Dengan bermain game online ini, kamu juga bisa menambah teman main bareng, loh. Terdapat fitur chatting yang bisa kamu gunakan untuk berkenalan dan ngobrol dengan pemain Growtopia yang lain.

Kamu bisa bekerjasama untuk membangun dunia masing-masing, loh! Tapi, hati-hati dengan banyaknya penipu yang memanfaatkan kesempatan untuk keuntungannya, ya.

Kekurangan Growtopia APK Download 2022

Kekurangan Growtopia
Sumber foto: Kekurangan Growtopia v4.02 Android 2022

Di sisi lain, game Growtopia masih memiliki sejumlah celah kekurangan. Ratingnya di Google Play Store hanya 3,5/5 dari 1 juta ulasan. Di App Store, angkanya masih lebih baik, yaitu 4/5.

Kira-kira, apa yang membuat game ini mendapat rating yang rendah? Berikut rincian kelemahan Growtopia, berdasarkan ulasan yang Jaka sadur dari Google Play Store dan App Store.

  • Gameplay dinilai tidak praktis. Contohnya, beberapa pemain yang harus mengklik 20 kali untuk membeli 20 item di dalam game. Hal ini dinilai menghabiskan waktu
  • Sering muncul text bar di dalam game yang mengganggu visual
  • Banyak kasus gagal update
  • Banyak glitched item
  • Sering crash, banyak bug dan error
  • Banyak pemain di-banned tanpa alasan jelas
  • Banyak bot yang tidak terkait game
  • Banyak scammers atau penipu yang memanfaatkan pemain-pemain baru
  • Meskipun ukurannya ringan, game ini cukup sering nge-lag

Akhir Kata

Setelah membaca ulasan singkat Jaka di atas, apakah kamu semakin tertarik bermain Growtopia? Jika ya, langsung unduh saja melalui link yang sudah Jaka sisipkan di atas!

Terlepas dari banyaknya komentar negatif, game ini cukup mengasyikkan saat dimainkan di waktu luang, kok. Kalau memang terjadi error, kamu bisa segera melaporkannya ke pengembang game.

Yang jelas, game ini bisa jadi alternatif game sandbox online gratisan untuk kamu. Selamat mencoba dan semoga pengalaman bermainmu menyenangkan!

Baca juga artikel Games, Apps, atau artikel menarik lainnya dari Athika Rahma

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal