J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Xiaomi vs Oppo: Satu Kampung, Mana yang Lebih Worth untuk Dibeli?

              Xiaomi vs Oppo: Satu Kampung, Mana yang Lebih Worth untuk Dibeli?

              00
              Sabtu, 30 Mar 2019, 10:00 WIB
              Sedang bimbang ingin membeli handphone Xiaomi atau Oppo? Tenang, Jaka punya perbandingan kedua merek yang sedang naik daun di Indonesia ini!

              Kebimbangan dalam membeli sebuah benda sering melanda kita sebagai konsumen. Apalagi, jika kita ditawari dua produk dengan kualitas dan harga yang seimbang.

              Salah satunya adalah ketika kita ingin membeli smartphone. Jika kamu disuruh memilih antara Xiaomi dan Oppo, mana yang akan kamu pilih?

              Untuk membantumu menentukan jawaban, kali ini Jaka akan mengulas perbandingan antara kedua merek dari China ini secara detail dan lengkap!

              Xiaomi vs Oppo

              Xiaomi atau Xiaomi Corporation merupakan perusahaan elektronik asal China yang telah berdiri sejak 2010.

              Sedangkan Oppo atau Oppo Electronics Corporation telah lebih dulu ada dibanding Xiaomi, yakni sejak tahun 2001.

              Kedua perusahaan ini berebut pangsa pasar di Indonesia, yang memang sangat menggiurkan mengingat besarnya jumlah penduduk negara kita yang membutuhkan smartphone.

              Lantas, mana yang produknya lebih worth it untuk dibeli?

              Perbandingan Merek (Dikenal Oleh Masyarakat)

              Xiaomi Vs Oppo 1 518b6
              Sumber foto: Youtube

              Kita tentu sering melihat iklan-iklan smartphone keluaran Oppo yang sering dibintangi artis cantik seperti Chelsea Islan.

              Daya tarik yang dimiliki para artis tersebut dimanfaatkan oleh Oppo untuk merebut atensi publik terhadap produk-produk terbarunya, terutama smartphone.

              Sebaliknya, pernahkah kamu melihat iklan atau baliho handphone Xiaomi? Hampir bisa Jaka pastikan kamu belum pernah melihatnya di televisi maupun di jalan.

              Akan tetapi, bukan berarti handphone Xiaomi tidak dikenal oleh masyarakat. Apalagi, banyak youtuber lokal yang melakukan unboxing dan review terhadap handphone milik Xiaomi.

              Perbedaan strategi marketing ini membuat Jaka memutuskan bahwa Oppo lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia jika dibandingkan dengan Xiaomi.

              Akan tetapi di negara maju, Xiaomi dan Oppo sama-sama kurang populer. Hal ini bisa dilihat dari sedikitnya youtuber dari Amerika Serikat yang melakukan review terhadap dua merek ini.

              Hal ini juga bisa dilihat dari sedikitnya penjualan handphone ini di negara maju, yang akan Jaka jelaskan lebih dalam di beberapa poin selanjutnya.

              Perbandingan Harga

              Xiaomi Vs Oppo 2 84e41
              Sumber foto: The Register | NZ retail

              Tentu Xiaomi memiliki alasan strategis mengapa mereka tidak beriklan di media mainstream. Mereka ingin menekan harga semurah mungkin.

              Dengan tidak mengeluarkan biaya produksi pembuatan iklan, mereka bisa banting harga hingga ke taraf yang susah dipercaya oleh nalar dan membuat kompetitornya sedikit panik.

              Coba bandingkan dengan Oppo yang harus menggelontorkan biaya untuk menjadikan seorang Chelsea Islan atau Isyana Sarasvati untuk menjadi brand ambassador-nya.

              Kita ambil contoh antara Xiaomi Mi Mix 3 dan Oppo Find X yang akan Jaka tunjukkan di bawah ini:

              Spesifikasi Xiaomi Mi Mix 3 Oppo Find X
              Baterai 3200 mAh 3730 mAh
              Layar 6.39 inci 6.42 inci
              Prosesor Qualcomm Snapdragon 845 Qualcomm Snapdragon 845
              RAM 8/10GB 8GB
              Kamera Belakang: 12MP+12MP
              Depan: 24MP+2MP
              Belakang: 16MP+20MP
              Depan: 25MP
              Harga Rp6.900.000 Rp10.990.000

              Dengan sedikit keunggulan, harga Oppo Find X bisa satu setengah kali lipat harga handphone Xiaomi Mi Mix 3. Tentu orang yang memiliki dana terbatas akan cenderung memilih Xiaomi karena harganya.

              Berdasarkan data yang Jaka dapat, kisaran harga handphone Xiaomi yang beredar di Indonesia, berkisar dari rentang harga Rp900 ribuan - Rp8 Jutaan.

              Sedangkan untuk Oppo, rentang harga yang ditawarkan produk-produknya berkisar dari harga Rp1,3 jutaan hingga Rp10 jutaan.

              Perbandingan Spesifikasi yang Dimiliki

              Xiaomi Vs Oppo 3 B94da
              Sumber foto: Cnet

              Jika berbicara spesifikasi, kedua produk sama-sama menawarkan smartphone dengan spesifikasi yang bermacam-macam untuk menyesuaikan kantong calon pembeli.

              Xiaomi, meskipun murah, memiliki kualitas hardware yang bagus. Handphone terbaru Xiaomi biasanya juga sudah dibekali dengan RAM yang tinggi dan prosesor terbaru.

              Untuk handphone Oppo, build quality-nya bagus dan terlihat premium. Banyak yang bilang bahwa desain Oppo banyak terinspirasi dari Apple.

              Sayangnya, prosesor yang digunakan pada handphone Oppo kadang bukan yang terbaik. Beberapa seri Oppo juga masih menggunakan prosesor Mediatek.

              Sebagai analogi, kita bisa mendapatkan prosesor yang digunakan pada handphone Oppo seharga 5 juta pada handphone Xiaomi seharga 3 juta.

              Perbandingan Kamera

              Xiaomi Vs Oppo 4 98a3a
              Sumber foto: Mashable

              Kalau yang satu ini bisa dibilang Oppo lebih unggul dibandingkan dengan Xiaomi. Kamera selfie yang dimiliki Oppo juga jauh lebih baik dari kamera-kamera Xiaomi.

              Bukan berarti kamera yang dimiliki Xiaomi jelek. Jika dibandingkan dengan harga jualnya, kamera yang dimiliki oleh Xiaomi memiliki kemampuan yang cukup mumpuni.

              Akan tetapi jangan membandingkan kamera Xiaomi dan Oppo dengan merek-merek besar seperti Apple, Samsung, ataupun Huawei karena beda level.

              Untuk harga yang mereka tawarkan, kemampuan kamera yang dimiliki sudah sangat cukup untuk mengabadikan momen-momen spesial.

              Perbandingan Barang Elektronik dan Aksesoris Lainnya

              Xiaomi Vs Oppo 5 4c5ef
              Sumber foto: Flipkart

              Xiaomi dan Oppo sama-sama tidak hanya bergerak di pasar smartphone. Mereka juga memproduksi barang elektronik lain yang bisa terintegrasi dengan smartphonenya.

              Untuk Xiaomi sendiri memiliki banyak sekali produk seperti smartwatch Mi Band, powerbank, headphone, Smart TV, robot vacuum cleaner, hingga lampu pintar.

              Sedangkan Oppo tidak terlalu memiliki banyak alat elektronik lain seperti Xiaomi. Dari hasil riset Jaka, mereka hanya memproduksi Blu-ray players, headphones, dan amplifiers.

              Perbandingan Anak Perusahaan

              Xiaomi Vs Oppo 5 09401
              Sumber foto: Gizmochina

              Kedua merek sama-sama memiliki sub-brand alias anak perusahaan lo, geng! Hebatnya, anak perusahaan Oppo dan Xiaomi ini sama-sama sukses.

              Xiaomi memiliki Pocophone yang menyasar level HP flagship, Black Shark yang menyasar pasar HP Gaming, sedangkan Redmi yang baru saja menjadi anak perusahaan pada awal 2019 ini menyasar kelas menengah ke bawah .

              Kalau Oppo, mereka memiliki sub-brand bernama Realme sebelum akhirnya menjadi perusahaan yang benar-benar independen pada tahun 2018.

              Hebatnya, Oppo membuat gebrakan baru di tahun 2019 ini dengan meluncurkan sub-brand baru yang bernama Reno. Disebut-sebut, Reno adalah pesaing kuat brand Redmi milik Xiaomi.

              Kalau sudah begini, rasanya persaingan Xiaomi Vs Oppo semakin sengit dan seru untuk dinantikan!

              Fakta menarik, sebenarnya Oppo, Realme, Vivo, dan OnePlus memiliki satu induk perusahaan yang sama, yakni BBK Electronic Corporation!

              Perbandingan Hasil Penjualan

              Xiaomi Vs Oppo 6 Bak Aea9d
              Sumber foto: Statcounter

              Berdasarkan Statcounter, jumlah penjualan Xiaomi di Indonesia unggul sedikit daripada Oppo, yakni 21.68% berbanding dengan 17.56% pada bulan Februari kemarin.

              Namun angka ini masih kalah dari penjualan handphone Samsung yang mencapai 24.95%, sekaligus membuat merek asal Korea Selatan ini menjadi jawara penjualan smartphone di Indonesia.

              Bagaimana di negara lain? Di India, Xiaomi juga unggul jauh dengan angka 21.78%, meninggalkan Oppo yang jauh berada di angka 9.27%.

              Di negeri asalnya sendiri, China, ternyata Oppo (10.94%) lebih unggul daripada Xiaomi (9.97%). Mereka kalah dari merek lain seperti Apple dan Huawei.

              Secara global, Xiaomi lebih unggul dari Oppo dengan angka penjualan 8.12% berbanding dengan 4.46%.

              Nampaknya Xiaomi dan Oppo memang menyasar pasar di negara menengah. Di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, kedua merek ini kalah bersaing dengan merek yang lebih ternama.

              Kesimpulan: Mana yang Lebih Worth It?

              Jadi setelah melakukan perbandingan antara kedua handphone, mana yang lebih worth it untuk kamu beli?

              Jika kamu mencari handphone termurah dengan spesifikasi garang yang selalu up to date, ditambah dengan banyaknya aksesoris yang bisa dibeli, mending kamu pilih Xiaomi.

              Kalau kamu mencari handphone yang memiliki kamera berkualitas dengan harga terjangkau dan desain bodi yang terkesan premium, kamu boleh memilih Oppo.

              Akhir Kata

              Jadi itu dia, geng, perbandingan antara handphone Xiaomi dan Oppo! Setelah membaca ulasan di atas, kamu lebih memilih yang mana nih, geng? Tulis di kolom komentar ya!

              Baca juga artikel seputar Handphone atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal