7 Game Terkenal Tercipta Akibat Kesalahan, Sukses & Dimainkan Jutaan Pemain!

Default

Game yang tercipta karena kesalahan ternyata tidak selamanya buruk dan sudah pasti gagal di pasar. Deretan judul game terkenal yang akan Jaka bahas kali ini menjadi bukti keunikan tersebut, geng.

Game yang dianggap terbaik dan populer memang normalnya identik dengan rencana matang oleh tim developer. Kesalahan-kesalahan dalam proses pengembangannya pun tentu sudah diantisipasi.

Namun, tahukah kamu beberapa game yang populer dan dimainkan oleh banyak orang ternyata dibuat secara tidak sengaja. Maksud dari secara tidak sengaja di sini adalah game dibuat hasil dari kesalahan.

Hal tersebut tentunya menjadi daya tarik karena secara mengejutkan mengingat kepopuleran game itu sendiri. Penasaran apa saja? Berikut daftar game terkenal yang dibuat dari kesalahan.

1. Grand Theft Auto

Grand Theft Auto Cdf06

Grand Theft Auto (GTA) adalah game aksi-petualangan yang mengusung gameplay open world. Pemain bisa menyelesaikan misi utama untuk menamatkan permainan dan melakukan berbagai aktivitas sampingan.

Awalnya, Rockstar selaku pengembang berniat membuat game balap berjudul Race n Chase. Game ini akan berpusat pada balapan liar dan pengejaran. Namun saat dibuat terdapat glitch di mana polisi di game ini menjadi sangat liar.

2. DOTA

DOTA 7991e

DOTA adalah video game strategi yang sekarang dikembangkan oleh Valve dengan mengusung konsep multiplayer online battle arena (MOBA). MOD DOTA asli dianggap sebagai salah satu MOD paling populer sepanjang masa, dengan puluhan juta pemain.

DOTA pada dasarnya dalah game yang tercipta akibat sebuah MOD atau sebuah pengembangan dari komunitas di era sekarang ini. Siapa sangka, MOD ini ternyata menjadikannya sebagai game populer sampai saat ini.

3. Counter-Strike

Counter Strike F3d0f

Counter-Strike (CS) adalah game first-person shooter multipemain di mana tim teroris bertempur untuk melakukan tindakan teror. Seri game ini dimulai pada tahun 1999 dengan dirilisnya Counter-Strike.

Lagi-lagi karena MOD, Counter-Strike tecipta dari dua orang programmer bernama Minh Le dan Jess Cliffe yang bosan dengan game Half-Life. Mereka akhirnya membuat sebuah MOD yang akhirnya menjadi cikal bakal Counter-Strike.

4. Geometry Wars

Geometry Wars 6803c

Geometry Wars adalah game penembak multi-arah top-down yang dikembangkan oleh Bizarre Creations dan kemudian Lucid Games. Awalnya diterbitkan oleh Microsoft Games Studios sebagai minigame di Gotham Racing 2.

Game ini awalnya hanya sebuah software tester yang dibuat untuk menguji kontroller Xbox saat pembuatan Project Gotham Racing 2. Namun, karena pada saat pengujian dianggap menyenangkan, akhirnya Geometry Wars dirilis menjadi sebuah game.

5. Pikmin

Pikmin C716c

Pikmin adalah video game strategi dan teka-teki yang dibuat oleh Shigeru Miyamoto serta diterbitkan Nintendo. Game ini berfokus pada mengarahkan gerombolan makhluk mirip tumbuhan yang disebut Pikmin.

Sebenarnya, Pikmin merupakan sebuah teknologi demo untuk menampilkan kemampuan GameCube di Space World 2000. Teknologi ini sangat memukau para penonton. Jadi, Pikmin akhirnya diluncurkan sebagai game tersendiri.

6. The Sims

The Sims 2cc77

The Sims adalah game simulasi kehidupan yang dikembangkan oleh Maxis dan diterbitkan oleh Electronic Arts. Pemain menciptakan orang-orang virtual yang disebut "Sims" yang selanjutnya dapat melakukan berbagai aktivitas seperti di dunia nyata.

Sebenarnya, The Sims bukan game yang dibuat karena kesalahan, tetapi diprediksi tidak akan sukses. Bahkan, pengembang sempat ragu akan nilai jual yang dipatok saat perilisannya. Electronic Arts punya andil besar dalam meyakinkan pengembang.

7. Batman: Arkham Asylum

Batman Arkham Asylum 85117

Batman: Arkham Asylum adalah game aksi-petualangan yang dirilis pada 2009 dan diterbitkan oleh Eidos Interactive bersama dengan Warner Bros. Interactive Entertainment. Game ini terinspirasi dari mitos buku komik.

Sama seperti The Sims, game ini bukanlah tercipta akibat kesalahan. Hanya saja, Batman: Arkham Asylum benar-benar diremehkan sebelum perilisannya. Hebatnya game ini malah mendapat nilai sempurna dari para kritikus dan gamer seluruh dunia.

Akhir Kata

Itulah daftar game terkenal yang tercipta akibat kesalahan dan ternyata malah disukai banyak orang. Deretan judul game di atas menjadi bukti keunikan bahwa kesalahan tak selamanya buruk.

Game yang dianggap terbaik dan populer dengan perencanaan sangat matang adalah hal biasa. Namun, jika kamu belum pernah mencoba deretan game di atas, sekarang saatnya waktu yang tepat, geng!

Baca juga artikel Game Sonic Terbaik, MOD GTA V Buatan Lokal, atau artikel menarik lainnya dari Ilyas.

ARTIKEL TERKAIT
Banner Cryton Gtasamod
100% Work! Begini Cara Mainkan GTA 5 Dengan RAM 256MB
Asfasdgsd D1752
22 Laptop Gaming Murah Terbaik 2022, Mulai 5 Jutaan Bisa Main GTA V!
5 Anggapan Salah Mengenai Gta Yang Sering Ada Di Pikiran Banyak Orang Nggak Sepenuhnya Buruk B6a07
5 Anggapan Salah Tentang GTA di Pikiran Banyak Orang, Nggak Sepenuhnya Buruk!
Banner Jadi 56457
5 Alasan Kenapa GTA VI Belum Juga Dirilis Sampai Sekarang, Dibeli Sama Sony?
Cheat Gta 5 Kebal Banner 2e298
Cheat GTA 5 Kebal di PC, PS4, PS3 | 100% Works!
Kode Cheat Gta Iv Dikira Kode Rahasia Militer Turki
Kocak! Cheat GTA IV Dikira Kode Teroris oleh Wartawan Turki
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal