J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Teknologi Kelewat Canggih di Zaman Purba Ini Hilang Bak Ditelan Bumi

5 Teknologi Kelewat Canggih di Zaman Purba Ini Hilang Bak Ditelan Bumi

Rabu, 27 Sep 2017, 17:30 WIB
penemuan-penemuan penting ini hilang adalah di antaranya karena mendapatkan penolakan hingga keberadaannya yang misterius dan sulit dipelajari. Lalu, apa saja teknologi canggih zaman purba yang kemudian hilang tanpa jejak?

Setiap harinya teknologi informasi kian berkembang dan selalu memunculkan penemuan-penemuan yang baru. Hal ini dikarenakan manusia yang selalu ingin kemudahaan dalam hal apa pun. Termasuk menciptakan teknologi yang canggih untuk memudahkan pekerjaan manusia di masa mendatang. Tapi, sebelum adanya teknologi canggih seperti sekarang, mereka selalu didahului pada teknologi sebelumnya yang diciptakan lebih awal.

Nah, berbicara teknologi di masa lalu, rupanya tak semuanya lantas bisa dikembangkan atau dipelajari di zaman modern seperti sekarang ini. Hal ini dikarenakan berbagai macam alasan yang membuat penemuan tersebut kemudian menghilang. Salah satu alasan mengapa penemuan-penemuan penting ini hilang adalah di antaranya karena mendapatkan penolakan hingga keberadaannya yang misterius dan sulit dipelajari.

Lalu, apa saja teknologi canggih zaman purba yang kemudian hilang tanpa jejak? Yuk, simak ulasan Jaka berikut ini! Berikut teknologi canggih masa purba.

BACA JUGA
  • Bukannya Cakep, 5 Aplikasi Edit Foto Gokil Ini Malah Bikin Muka Kamu Amburadul
  • 7 Aplikasi Edit Foto Jadi Anime Terbaik, Bisa Foto Sama Waifu!
  • Aplikasi Edit Foto Lucu Android Terbaik, Hasilnya Bikin Ngakak!

Teknologi Canggih Zaman Purba, Tapi Sekarang Hilang Tanpa Jejak!

1. Starlite Plastik Terkuat di Dunia

Teknologi canggih di jaman purba pertama ialah Starlite, yang merupakan sebuah teknologi plastik terkuat di dunia, pasalnya Starlite tahan terhadap panas dan tak mudah hancur. Starlite terbuat dari bahan yang dapat bertahan pada suhu 10.000 derajat celcius dan tidak akan hancur meski dengan kekuatan bom sekalipun.

Pada awalnya, NASA menginginkan penemuan ini. Tapi sayangnya, sang penemu Marice Ward enggan untuk menjual penemuannya sampai ia meninggal dunia.

2. Teknologi Kontruksi Piramida

Teknologi canggih di zaman purba kedua adalah teknologi kontruksi Piramida. Dilihat dari bentuknya, piramida adalah suatu mahakarya menakjubkan yang pernah diciptakan oleh orang pada zaman Mesir Kuno.

Pada era itu, ilmu geometri belum ada, lantas bagaimana mereka membuat sebuah kontruksi bangunan megah yang tak lekang oleh waktu? Bahkan, setelah ribuan tahun, piramida-piramida tersebut masih saja kokoh dan menyimpan banyak sekali benda-benda bersejarah dunia di dalamnya.

Sejarah piramida sampai sekarang masih terus diperbincangkan. Banyak ilmuwan yang mencoba menguak misteri piramida Mesir, baik dari cara pembangunannya sampai munculnya teori konspirasi adanya hubungan antara piramida dengan alien. Misteri piramida mesir sampai sekarang masih menjadi mitos.

3. Teknologi Pandai Besi Kuno di India dan Damaskus

Ada beberapa teknologi pembuatan sebuah batang besi paling hebat di India. Pada tahun 400-an Masehi, mereka sudah bisa membuat besi yang tahan karat. Mereka mencampurkan beberapa komponen ke dalam bijih besi, lalu mencetaknya menjadi sebuah tiang tinggi seberat 6 ton.

Ajaibnya, tiang ini tidak mengalami korosi meskipun berusia lebih dari 1.000 tahun. Para ilmuwan masih menyelidiki teknologi ini agar bisa diterapkan di dunia modern, meski saat ini kita sudah bisa membuat baja anti karat.

Ada lagi sekitar abad 12-18 di daerah Timur Tengah, terdapat sebuah pedang baja terhebat yang pernah dibuat. Pedang tersebut dinamakan sesuai dengan nama tempat pedang itu dibuat, yakni Damaskus. Kehebatan pedang Damaskus adalah karena ketajamannya yang sanggup membelah apa saja. Dan konon katanya ketajamannya melebihi katana milik para samurai Jepang.

Dan meski terbuat dari baja yang sangat kuat, pedang itu namun sangat ringan dan lentur sehingga mudah dibawa. Cara pembuatan pedang Damaskus sendiri tergolong rahasia dan hanya beberapa pandai besi saja yang mampu membuatnya. Akhirnya itulah yang menyebabkan punahnya teknologi pembuatan pedang ini. Dari penelitian modern diketahui pembuatan pedang Damaskus ini sudah menggunakan teknologi seperti nano teknologi pada zaman modern ini.

4. Stradivarius

Keluarga Stradivari merupakan seniman pembuat alat musik bersenar seperti biola dan lain sebagainya yang eksis sekitar tahun 1650-1750 di Italia. Teknik pembuatan alat musik milik Antonio Stradivari ini begitu dirahasiakan sehingga tidak ada seorang pun yang tahu proses pembuatannya sampai menghasilkan suara dengan kualitas sangat baik seperti alat musik modern saat ini.

Antonio Stradivari hanya mewariskan ilmu pembuatan instrumen tersebut kepada empat orang anaknya, dan saat ia meninggal dunia keempat anaknya meneruskan pembuatan instrumen berkualitas tinggi seperti mendiang sang ayah. Tapi, sayangnya keempat anaknya ini juga tidak mewariskan keahlian misterius tersebut sehingga pada saat keempat anaknya meninggal, tidak ada yang bisa membuat instrumen seperti Antonio Stradivari.

Pada saat hidup, Antonio Stradivari telah menghasilkan sekitar 1.000 instrumen dengan kualitas sangat baik. Tapi, yang tersisa saat ini hanyalah sekitar 650 insrtumen saja. Karena kualitasnya sangat baik dan hanya ada sedikit di seluruh dunia, tentunya membuat harganya pun sangat mahal dan bisa mencapai harga miliaran dolar.

5. Antikythera Mechanism

Pada 1900, beberapa penyelam berhasil menemukan sebuah benda yang diduga kuat merupakan sebuah komputer analog zaman purbakala di reruntuhan puing-puing bangunan kapal di daerah Antikythera, Kostarika. Alat yang ditemukan tersebut diberi nama Antikythera Mechanism.

Menurut peneliti, benda ini merupakan sebuah alat kuno yang dibuat untuk menghitung atau mengukur posisi astronomi. Tetapi, selama bertahun-tahun penelitian, para ahli masih belum bisa memecahkan rahasia dan cara kerja dari alat ini.

Tapi pada 2006, para ilmuwan yang mengamati benda ini menyatakan bahwa alat tersebut dibuat sekitar tahun 150-250 SM. Dan yang paling mengherankan, artefak kuno tersebut tidak ditemukan lagi beribu-ribu tahun kemudian dan hal ini masih menjadi misteri bagi para peneliti.

Nah, itu dia 5 teknologi canggih zaman purba yang kemudian hilang tanpa jejak dan tidak diketahui proses pembuatannya. Bagaimana menurutmu? Semoga artikal Jaka kali ini bermanfaat untuk menambah wawasan kamu ya!

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Edit Foto Anti Alay Banner

5 Aplikasi Edit Foto Anti Alay Bikin Muka Mulus Seperti Artis Korea

Foto Selfie Paling Dibenci Di Dunia

10 Foto Selfie Ini Sangat Dibenci di Dunia, Kenapa Ya?

Gambar Photoshop Gagal Orang India Banner

20+ Hasil Editan Photoshop Super Kacau Karya Orang India

Cara Membuat Kamera Smartphone Secanggih Mirrorless Banner

Cara Membuat Kamera Smartphone Secanggih Kamera Mirrorless

Aplikasi Edit Foto Fbccd

10 Aplikasi Edit Foto Terbaik & Terbaru 2020, Hasil Foto Bak Selebgram!

APPS TERKAIT
Capsa Royale Icon
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Mobile Legends Bang Bang Icon
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Teknologi Canggih Dan Mengagumkan Ini Mengubah Revolusi Dunia Manusia

7 Teknologi Canggih Dan Mengagumkan Ini Mengubah Revolusi Dunia Manusia

Susah Dapet Kerja! Inilah 5 Alasan Kenapa Anak Zaman Sekarang WAJIB Jago Teknologi

Susah Dapet Kerja! Inilah 5 Alasan Kenapa Anak Zaman Sekarang WAJIB Jago Teknologi

Manusia Bisa Jadi Superhero! Ini 12 Teknologi Canggih yang Telah Terwujud di Dunia Nyata

Manusia Bisa Jadi Superhero! Ini 12 Teknologi Canggih yang Telah Terwujud di Dunia Nyata

20 Ilustrasi Menyedihkan Tentang Kecanduan Manusia Terhadap Teknologi

20 Ilustrasi Menyedihkan Tentang Kecanduan Manusia Terhadap Teknologi

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal