J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Fitur Game Ikonik yang Tidak Sengaja Ditemukan, Justru Bikin Sukses!

Jumat, 11 Des 2020, 21:00 WIB
Kesalahan pada game ternyata bisa menciptakan fitur keren yang tidak direncanakan sebelumnya dan justru menjadi ikonik. Ini dia fitur-fiturnya!

Bermain game bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu luang. Sayangnya, proses pembuatan game tidak semudah memainkannya.

Sering kali pihak developer menemukan beberapa kendala pada proses pembuatannya, seperti peralatan yang kurang canggih hingga menyebabkan glitch.

Tapi, ternyata kesalahan tersebut malah menciptakan fitur tak terduga pada game yang justru membuat permainan menjadi lebih seru.

Tidak sedikit juga penggemar yang justru menyukainya, sehingga fitur tersebut tetap dibiarkan berada dalam game dan masih bisa ditemukan hingga kini.

7 Fitur Game Ikonik yang Berasal dari Kesalahan

Apakah kamu pernah bertanya-tanya kapan awal mula sebuah level game diciptakan? Atau bagaimana tepatnya developer game bisa terpikir untuk memberikan fitur serangan bertubi-tubi alias combo?

Ternyata, fitur-fitur bermanfaat tersebut merupakan hasil dari ketidaksengajaan pada proses pembuatan game. Salah satu alasan utamanya karena terjadi glitch akibat perangkat yang digunakan untuk mendesain game tidak kompatibel.

Kalau kamu ingin tahu apa saja fitur ikonik game yang tidak sengaja ditemukan oleh pihak developer, langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

1. Easter Egg

Easter Egg Cfd94

Saat ini, easter egg terunik dalam game sudah bukan hal yang asing. Pertama kali ditemukan pada game Adventure yang dirilis pada 1980 untuk konsol Atari 2600, ternyata hal ini dimaksudkan sebagai pembalasan dendam.

Adventure termasuk game yang cukup populer saat dirilis, padahal penciptanya hanya satu orang, yaitu Warren Robinett. Sayangnya, Robinett tidak pernah mendapat apresiasi dari Atari.

Oleh karena itu, ia sengaja menyelipkan tulisan "Created by Warren Robinett" pada ruang rahasia di game. Ternyata, Atari baru menyadari hal tersebut setelah gamenya dijual untuk umum.

2. Awal Mula Game Counter-Strike

Counter Strike 8aa48

Game first person shooter (FPS) semakin berkembang sejak kemunculan Counter-Strike pada 1999. Siapa sangka, ternyata pembuatan game ini berawal dari mod game Half-Life.

Ketika bermain mode multiplayer pada game tersebut, programmer bernama Jess Cliffe dan Minh Le justru merasa bosan. Akhirnya, mereka memodifikasi gamenya supaya lebih seru. Ternyata, mod tersebut sangat populer di kalangan penggemar Half-Life.

Valve, publisher game Half-Life, pun membeli hak cipta dari Cliff dan Le. Mereka mengembangkan Counter-Strike hingga sukses dan tercipta spin-off serta sekuelnya.

3. Kabut di Silent Hill

Silent Hill 4e18a

Sebagai salah satu serial game horor PC dan konsol terbaik, Silent Hill memiliki jalan cerita dan berbagai katakter yang mengerikan.

Tapi, satu hal lain yang tidak kalah menyeramkan adalah kabut di sekeliling tampilan game. Ternyata, hal ini dikarenakan adanya batasan draw distance, yaitu jarak maksimum objek dari pemain yang akan di-render, pada konsol PlayStation.

Pada akhirnya, developers game Silent Hill memberikan efek kabut sebagai solusi yang justru semakin meningkatkan feel horor di game tersebut.

4. Polisi di Grand Theft Auto

Grand Theft Auto 9a90a

Grand Theft Auto pada awalnya akan dinamai Race'n'Chase. Pemain dapat memilih berperan sebagai kriminal atau polisi. Gameplay-nya adalah balapan mobil di jalanan dan kejar-kejaran dengan polisi.

Tapi, mobil polisi yang seharusnya memberhentikan para kriminal dengan perlahan justru mengalami glitch. Akibatnya, mereka malah menabrak mobil para kriminal hingga terguling.

Ternyata, kesalahan tersebut justru disukai oleh para gamers ketika masa percobaan game Race'n'Chase. Akhirnya, pihak developer mengganti namanya menjadi Grand Theft Auto dan membuat permainannya menjadi lebih keras.

5. Terciptanya Level Kesulitan

Space Invaders F65ff

Teknologi pada 1978 masih terlalu sederhana hingga membuat game Space Invaders tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Ketika Tomohiro Nishikado, developer Space Invaders, ingin alien pada game ini bergerak dengan kecepatan tertentu, ia tidak bisa melakukannya. Hal ini dikarenakan semakin banyak alien di layar dalam satu waktu, maka pergerakan mereka akan semakin lambat.

Namun, ketika mereka ditembak dan ada semakin sedikit alien di layar, maka semakin cepat pergerakan mereka. Hal ini pada akhirnya menciptakan level kesulitan permainan.

Semakin pemain ahli dalam menembaki alien hingga menjadi sedikit, justru mereka akan semakin lincah. Ketika pemain frustrasi karena kalah, justru mereka akan terus bermain karena penasaran. Jenius, bukan?

6. Elemen Stealth pada Metal Gear

Metal Gear 1b570

Serial game Metal Gear bisa dibilang sebagai pelopor game stealth. Pada genre ini, pemain diharuskan bermain secara diam-diam agar bisa menyelesaikan misi.

Ternyata, hal ini akibat dari hardware MSX2 yang tidak bisa menampilkan banyak musuh dan peluru yang beterbangan dalam satu waktu. Jika dipaksakan, gamenya akan tampak lambat.

Akhirnya, Kojima mengurangi banyak aspek action pada Metal Gear dan lebih berfokus pada elemen menghindari deteksi musuh. Tapi, game yang memiliki karakter yang mirip tokoh terkenal ini justru banyak disukai karena jenis permainannya unik.

7. Serangan Combo

Street Fighter Combo B54a7

Pada game fighting terbaik, pasti kamu sudah sering menemukan serangan combo. Biasanya, damage yang dihasilkan pun lebih besar karena serangan dilakukan secara berulang.

Padahal, fitur bermanfaat ini merupakan sebuah ketidaksengajaan. Noritaka Funamizu menemukan glitch ketika masa produksi Street Figther II: The World Warrior, yaitu dua serangan ternyata bisa dilakukan dalam sekali waktu.

Lalu, ia sengaja tidak memperbaiki kesalahan tersebut agar menjadi tantangan bagi pemain. Ternyata, para gamers justru menemukan fitur ini dan menjadi keuntungan bagi mereka dalam menyerang musuh.

Akhir Kata

Itu dia fitur-fitur game ikonik yang ditemukan secara tidak sengaja pada masa pembuatan game. Nyatanya, fitur tidak terduga tersebut justru disukai oleh para gamers, sehingga masih digunakan hingga kini. Menurutmu, mana yang paling keren di antaranya semuanya?

Baca juga artikel seputar Out Of Tech atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
16 Game Moba Terbaik 2020 Di Android Dan Pc Gratis Dan Bikin Nagih D8393
16 Game MOBA Terbaik 2020 di Android dan PC, Gratis dan Bikin Nagih!
17 Game Balapan Mobil Terbaik 2020 Untuk Semua Platform Realistis Abis Cbb6c
17 Game Balapan Mobil Terbaik 2020 untuk Semua Platform, Realistis Abis!
Maxresdefault 18 Ee635
5 Video Game Kontroversial yang Dikenal Karena Kekerasan dan Tindak Kriminalnya
Kebohongan Tebesar Game Banner E2e55
7 Kebohongan Terbesar di Industri Game | Demi Dapat Untung Berlipat?
Ca5de4852bc77293d257e0265937b290
 7 Game Steam Paling Populer Sepanjang Masa, Mana yang Kamu Mainkan?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal