Tongsis Dilarang di Korea Selatan

Default

Mewabahnya aktivitas foto selfie melahirkan inovasi alat bantu yang dikenal dengan nama tongsis (tongkat narsis). Namun, ada kabar kurang bagus dari Korea Selatan. Negara itu mengawasi penggunaan tongsis dengan sangat ketat. Bahkan ada ancaman hukuman penjara dan denda hingga Rp300 juta bagi yang melanggarnya.

Perangkat yang mirip dengan monopod namun dilengkapi dengan dudukan untuk memegang smartphone ini juga dikenal dengan nama selfie stick. Di Korea Selatan, tidak sembarang tongsis atau selfie stick bisa dijual atau dipakai. Pemerintah negara itu, membuat aturan khusus untuk tongsis.

Di negeri yang terkenal dengan kemajuan teknologinya itu, tongsis yang boleh dijual hanya yang dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth. Pengoperasian melalui koneksi Bluetooth ini menjadikan tongsis sebagai sebuah perangkat komunikasi sehingga harus memiliki sertifikasi resmi sebelum dijual bebas.

Itulah yang membedakan tongsis di negeri K-Pop dengan tongsis di Indonesia yang fungsinya hanya untuk menyangga smartphone dan pengoperasiannya mengandalkan timer kamera yang ada di smartphone.

Aturan terbaru mengenai tongsis di Korea Selatan bahkan menyebutkan bahwa siapa saja yang menjual tongsis tanpa sertifikat bisa dikenai hukuman penjara selama 3 tahun atau denda $27.000 atau sekitar Rp330 juta!

Kabarnya, banyak toko di negara itu yang mengobral tongsis non-Bluetooth karena penjualnya takut terhadap ancaman hukuman dari pemerintahnya. Bukan tidak mungkin tongsis murah yang beredar di Indonesia adalah hasil cuci gudang para penjualnya di Korea Selatan.

Tags Terkait: Tongsis
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal