7 Konsol Game Paling Gagal Sepanjang Masa, Salah Satunya N-Gage!

Default

Selama ini industri game selalu didominasi oleh beberapa produsen konsol tertentu. Meski ada beberapa perusahaan yang mencoba menyaingi top tiga konsol dunia Nintendo, Microsoft, dan Sony.

Publik cenderung tetap menggunakan konsol mainstream yang lebih populer. Sehingga membuat banyak produsen dikenang sebagai konsol video game terburuk sepanjang masa.

Sementara beberapa konsol video game yang gagal berasal dari pabrikan pendatang baru di industri game konsol. Bahkan dilengkapi aksesori konsol yang unik.

Bahkan nama-nama besar seperti Nintendo terkadang mengeluarkan konsol yang sangat buruk dan bahkan disebut sebagai konsol terburuk sepanjang masa.

Konsol Game Gagal dan Terburuk Sepanjang Masa

Tidak setiap konsol sesuai dengan hype di masyarakat, meski banyak produk konsol yang hanya tiruan dari produk yang ada.

Coba kamu ingat kembali konsol game yang pernah kamu coba mainkan atau kamu pernah miliki. Setidaknya ada dua kali produk konsol game gagal yang pernah ada di dunia.

Berikut ini adalah daftar konsol game gagal dan terburuk sepanjang masa. Simak daftar lengkapnya berikut ini.

Philips CD-i

Philips CD I Konsol Game Gagal Dan Tidak Laku 1c054

Awalnya direncanakan sebagai CD add-on untuk SNES, kolaborasi antara Nintendo dan Philips satu ini rilis pada tahun 1991.

Dipasarkan sebagai sistem hiburan rumah - bukan konsol video game - konsol ini gagal menarik pemain game dan konsumen lain. Karena pengontrol yang dirancang dengan buruk dan persaingan ketat dari Sega, Sony, dan Nintendo.

Konsol tersebut menghadirkan sejumlah faktor yang menjadikannya konsol terburuk. Philips CD-i hampir pasti gagal, dan merugikan perusahaan sekitar 1 miliar USD.

HyperScan

HyperScan Konsol Game Gagal Dan Tidak Laku C1ed6

Dirilis pada tahun 2006, Mattel memasarkannya sebagai alternatif bagi anak-anak untuk bermain game tanpa mengambil risiko terkena konten dewasa.

Namun, secara universal dikritik oleh pemain karena desainnya yang buruk dan perangkat lunak yang tidak terasa hidup dari konsol game jadul satu ini.

Tak lama setelah peluncuran, harga perangkat keras turun drastis dari harga awalnya 69,99 USD, karena pabrikan mencoba menyingkirkan stoknya.

LaserActive

LaserActive Konsol Game Gagal Dan Tidak Laku 1cbd9

LaserActive dianggap mencoba merevolusi game. Mesin konsol produksi tahun 1993 ini memainkan LaserDiscs secara eksklusif.

Memungkinkannya menggabungkan grafik animasi dengan video live-action berkualitas tinggi dengan cara yang belum pernah dicapai oleh konsol lain.

Sayangnya, konsol game tersebut tidak diterima dengan baik, sehingga LaserActive dihentikan pada tahun 1996, sementara LaserDiscs sendiri dihentikan pada awal tahun 2000-an.

Ouya

Ouya Konsol Game Gagal Dan Tidak Laku E5b67

Menyusul kampanye Kickstarter yang sangat sukses di tahun 2012, Ouya disebut-sebut sebagai hal besar berikutnya bagi para gamer kasual.

Mendukung OS berbasis Android, konsol ini membuka pintu bagi pengembang atau developer game kecil yang tak terhitung jumlahnya.

Namun, ketika konsol ini secara resmi dirilis pada 2013, sayangnya diterima dengan kritik yang buruk. Penjualan yang lambat membuat perusahaan mengalami kesulitan keuangan dan mereka akhirnya menghentikan produksi konsol sepenuhnya.

N-Gage

N Gage Konsol Game Gagal Dan Tidak Laku 97932

Pada tahun 2003, Nokia dengan tepat memprediksi sebagian besar industri game akan pindah ke HP. Berharap untuk memancing pemain menjauh dari Game Boys perusahaan INI mencoba menggabungkan perangkat konsol dengan HP.

Desain N-Gage yang besar dan bongsor membuatnya sulit untuk digunakan sebagai telepon, sementara tombol bernomor tidak cocok untuk bermain game.

Perangkat Nokia gagal menarik perhatian publik, bahkan setelah beberapa desain ulang dirilis. Pada 2009, Nokia mengumumkan merek N-Gage akan berakhir secara permanen pada tahun berikutnya.

Virtual Boy

Virtual Boy Konsol Game Gagal Dan Tidak Laku 613f4

Nintendo bereksperimen dengan teknologi VR ketika mereka merilis Virtual Boy yang slogannya "Play It Hard" menunjukkan bahwa konsol tersebut dapat membenamkan para pemain ke dalam dunia virtual yang sama sekali baru.

Dipuji sebagai konsol rumah pertama yang dapat menampilkan grafik 3D stereoskopik, Virtual Boy dihentikan kurang dari setahun setelah dirilis. Sehingga konsol game ini gagal masuk pasar Amerika.

Konsol ini menjadi salah satu kegagalan terbesar Nintendo. Perusahaan menyalahkan harga yang tinggi, efek 3D yang terbatas, dan kurangnya game (hanya 22 judul yang pernah dirilis).

CD Neo Geo

Neo Geo CD Konsol Game Gagal Dan Tidak Laku Ca964

SNK merilis versi terbaru dari konsol berbasis kartrid asli mereka pada tahun 1994. CD Neo Geo dimaksudkan untuk menjadi alternatif yang lebih murah untuk Sega Saturn, PlayStation, dan Nintendo 64.

Namun tidak memiliki beberapa fitur utama yang ditemukan di perangkat yang lebih umum. Fitur paling utama adalah absennya grafik 3D.

Dengan game 3D yang sedang naik daun, para pemain tampaknya tidak tertarik dengan judul 2D, bahkan jika itu dalam bentuk disk.

Akhir Kata

Itu tadi deretan konsol game gagal sepanjang masa. Apakah ada yang pernah kamu coba mainkan sebelumnya dari konsol game tersebut?

Tentu saja, ketujuh konsol game gagal tersebut ada yang meniru dari konsol yang pernah ada. Bahkan ada yang terbilang sebagai konsol game yang aneh.

Baca juga artikel seputar Gaming atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

ARTIKEL TERKAIT
Game Ps5 6eba6
10 Game PS5 yang Paling Ditunggu, Gak Sabar Banget Buat Main!
Kabel Hdmi Mcable Untuk Gaming Dan Film
Canggih! Kabel HDMI Murah Ini Ubah PS4 Jadi PS5
Ps5
Harga Terjangkau, Performa PS5 Akan Setara PC Seharga Rp 15 Jutaan!
Sejarah Lengkap Konsol Ps1 Sampai Ps5 Mana Yang Jadi Favoritmu A80ae
Sejarah Lengkap Konsol PS1 sampai PS5, Mana yang Jadi Favoritmu?
Ps5 Vs Xbox 920x613 Custom Eddb7
5 Alasan Xbox Series X Lebih Baik dari PS5, No. 3 Pasti Setuju Banget!
Ps4 Pro Vs Ps5 Banner 26d4c
PS4 Pro vs PS5, Mana yang Lebih Worth It Dibeli? Ini Perbandingannya!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal