8 Game Esports yang Dilombakan di SEA Games 2021, Mobile Legends hingga PUBG!

SEA Games 2021 sudah di depan mata. Salah satu yang paling dinantikan adalah cabang eSports yang dipastikan bakal dilombakan dalam ajang olahraga prestisius di Asia Tenggara tersebut.

Sebelumnya, di SEA Games 2019 Manila lalu, ada enam game eSports yang dipertandingkan, dan Indonesia bisa meraih medali perak dari dua nomor game.

Kini di SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam, cabang olahraga eSports bakal ditambah menjadi delapan game, bahkan ada pula turnamen khusus wanita. Hal ini akan menjadi sejarah di pesta olahraga Asia.

Kepastian ini sudah diumumkan langsung di situs kementerian olahraga Vietnam sebagai laman informasi resmi untuk SEA Games 2021, yang akan digelar pada 21 November hingga 2 Desember mendatang.

Berikut ini Jaka beri ulasan lengkap tentang SEA Games 2021 khusus untuk cabang olahraga eSports, dan potensi Indonesia untuk meraih medali emas. Check it out!

Mobile Legends Jadi Favorit, Dota 2 Absen

SEA Games MLBB 37948

Pada SEA Games 2019 Manila, ada enam game eSports yang dipertandingkan, mulai dari Mobile Legends, Arena of Valor, Tekken 7, Dota 2, Hearthstone, dan juga Starcraft II.

Namun di SEA Games 2021 Hanoi, ada tiga game yang disingkirkan, yaitu Dota 2, Tekken 7 dan Hearthstone. Indonesia sendiri gagal meraih medali di tiga nomor game tersebut.

Sebagai gantinya, tahun ini bakal hadir game eSports yang lebih digandrungi, yakni PUBG Mobile, Free Fire, League of Legends: Wild Rift, FIFA Online 4, dan juga Raid (Crossfire).

Khusus untuk game League of Legends: Wild Rift, SEA Games 2021 juga membuka nomor game untuk pria dan wanita secara terpisah. Demikian pula untuk game PUBG Mobile, ada nomor solo atau individu, dan juga untuk tim.

Analisis Wakil Indonesia di SEA Games 2019

SEA Games FF 324bf

Jika berkaca pada SEA Games 2019 lalu, Indonesian Esports Association (IESPA) menggelar seleksi untuk menentukan siapa yang akan bertanding untuk cabor eSports, meski ada pula pemain yang sudah ditunjuk.

Khususnya untuk game Mobile Legends yang menjadi andalan, IESPA memainkan empat player EVOS WORLD yang pernah menjadi juara dunia M1 2019, yaitu Oura, Wannn, Donkey, dan REKT. Hanya Luminaire yang tidak masuk dalam skuat SEA Games.

Sebagai gantinya, ada dua pemain tambahan dari ONIC Esports yang juga menjuarai ajang MSC 2019, yaitu Drian dan Psychoo. Drian saat itu bertindak sebagai pemain cadangan.

Namun di partai final, skuat Mobile Legends Indonesia takluk dari tuan rumah Filipina, dan harus puas menyabet medali perak saja. Tim Filipina memang kuat dan baru-baru ini BREN Esports juga keluar sebagai juara M2.

Namun, sulit untuk memprediksi siapa wakil Mobile Legends Indonesia di SEA Games 2021 nanti, mengingat saat ini seluruh tim sangat kuat di MPL ID Season 7, dan masih ada waktu hingga MPL ID Season 8 nanti.

Indonesia juga sempat diunggulkan di nomor Arena of Valor (AoV) pada SEA Games 2019, mengandalkan Farhan, Gilang Dwi, Hartanto Lius, Hartawan Muliadi, dan Satria Adi yang sukses menyabet titel runner up atau perak.

SEA Games PUBGM 57e1f

Kemudian untuk nomor game PUBG Mobile, Indonesia memang memiliki sang pemegang titel juara dunia, Bigetron Red Aliens. Namun, melihat kiprah Ryzen dkk di PMPL ID Season 3, sepertinya mereka masih harus berjuang.

Indonesia juga punya tim unggulan yang pernah menyabet titel juara dunia Free Fire World Cup 2019 lalu, yaitu EVOS Esports. Saat ini, SAM13 dkk masih bersiap untuk menjajal ajang Free Fire World Series 2021.

Nomor game FIFA Online 4 juga sudah tak perlu diragukan lagi. Indonesia memiliki para pemain potensial yang berkompetisi di ajang Indonesian Gaming League setiap tahun.

Akhir Kata

Demikian ulasan lengkap mengenai cabang olahraga eSports yang akan hadir di pesta olahraga Asia Tenggara, SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam, mulai 21 November nanti.

Menurut kamu, siapa pro player Indonesia yang akan diandalkan di SEA Games 2021 ini, dan apakah mereka bisa menyabet medali emas serta mengibarkan bendera Merah Putih di podium juara nantinya?

BACA JUGA

5 Asisten Artis Indonesia yang Cantiknya Menyaingi Sang Bos, Bagaikan Model!

5 Kisah Cinta Pro Player Paling Heboh, Kekerasan & Perselingkuhan!

5 Penemuan Aneh Tapi Jenius Banget, Bikin Hidup Anti Ribet!

Mirip Film Kiamat, Arus Laut Utama Bumi Melambat | Dunia Dalam Bahaya?

7 Pemain Catur Terbaik Indonesia Bergelar Grandmaster, Jagoan Tiada Tanding!

ARTIKEL TERKAIT
Tim Esports Terbaik Banner A13d6
10 Tim eSports Terbaik Dunia, Penghasilannya Sampai Ratusan Miliar!
Cover Terminated B332b
4 Kabar Esports Menghebohkan Maret 2021: Aerowolf Terminated, Xinn Comeback ke RRQ?
Cover Player Kembar 4181d
4 Pemain Esports Indonesia yang Kembar Identik, Mending Satu Tim atau Saingan?
Momen Farewell Pro Player C2e2e
5 Momen Perpisahan Pro Player Paling Bikin Baper, Penonton Kecewa!
Atlet Esports Indonesia Yang Diakui Dunia A06b1
5 Pro Player Indonesia yang Mendunia, Diboyong Tim Luar Negeri!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal