J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Tips Fenomenal iPhone yang Ternyata Cuma HOAX Alias Bohong

5 Tips Fenomenal iPhone yang Ternyata Cuma HOAX Alias Bohong

Sabtu, 29 Okt 2016, 17:00 WIB
Jangan tertipu dengan 5 berita bohong berikut terkait iPhone.

Siapa yang tidak kenal iPhone? Yap, smartphone produksi Apple ini memang memiliki reputasi yang bagus. Berkat reputasinya, hingga kini iPhone masih selalu ramai diperbincangkan terutama di media sosial. Di antaranya banyak yang saling bertukar informasi terkait smartphone karya Steve Jobs ini, terutama dalam hal fitur, tips dan trik yang bisa dilakukan dengan iPhone.

Sayangnya, sebagian dari pembahasan tips iPhone tersebut justru merupakan sebuah kebohongan dan kesalahan belaka yang justru menimbulkan berbagai kerugian bagi para pengguna. Melalui artikel ini, saya luruskan beberapa hal terkait iPhone agar kamu bisa terhindar dari kerugian yang diakibatkan oleh informasi yang tidak benar alias HOAX!

BACA JUGA
  • 5 Aplikasi Kamera iPhone Terbaik yang Wajib Digunakan!
  • Google Pixel vs iPhone 7 Plus: Siapa yang Paling Cepat?
  • iPhone Ternyata Mudah Di-hack! Kok Bisa Ya?

5 Tips iPhone yang Ternyata Cuma HOAX Alias Bohong

1. iOS 7 Tahan Air Alias Waterproof?

Pertama, coba perhatikan iklan pada gambar. Di situ tertulis:

"iPhone yang melakukan update sistem operasi ke iOS 7 akan menjadi "waterproof" atau tahan air".

Siapa yang nggak mau kalau smartphone kamu jadi tahan air? Semua pasti mau lah! Sekarang, setelah melihat iklan tersebut, saya ajak untuk memikirkan baik-baik kalimat di atas tadi. Coba pikir, apakah masuk akal jika yang di-update sistem operasi tapi malah fisik iPhone kamu yang tiba-tiba jadi tahan air? Nah, secara logika ini tentu tidak mungkin.

Sayangnya, kebanyakan orang sudah terlanjur percaya dengan iklan tersebut sehingga ada yang langsung mempraktikkannya dengan melempar iPhone mereka ke dalam air. Terus malah jadi rusak deh iPhone-nya.

Sebenarnya iklan tersebut juga tidak sepenuhnya salah, karena pada bagian bawah dijelaskan bahwa fitur "waterproof" yang dimaksud adalah sistem operasi iOS 7 yang akan langsung mematikan perangkat iPhone kamu ketika terendam air. Hal ini bertujuan untuk menghindari korsleting listrik ketika air menyentuh bagian dalam iPhone yang sedang beroperasi. Nah, makanya, sebelum mencoba sesuatu, baca dulu petunjuk dan cari informasi yang relevan agar nantinya kamu tidak menyesal.

2. Tips Charge iPhone (iOS 8) di dalam Microwave

Tidak jauh berbeda dengan poin pertama yang salah interpretasi, muncul juga sebuah iklan yang seakan berasal dari pihak Apple padahal bukan. Iklan palsu tersebut menyatakan bahwa iPhone memiliki fitur "wave", yang memungkinkan kamu melakukan charging di dalam microwave jika sudah melakukan update ke iOS 8.

Lagi-lagi kamu jangan langsung percaya karena nyatanya iklan ini cuma HOAX alias bohong. Iklan yang sudah menelan korban ini disebarkan di Twitter oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab. Akibat kejadian tersebut, banyak yang langsung membuat video tutorial cara charging iPhone (iOS 8) menggunakan microwave dan mengunggahnya di YouTube. Alhasil, iPhone (iOS 8) mereka berujung pada kerusakan seperti di video berikut.

3. Tips iPhone 7 Punya Colokan Headset Rahasia

Baru-baru ini pihak Apple mengumumkan kalau iPhone 7 tidak disertai dengan port jack in untuk headset. Tentunya, hal ini sangat disayangkan karena masih banyak orang yang senang menggunakan headset kabel yang dicolokkan ke perangkat iPhone mereka.

Seiring dengan kontroversi tentang perlu tidaknya port jack in headset kabel pada iPhone 7, muncul isu yang menyatakan kalau sebenarnya iPhone 7 memiliki port atau colokan jack in rahasia yang tersembunyi, dan hanya bisa ditemukan jika kita berani mengebor bagian atas iPhone milik sendiri. Bahkan salah satu channel di YouTube membuat sebuah video tutorial untuk menemukan port jack in tersebut dengan cara mengebor bagian atas iPhone.

Tentu saja lagi-lagi ini adalah sebuah kebohongan dan hanya tipuan belaka. Memang banyak yang mengklaim bahwa info ini berasal dari pihak Apple, namun hal ini disanggah secara tegas oleh pihak Apple. Tapi, tetap saja ada segelintir orang yang dengan sok berani dan sok pintarnya berusaha membuktikan hal tersebut. Alhasil, iPhone mereka yang diuji coba malah jadi rusak.

4. iPhone 6 Punya Fitur Melengkung

Sejak pihak Apple merilis iPhone 6, banyak pengguna yang begitu penasaran ingin segera mencoba fitur "melengkung". Mereka percaya bahwa dengan fitur "melengkung" ini, iPhone mereka dapat melengkung hanya dengan menekan iPhone pada bagian tengah. Hebatnya lagi ketika ditaruh di dalam saku celana, iPhone akan melengkung mengikuti posisi paha penggunanya. Disebutkan juga bahwa fitur melengkung tersebut berfungsi untuk memberikan sudut pandang yang lebih luas pada kamera.

Jadi, benarkah melengkungnya iPhone 6 merupakan bagian dari fitur? Tentu saja tidak! Melengkungnya iPhone 6 tersebut merupakan masalah cacat produksi dan bukan sebuah fitur yang sengaja disematkan oleh pihak Apple pada iPhone 6.

5. Tampilan Retro iOS

Kebohongan atau berita HOAX tentang iPhone tidak berhenti sampai di situ. Pada awal tahun 2016 muncul berita yang mengatakan jika kamu bisa mendapatkan tampilan Retro iOS (tampilan klasik dari Mac OS) dengan mengganti tanggal perangkat kamu ke tanggal 1 Januari 1970. Benarkah itu?

Tentu saja tidak! Poster iklan di atas hanyalah kebohongan yang sekali lagi disebarkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk membuat smartphone kamu rusak dan hancur. Fakta mengatakan bahwa saat kamu mengganti tanggal perangkat iPhone ke tanggal 1 Januari 1970, maka perangkat iPhone kamu akan melakukan restart secara paksa. Tidak hanya itu, perangkat iPhone kamu juga tidak dapat melakukan boot sistem operasi alias hang!

Kenapa begitu? Ya, hal ini terjadi karena adanya bug pada pengaturan tanggal iOS yang hanya terjadi pada perangkat dengan chipset 64-bit yaitu iPhone 5s, iPad Air, iPad Mini, iPod Touch 2015 dan keluaran terbaru setelahnya. Masih belum ada informasi pasti tentang penyebab bug tersebut namun banyak dugaan bahwa 1 Januari 1970 merupakan tanggal pertama dalam pengaturan tanggal sistem operasi UNIX (basis iOS). Maka, jika mengganti ke tanggal tersebut, sama saja membuat patokan waktu pada perangkat iPhone kamu kembali menjadi 0, dan tidak dapat dibaca oleh sistem secara benar.

Itulah 5 berita HOAX mengenai iPhone. Mulai sekarang kamu harus lebih berhati-hati lagi dalam mempercayai suatu informasi. Pastikan informasi yang kamu terima berasal dari situs resmi yang memang memiliki kredibilitas tinggi. Bagikan pengalaman kamu di kolom komentar ya!

ARTIKEL TERKAIT

15 Foto ini Jadi Gagal Sempurna, Gara-Gara Photobomb

Dijual Mahal, Ternyata Biaya Pembuatan Google Pixel XL CUMA 3 Jutaan

Google Pixel vs iPhone 7 Plus: Siapa yang Paling Cepat?

10 Aplikasi Android Gratis Terbaik Oktober 2016

15 Aplikasi Unik Android yang Wajib Kamu Coba di Tahun 2018

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Lock Screen IOS 9 - iPhone 7 2.6
Apps AppPro IOS Studio
Air iPhone Emulator 01
Apps Genuitec
Package Disabler Pro (Samsung) 7.0
Apps policedeveloper
Framaroot 1.9.3
Apps alephzain
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal