15 Rekomendasi Anime Sepak Bola Terbaik | Dari yang Lawas Sampai Captain Tsubasa Baru

Default

Sepak bola memang nggak ada habisnya untuk dibicarakan dan diadaptasi menjadi berbagai bentuk hiburan, salah satunya anime sepak bola.

Sebagai salah satu olahraga paling disukai di dunia, sepak bola memang nggak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat dunia.

Senantiasa laris ditonton seperti anime romantis terbaik, perusahaan animasi Jepang nggak pernah berhenti untuk merilis anime bertema sepak bola dari waktu ke waktu.

Jadi, apa saja anime sepak bola yang seru untuk ditonton? Berikut daftarnya!

Beberapa rekomendasi anime sepak bola terbaik di bawah pasti akrab di telinga kamu, terutama anime yang pernah tayang di Spacetoon waktu kamu kecil dulu, geng.

Dari yang masih baru sampai yang udah lawas dan bikin kangen, 15 rekomendasi ini akan jadi tontonan asik untuk anime marathon!

1. Inazuma Eleven

Inazuma Eleven C7924

Jika biasanya anime diadaptasi menjadi game, kebalikan dengan Inazuma Eleven yang justru memulai identitasnya sebagai game Nintendo.

Seperti kisah banyak anime sepak bola selain Tsubasa lainnya, Inazuma Eleven menawarkan kisah perjuangan untuk membangun sebuah tim sepak bola yang terabaikan.

Sang tokoh utama, Mamoru Endou, menaruh harapan akan tim tersebut di tangan seorang pemain muda brilian bernama Shuuya Gouenji.

Berbekal ilmu yang diperoleh dari sang kakek, Mamoru berusaha membangkitkan tim dengan merekrut anggota-anggota baru.

Keterangan Inazuma Eleven
Rating (jumlah pengulas) 7,59 (72.865)
Tanggal Rilis 5 Oktober 2008
Studio OLM
Genre Sports, Super Power, Shounen
Jumlah Episode 127

2. Aoki Densetsu Shoot!

Aoki Densetsu Shoot 98571

Ikuti kisah seru Toshisiko Tanaka, Kenji Shiraishi, dan Kazuhiro Hiramatsu, tiga sekawan penggemar sepak bola yang merupakan siswa sekolah menengah dalam anime yang juga dikenal dengan nama Shoot!.

Ketiganya memutuskan untuk bersekolah di SMA yang sama, SMA Kakegawa yang merupakan sekolah baru tempat bintang sepak bola idola mereka bersekolah, yakni Yoshiharu Kubo.

Perjalanan sang trio sepak bola itupun diuji dengan berbagai perjuangan, romansa, dan kekalahan dalam meraih mimpi mereka sebagai tim sepak bola SMA terbaik.

Perjuangan yang jadi jalan cerita anime dengan tema sepak bola ini mengharukan banget, bisa-bisa bikin kamu ikut nangis kayak nonton anime paling sedih sepanjang masa!

Keterangan Aoki Densetsu Shoot!
Rating (jumlah pengulas) 7,41 (4.764)
Tanggal Rilis 7 November 1993
Studio Toei Animation
Genre Sports
Jumlah Episode 58

3. Giant Killing

Giant Killing 81969

Judul anime bertema sepak bola berikutnya yang wajib kamu tonton adalah Giant Killing.

Mengisahkan tentang klub East Tokyo United atau ETU, anime bergenre olahraga ini mengajakmu melihat lebih dekat perjuangan ETU untuk bertahan dalam liga sepak bola top Jepang.

Kekalahan berturut-turut, ditinggalkan penggemar, dukungan yang akan ditarik dari mereka, dan pelatih yang dipecat membuat tragedi yang menimpa ETU lengkap sudah.

Di tengah-tengah lesunya keadaan internal ETU, hadirlah Takeshi Tatsumi, seorang pelatih sepak bola eksentrik yang disewa untuk membawa angin segar di ETU.

Adakah perubahan positif yang bisa diciptakan Tatsumi? Mending langsung nonton aja, geng!

Keterangan Giant Killing
Rating (jumlah pengulas) 7,59 (28.345)
Tanggal Rilis 4 April 2010
Studio Studio Deen
Genre Sports, Drama, Seinen
Jumlah Episode 26

4. Whistle!

Whistle Anime Header 001 20160831 4cae3

Kamu penggemar sepak bola yang nggak jago main sepak bola, tapi mau jadi pemain bola profesional? Hmmm, ada anime keren yang pas banget buat kamu, nih.

Whistle! mengikuti perjalanan Kazamatsuri Shou untuk meraih mimpinya menjadi seorang pemain sepak bola handal meski tidak pandai bermain sepak bola.

Makanya, kamu akan dibuat terkagum-kagum dengan keteguhan hati Kazamatsuri untuk berlatih tanpa kenal lelah. Menginspirasi banget, deh!

Keterangan Whistle!
Rating (jumlah pengulas) 7,40 (5.375)
Tanggal Rilis 6 Mei 2002
Studio Studio Comet
Genre School, Shounen, Sports
Jumlah Episode 39

5. Days

Days 00e1b

Nonton anime tentang sepak bola nggak pernah terasa membosankan, apalagi jika plot atau jalan ceritanya unik.

Days merupakan salah satu anime yang nggak hanya menawarkan artwork dan animasi menarik, tapi juga plot yang menarik.

Diceritakan, Tsukushi adalah anak laki-laki yang biasa saja, tidak memiliki bakat khusus. Di sisi lain, Jin adalah seorang jenius di sepak bola.

Pada suatu malam, keduanya dipertemukan oleh takdir dan mengubah hidup mereka yang kini sudah sepenuhnya terseret ke dunia sepak bola.

Keterangan Days
Rating (jumlah pengulas) 7,21 (46.861)
Tanggal Rilis 2 Juli 2016
Studio MAPPA
Genre School, Shounen, Sports
Jumlah Episode 24

6. Ganbare! Kickers

Ganbare Kickers A7e17

Meskipun anime sepak bola lawas ini mungkin dirilis saat kamu belum lahir, Ganbare! Kickers adalah salah satu anime sepak bola keren yang recommended buat ditonton.

Bercerita tentang tim sepak bola sebuah sekolah bernama The Kickers yang menghadapi kekalahan lagi dan lagi, seorang karakter dihadirkan untuk memberi perubahan.

Karakter bernama Gregor alias Daichi Kakeru ini berhasil membangun semangat teman-teman satu tim nya tersebut, dan berusaha mengalahkan musuh terkuat mereka, The Devils.

Selain kental dengan solidaritas, komedi yang disajikan juga siap membuatmu ngakak saat nonton anime paling kocak ini, geng.

Keterangan Ganbare! Kickers
Rating (jumlah pengulas) 6,82 (4.555)
Tanggal Rilis 15 Oktober 1986
Studio Studio Pierrot
Genre Comedy, Drama, Shounen, Sports
Jumlah Episode 23

7. Captain Tsubasa (2018)

Captain Tsubasa 03 63ac9

Siapa yang nggak kenal dengan anime Captain Tsubasa yang sudah menjadi bagian dari masa kecil kita semua?

Nggak berhenti sampai situ, ternyata cerita Tsubasa kembali diadaptasi ke dalam bentuk anime pada tahun 2018 lho, geng.

Masih mengikuti mimpi besar seorang Tsubasa Oozora untuk menjadi pemain sepak bola hebat di usia belia, anime terbaik sepanjang masa ini memberikan sensasi nostalgia yang berbeda.

Masih ingat dengan kiper berbakat Genzo Wakabayashi dan Sanae Nakazawa yang cantik? Nonton versi terbaru ini deh, untuk melepas rindu.

Keterangan Captain Tsubasa (2018)
Rating (jumlah pengulas) 7,44 (15.693)
Tanggal Rilis 3 April 2018
Studio David Production
Genre Action, Sports, Shounen
Jumlah Episode 52

Rekomendasi Anime Sepak Bola Lainnya...

8. Area no Kishi

Area No Kishi 4585e

Tidak hanya berkutat pada sepak bola, Area no Kishi juga menyuguhkan kisah mengharukan kakak-beradik Kakeru dan Suguru.

Keduanya memiliki ketertarikan kuat terhadap sepak bola, akhirnya Suguru berhasil menjadi bintang baru dalam sepak bola Jepang, sementara Kakeru mengambil peran manajerial.

Karena suatu hal, Kakeru menerima transplantasi jantung dari kakaknya, Suguru. Akibatnya, Kakeru harus bisa melanjutkan kiprah kakaknya sebagai pesepak bola handal.

Keterangan Area no Kishi
Rating (jumlah pengulas) 7,23 (26.814)
Tanggal Rilis 7 Januari 2012
Studio Shin-Ei Animation
Genre Comedy, School, Shounen, Sports
Jumlah Episode 37

9. Hungry Heart: Wild Striker

Download Anime Sepak Bola 64e7b

Hidup di bawah bayang-bayang saudara sendiri memang gak enak, geng. Sama juga yang dirasakan oleh Kyosuke Kano terhadap kakaknya, Seisuke.

Kesal karena selalu dibanding-bandingkan, kehidupan Kyosuke malah berubah akibat dipaksa melatih sebuah tim sepak bola wanita.

Pantas saja plotnya bikin kepo, ternyata anime tahun 2000an ini diangkat dari manga karya Yoichi Takashi yang merupakan pengarang Captain Tsubasa, geng.

Jika kamu biasanya lebih suka nonton anime fantasi terbaik, genre slice of life yang dimiliki Hungry Heart akan membuatmu terhanyut dalam sebuah cerita yang erat dengan realita. Nggak kalah dengan fantasi, deh!

Keterangan Hungry Heart: Wild Striker
Rating (jumlah pengulas) 7,59 (10.521)
Tanggal Rilis 11 September 2002
Studio Nippon Animation
Genre Slice of Life, Comedy, Sports, Shounen
Jumlah Episode 37

10. Offside

Offside E8702

Offside merupakan anime yang pernah tayang di Indonesia beberapa tahun lalu, geng.

Karakter Goro Kumagaya yang akan kamu temui dalam anime action terkeren ini memang top banget, ia adalah seorang siswa SMA dengan perawakan tinggi dan bakat sepak bola yang hebat.

Gagal masuk SMA Yokonan yang elit, Goro harus rela untuk bersekolah di SMA Kawasaki yang berada di seberang Yokonan, akibat sebuah kecelakaan.

Tak disangka, ia malah bertemu banyak pesepakbola terampil dan bersama-sama membangun klub sepak bola di sekolah tersebut, bahkan hingga menantang Yokonan serta sekolah lainnya.

Keterangan Offside
Rating (jumlah pengulas) 7,12 (867)
Tanggal Rilis 10 Mei 2001
Studio Ashi Production
Genre Action, Sports, Drama
Jumlah Episode 39

11. Keppeki Danshi! Aoyama-kun

Anime Sepak Bola Offside 0047d

Udah cakep, keren, atletis, jago masak, itulah sosok Aoyama yang ternyata memiliki mysophobia, yaitu ketakutan berlebih pada kuman, bakteri, dan hal-hal kotor lainnya.

Hanya satu hal yang bisa membuatnya menoleransi kata 'kotor', yaitu sepak bola!

Hal ini menjadikan Keppeki Danshi! Aoyama-kun sebuah anime sepak bola takut kotor. Lihat saja bagaimana cara Aoyama menghindari kontak fisik dengan cara apapun saat bermain bola. Gimana caranya, ya?

Cuma Aoyama doang deh, yang tahu!

Keterangan Keppeki Danshi! Aoyama-kun
Rating (jumlah pengulas) 7,00 (45.397)
Tanggal Rilis 3 Juli 2017
Studio Studio Hibari
Genre Comedy, Seinen, Sports
Jumlah Episode 12

12. Ginga e Kickoff!!

Ginga E Kickoff Subtitle Indonesia Batch 63510

Anime genre sepak bola berikutnya adalah Ginga e Kickoff!! yang akan menginspirasimu lewat karakter dan ceritanya.

Ceritanya mengikuti perjalanan seorang anak laki-laki yang merupakan sebuah anggota tim sepak bola, tetapi sayangnya tim tersebut harus dibubarkan karena tidak ada cukup pemain.

Suatu hari, ia bertemu dengan seorang pemain sepak bola wanita yang lalu membantunya untuk membangun kembali tim yang mati suri tersebut.

Meraih mimpi dari nol bukan hal yang sulit, tapi bukan berarti tidak mungkin.

Keterangan Ginga e Kickoff!!
Rating (jumlah pengulas) 7,26 (8.133)
Tanggal Rilis 26 Maret 2012
Studio TYO Animations
Genre Shounen, Sports
Jumlah Episode 39

13. Moero! Top Striker

Moero Af76d

Nah, ini dia anime sepak bola jadul yang bisa kamu tonton kembali, Moero! Top Striker.

Kecintaan Hikaru Kicker akan sepak bola sangatlah kuat meski ia baru berusia 13 tahun berkat dikenalkan oleh kawan ayahnya saat ia masih bayi.

Demi mempelajari olahraga kesukaannya itu, ia pergi ke Italia dan bergabung dengan tim yang kuat di Genova.

Tak lama setelahnya, ia keluar dan malah bergabung dengan tim yang lemah bernama Columbus bersama teman perempuannya, Anna.

Bagaimana kelanjutan karir Hikaru di lapangan hijau setelahnya? Mending kamu tonton aja, geng.

Keterangan Moero! Top Striker
Rating (jumlah pengulas) 6,70 (1.725)
Tanggal Rilis 10 Oktober 1991
Studio Nippon Animation
Genre Action, Shounen, Sports
Jumlah Episode 39

14. Forza! Hidemaru

Forza Anime Sepak Bola Lawas 7f8e1

Forza! Hidemaru memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya gak kalah seru dari judul-judul di list anime tentang sepak bola lainnya, meski nggak begitu populer.

Jika rekomendasi sebelumnya memiliki karakter yang seluruhnya manusia, dalam anime ini, karakternya adalah binatang-binatang lucu.

Kita akan dibawa ke dalam kisah Hidemaru si rubah yang merupakan pemain sepak bola dan teman-temannya dalam pertandingan sepak bola.

Sama seperti Hidemaru, teman-temannya juga berbentuk hewan, seperti kelinci, anjing, kuda, dan kudanil. Imut banget!

Keterangan Forza! Hidemaru
Rating (jumlah pengulas) -
Tanggal Rilis 6 April 2002
Studio -
Genre Sports
Jumlah Episode 39

15. Soccer Fever

Anime Kartun Sepak Bola E6d7c

Dengan judulnya yang 'bola' banget, Soccer Fever akan menjadi pilihan bagus buat kamu tonton.

Anime yang memang sudah cukup senior ini mengambil latar tempat di Uruguay dan Amerika Serikat pada rentang tahun 1930 hingga 1994.

Kamu akan mengikuti seluruh kisahnya bersama dengan Brian Thompson, seorang mantan reporter yang merupakan tokoh utama dalam cerita.

Keterangan Soccer Fever
Rating (jumlah pengulas) -
Tanggal Rilis 4 April 1994
Studio -
Genre Sports, Historical
Jumlah Episode 51

Akhir Kata

Sejauh ini, anime sepak bola terbaik mana yang paling kamu suka, geng?

Ternyata, banyak banget ya, kartun berlatar kisah di lapangan hijau selain Captain Tsubasa yang terkenal sampai terngiang-ngiang lagunya itu.

Jadi inget, Dragon screamer! Dragon fever! No question!

Baca juga artikel seputar Anime atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

ARTIKEL TERKAIT
Anime Bertema Game Banner2
10 Anime Bertemakan Game yang Wajib Ditonton Para Gamers
Anime Unsur Illuminati Banner Bfa9e
10 Anime dengan Unsur Illuminati dan Satanis, Naruto Punya Banyak!
Anime Ecchi 2be14
10 Anime Ecchi Harem, School, Hingga Sci-Fi Terbaik, Wajib Nonton!
Cats2 B1fcd
15+ Anime Fantasy Terbaik Rating Tertinggi 2021 | Dari yang Action, Supernatural, hingga Romance!
Anime Harem 01f46
12 Anime Harem Overpower Hingga Fantasy Terbaik | Paling Seru!
Anime Romantis School 5a818
11 Anime Romance School Terbaik 2021, Bikin Kangen Percintaan Masa Sekolah!
Tags Terkait: anime (tv genre)
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal