• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Lapangan Kerja Makin Sempit! 5 Teknologi Ini Sudah Pasti Bisa Menggantikan Pekerjaan Manusia

Lapangan Kerja Makin Sempit! 5 Teknologi Ini Sudah Pasti Bisa Menggantikan Pekerjaan Manusia

Sabtu, 28 Apr 2018, 19:00 WIB
Nah, percaya atau tidak, banyak pengamat dan ahli statistik percaya bahwa dalam beberapa tahun ke depan beberapa teknologi yang siap menggantikan pekerjaan manusia akan muncul. Tentu saja hal ini akan membuat lapangan pekerjaan semakin sempit. Jadi apa saja kelima teknologi tersebut? Yuk, baca artikel ini sampai selesa

Teknologi yang kian maju tidak hanya menimbulkan dampak yang baik pada kehidupan, namun juga sebaliknya. Teknologi di masa depan dianggap sebuah ancaman bagi sebagian orang, misalnya teknologi robot yang saat ini sudah mulai menggantikan peran teknis di berbagai sektor bisnis. Dengan memanfaatkan teknologi robot, maka perusahaan dapat mengurangi pengeluaran biaya untuk tenaga kerja.

Nah, percaya atau tidak, banyak pengamat dan ahli statistik percaya bahwa dalam beberapa tahun ke depan beberapa teknologi yang siap menggantikan pekerjaan manusia akan muncul. Tentu saja hal ini akan membuat lapangan pekerjaan semakin sempit. Jadi apa saja kelima teknologi tersebut? Yuk, baca artikel ini sampai selesai ya.

BACA JUGA
  • 5 Bahaya Menggunakan Jasa Joki Mobile Legends, Makanya Jujur Aja!
  • 4 Hero Mobile Legends yang Membuat Musuh Tidak Bisa Kabur Saat Sekarat
  • 5 Tips Penting Agar Kamu Chicken Dinner di PUBG!

Lapangan Kerja Makin Sempit! 5 Teknologi Ini Sudah Pasti Bisa Menggantikan Pekerjaan Manusia

1. Chatbot

Chatbot B6322
Saat ini perusahaan sudah mulai mengembangkan Chatbot untuk berbagai macam keperluan, yang paling utama sih untuk memberikan pelayanan kepada pengguna sekaligus mengurangi biaya tenaga kerja bagian pelayanan konsumen. Teknologi ini sebenarnya bukan barang baru karena Chatbot merupakan hasil inovasi dari pengembangan teknologi AI atau yang dikenal sebagai kecerdasan buatan.

AI sendiri mulai diciptakan pada tahun 1960-an. Nah, di balik chatbot sendiri terdapat teknologi yang rumit, seperti AI, Machine Learning, Deep Learning, NLP (Natural Languange Processing), yang dikombinasikan dengan teknologi Data Mining untuk membuatnya terus belajar dan menjadi semakin pintar dan dapat menganalisis berbagai situasi. Jika sekarang kita masih menjumpai Chatbot yang baru bisa menjawab pertanyaan manusia dalam bentuk tulisan, maka dalam beberapa tahun kedepan Chatbot akan dapat berbicara seperti layaknya manusia.

2. Robot Bedah

Robot Bedah 5d15a
Bedah dengan menggunakan teknik robot sebenarnya sudah lama berkembang sejak tahun 1980-an. Bahkan di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, penggunaan robot untuk bedah operasi sudah rutin dilakukan.

Melakukan bedah operasi menggunakan robot memiliki banyak keuntungan, selain mengurangi risiko kegagalan, penggunaan robot juga akan menghemat biaya operasional dan proses pembedahan bisa dilakukan dari jarak jauh. Di masa depan robot akan menggantikan peran tenaga medis dalam hal pengobatan dan perawatan.

3. Robot Warehousing

Robot Warehousing Amazon 03503
Robot Warehousing adalah robot yang dibuat untuk kebutuhan fungsional di dalam gudang-gudang. Biasanya robot itu digunakan untuk mengangkut dan memindahkan barang secara otomatis, sehingga dalam hal ini perusahaan bisa menghemat anggaran biaya untuk tenaga kerja.

Saat ini robot warehousing sudah mulai dikembangkan oleh perusahaan e-commerce dalam melayani proses pembelian, mulai dari pengambilan barang sampai pengiriman barang dan keperluan tertentu. Perusahaan e-commerce yang telah memanfaatkan robot Warehousing adalah Amazon yang saat ini mengelola lebih dari 80 robot yang ditempatkan pada pusat distribusi barang.

4. Drone

Drone Untuk Pertanian E0278
Drone ramai diperbincangan saat Amerika Serikat mulai memanfaatkannya untuk kepentingan militer. Saat ini teknologi pesawat tanpa awak sudah mulai diperhitungkan dan berpotensi dapat menggantikan pekerjaan manusia.

Dalam beberapa tahun ke depan kita akan melihat Drone mulai dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan bisnis, misalnya untuk pengiriman dan penjemputan barang pengganti kurir, alat semprot pertanian dan perkebunan, alat survei lokasi pembangunan dan infrastruktur, pencarian korban bencana alam, dan lain sebagainya.

5. Robot untuk Kepentingan Analisis

Robot Analisis 0e46e
Robot untuk kepentingan analisis dalam beberapa tahun ke depan juga akan mulai dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan untuk mengeksploitasi dan menganalisis jumlah data yang besar (Big Data) untuk berbagai keperluan, seperti mengamati perilaku konsumen, iklan, menentukan harga pasar, trading pasar saham, diagnosis gejala penyakit, dan lain sebagainya. Robot untuk Kepentingan Analisis dapat mengurangi biaya operasional karyawan dan memecahkan masalah dengan sangat cepat untuk membantu manusia dalam pengambilan keputusan.

Itulah 5 teknologi yang dipercaya dapat menggantikan pekerjaan manusia di masa depan. Duh, kalau teknologi-teknologi tersebut muncul di Indonesia, otomatis lapangan pekerjaan juga akan semakin sempit. Menurut kalian sendiri gimana nih, guys? Jangan lupa tulis pendapat kalian di kolom komentar di bawah ya.

ARTIKEL TERKAIT
Untitled 1 373b9

5 Hero Lifesteal Terbaik di Mobile Legends

B36a055d96072f534c222517ffbdc8e3 A8f7d

5 Hero Paling Menyebalkan di Late Game Mobile Legends

Terbukti Inilah 6 Cara Untuk Mempercepat Waktu Charger Smartphone 11bec

6 Cara Untuk Mempercepat Waktu Charger Smartphone

Street View Trekker Jalan Tikus 3 32720

Terungkap! Begini cara Google Street View Merekam Jalanan Sempit

Cara Main Pubg Mobile Di Pc Banner 1d508

Cara Main PUBG Mobile di PC/Laptop Tanpa Lag (Nox Player)

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Mobile Legends Bang Bang Icon
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
Vainglory Icon
Vainglory 2.0.2 (46378)
Games Super Evil Megacorp
Mobile Arena Icon
Garena AOV - Arena of Valor: Action MOBA 1.33.1.7
Games Garena
Logid Icon
League Of Legends Indonesia Full Client 20150909
Games Garena
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal