J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Teknologi Super Canggih yang Ternyata Sudah Digunakan Oleh Orang Zaman Old

5 Teknologi Super Canggih yang Ternyata Sudah Digunakan Oleh Orang Zaman Old

Selasa, 14 Agt 2018, 11:00 WIB
Tahukah kamu ternyata banyak juga teknologi modern yang sebenarnya telah ada dan digunakan oleh orang-orang kuno di zaman dahulu? Berikut ini 5 teknologi canggih yang sudah digunakan orang-orang zaman kuno.

Saat ini berbagai teknologi telah berhasil dilahirkan untuk memudahkan kehidupan masyarakat sehari-hari. Mulai dari teknologi dalam bidang transportasi, komunikasi, internet hingga medis telah diluncurkan dan sukses membuat aktivitas atau kehidupan manusia lebih mudah dan lebih baik. Namun tak selalu positif, kadang kemajuan teknologi tersebut juga dimanfaatkan untuk hal buruk oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Tanpa adanya teknologi tersebut maka kehidupan manusia akan kembali ke zaman primitif, di mana semua serba terbatas dan tentunya tidak akan ada alat-alat modern seperti yang saat ini kita gunakan. Oleh karena itu, kita patut berterima kasih kepada mereka yang berhasil menciptakan dan mengembangkan berbagai teknologi yang akhirnya memudahkan segala aktivitas sehari-hari.

Namun tahukah kamu ternyata banyak juga teknologi modern yang sebenarnya telah ada dan digunakan oleh orang-orang kuno di zaman dahulu? Meskipun teknologi yang mereka miliki tak secanggih saat ini, nyatanya hal tersebut mempengaruhi berbagai teknologi yang saat ini digunakan. Seperti yang dikutip dari Top Tenz, berikut ini 5 teknologi canggih yang sudah digunakan orang-orang zaman kuno.

BACA JUGA
  • 7 Teknologi Canggih yang Bikin Bermain Game Jadi Lebih Menyenangkan
  • Bioskop dan 10 Teknologi Ini akan PUNAH 20 Tahun Mendatang
  • 10 Teknologi Berbahaya yang Mengancam Punahnya Manusia di Masa Depan

5 5 Teknologi Super Canggih yang Ternyata Sudah Digunakan Oleh Orang Zaman Old

1. Baghdad Battery

Bagdadska Baterija Picsay 582f7
Sumber foto: strogopovjerljivo.com

Baghdad Battery atau baterai orang Baghdad ini ditemukan di reruntuhan wilayah Irak Kuno, penemuan tersebut berupa bejana keramik dengan tabung tembaga dan batang besi. Menurut para ahli independen seperti Mythbusters, temuan tersebut telah membuktikan bahwa dengan solusi elektrolitik, benda tersebut merupakan baterai yang digunakan pada masa lalu. Sayangnya saat baterai Baghdad tersebut ditemukan, kondisinya tak lagi utuh karena ada beberapa bagian yang hilang.

2. Balon Udara

Sky Lantern 640x427 Picsay 76e10
Sumber foto: toptenz.net

Sejak ribuan tahun silam, masyarakat China telah menggunakan balon udara untuk berbagai hal, salah satunya adalah dengan mengirim pesan kepada seseorang atau tempat tertentu. Dengan mengirimkan balon udara api ke langit, maka akan menandakan kepada orang lain bahwa ada seseorang atau kelompok di wilayah tertentu yang memerlukan bantuan atau dipahami sebagai komando militer. Kini teknologi balok udara api semakin canggih bahkan bisa digunakan alat transportasi menuju ke tempat tertentu.

3. Lemari Es (Freezer)

Nagutvoeeiwb8xetuswp Picsay Ce974
Sumber foto: Peter-Andrew Schwarz/University of Basel

Lemari es dianggap sebagai salah satu penemuan paling modern, namun tahukah kamu bahwa teknologi serupa telah dilakukan oleh orang Romawi kuno untuk mengawetkan serta menjaga makanan mereka dari kerusakan? Jika saat ini lemari es menggunakan aliran listrik untuk menggunakannya, pada zaman dahulu mereka biasanya menggunakan teknologi pengawet makanan tersebut dengan bantuan batu bara.

Orang Romawi sudah membuat teknologi freezer tersebut semenjak ribuan tahun silam. Mereka membuat freezer tersebut di bawah tanah dengan dilengkapi salju dari pegunungan, kemudian mereka melapisi salju tersebut dengan lapisan kotoran agar salju tidak mudah mencair. Kemudian di ruang bawah tanah tersebut memiliki cuaca yang sangat dingin layaknya lemari es, sehingga hal tersebut digunakan untuk menyimpan dan mengawetkan berbagai makanan.

4. GPS

Sextant 640x427 Picsay 9480b
Sumber foto: toptenz.net

Sebelum secanggih sekarang, teknologi GPS ini juga pernah digunakan oleh orang-orang zaman dulu lho. Mereka memiliki perangkat yang sangat canggih untuk navigasi lingkungan di sekitar, bahkan para peneliti mengklaim bahwa alat navigasi tersebut jauh lebih baik dibandingkan dengan teknologi GPS yang saat ini kita gunakan. Tanpa satelit sebagai penentuan posisi global, mereka memanfaatkan posisi bintang-bintang untuk menentukan posisi.

Dan salah satu perangkat GPS kuno yang paling canggih adalah, Sextant yang diciptakan oleh John Hadley. Banyak yang menganggap bahwa penemuan Sextant tersebut dipengaruhi oleh tulisan-tulisan masa lalu dari Isaac Newton, yang kala itu meninggal saat penemuan ini. Perangkat bernama Sextant ini membantu mengukur sudut 1 cakrawala dan bintang-bintang, yang berarti seseorang dengan pengetahuan astronomi yang tepat dapat menggunakan ini untuk menavigasi dengan sangat efektif.

5. Karbon Kevlar

Linothorax 640x428 Picsay 362fc
Sumber foto: toptenz.net

Karbon Kevlar diciptakan oleh Stephanie Kwolek pada 1965 yang kini sudah dipatenkan sebagi merek dagang DuPont. Karbon super kuat ini biasanya digunakan sebagai rompi anti peluru dan juga kerap digunakan sebagai part atu body kendaraan. Hal tersebut karena bahannya yang ringan dan sangat kuat, namun sebenarnya teknologi ini telah digunakan oleh orang zaman kuno yang muncul dalam banyak literatur. Hal tersebut digunakan oleh orang-orang zaman kuno sebagai rompi pelindung badan.

Sedangkan orang Yunani Kuno telah memanfaatkannya, sebagai perlindungan terhadap anak panah saat bertempur. Bahkan para sejarawan di Universitas Wisconsin Green Bay telah mencoba untuk meniru jenis pakaian kain khusus yang dikenakan oleh Alexander Agung dan anak buahnya, yang disebut linothorax. Pakaian tersebut dibuat dengan mengompresi banyak lapisan kain seperti Kevlar yang memiliki ketahanan atau kekuatan luar biasa.

Itulah 5 teknologi canggih yang sudah digunakan oleh orang-orang zaman kuno. Meskipun tak secanggih seperti yang kita miliki saat ini, namun setidaknya teknologi dari mereka telah mempengaruhi kemajuan teknologi yang akhirnya dapat kita gunakan saat ini.

ARTIKEL TERKAIT
Apple 8f648

7 Perusahaan Teknologi Terbesar dan Paling Berpengaruh di Dunia

Google Play Store 1532559670945 7c7bb

5 Aplikasi Android Ini Sebaiknya Jangan Pernah Diinstal Ke Smartphone

7 Pekerjaan Yang Bisa Kamu Kerjaan Hanya Menggunakan Smartphone 86b2a

Auto Tajir! Ini 7 Pekerjaan yang Bisa Kamu Kerjakan Hanya Menggunakan Smartphone

03dc40fa77d3b699e28290c6354bdaa8

Ngga Perlu Colokan, Kamu Bisa Charge HP Hanya dengan Menekukkan Jari!

APPS TERKAIT
Stop Motion Studio Af02d
Stop Motion Studio 4.4.0.6230
Apps
Gif Me Camera Gif Maker 31eb1
Gif Me! Camera - GIF Maker 1.74
Apps
Lucky Patcher Cheat Game Android Icon
Lucky Patcher 8.7.4
Apps Lucky Patcher
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
10 Teknologi Canggih Misterius yang Sudah Ada Sejak Zaman Purba. Ada UFO?

10 Teknologi Canggih Misterius yang Sudah Ada Sejak Zaman Purba. Ada UFO?

5 Teknologi Canggih Ini Sudah Ada dari Zaman Purba

5 Teknologi Canggih Ini Sudah Ada dari Zaman Purba

Generasi Tik Tok Gak akan Paham dengan 11 Hal Ini!

Generasi Tik Tok Gak akan Paham dengan 11 Hal Ini!

Terungkap! 10 Asal Usul Sebenarnya Nama Teknologi Populer

Terungkap! 10 Asal Usul Sebenarnya Nama Teknologi Populer

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal