5 Tanda Smartphone Kena Virus, Cek Sekarang!

25 August 2017

Dari tahun ke tahun, ancaman virus di smartphone Android terus meningkat. Bahkan beberapa waktu yang lalu, ancaman ransomware WannaCry sempat mengancam pengguna Android. Ngeri, kan?

Menyadari bahaya yang bisa ditimbulkan oleh virus, kamu harus mulai waspada. Pastikan bahwa smartphone Android kamu bebas virus agar kamu bisa menggunakannya dengan aman. Berikut JalanTikus akan berikan tanda-tanda smartphone kena virus.

Tanda Smartphone Kena Virus

Begitu terserang virus, smartphone akan mulai menampilkan gejala-gejala aneh. Jika mulai mengalami gejala-gejala berikut, bisa jadi smartphone Android kamu telah terkena virus.

1. Daya Tahan Baterai Melemah

Sifat jahat virus baik di komputer atau Android adalah selalu aktif di background. Di Android, virus akan aktif menampilkan iklan, memanipulasi data, hingga menjalankan program tidak penting yang akan membuat baterai semakin cepat habis.

tanda-android-kena-virus

Jika baru beli smartphone tapi daya tahan baterainya terasa buruk dan cepat habis, bisa jadi smartphone kamu kena virus. Tapi jika smartphone kamu sudah lama digunakan, mungkin baterai smartphone kamu rusak dan minta ganti.

2. Kualitas Panggilan Terganggu

tanda-android-kena-virus-2

Pernah gak kamu telponan sama orang tapi suaranya gak jelas walau sinyalnya kuat? Jika hal ini selalu terjadi, kuat kemungkinan smartphone kamu terinfeksi virus. Karena virus bisa mencuri data dari percakapan telepon, sehingga mereka akan mengganggu kualitas panggilan kamu.

3. Tagihan Telepon atau Pulsa Membengkak

Tanda smartphone kena virus berikutnya ialah tagihan telepon atau pulsa yang membengkak. Ada banyak virus di smartphone yang bertugas mengirimkan data berupa SMS atau melakukan pembayaran sendiri. Tujuan jelas untuk menguntungkan pengembang virus.

tanda-android-kena-virus-3

Dalam beberapa kasus, virus hanya mengirimkan beberapa SMS dalam sebulan agar tidak dicurigai. Tapi ada juga virus yang melakukan pembayaran besar-besaran lewat SMS sehingga membuat tagihan dan pengeluaran pulsa membengkak. Nyebelin kan? Lebih nyebelin lagi karena setelah membuat tagihan besar, virus itu akan menghapus dirinya sendiri!

4. Lalu Lintas Data Internet Meningkat

Tanda adanya virus di smartphone bisa dicek lewat tinggi atau rendahnya lalu lintas data di smartphone. Selain aktif mengirimkan data dari korban, virus juga rajin melakukan download dan update untuk menjaga dirinya tetap hidup di smartphone.

tanda-android-kena-virus-4

Makanya, jangan malas untuk memantau penggunaan data kamu. Sebagai awal, coba aktifkan fitur Data Usage untuk mengatur dan memantau batasan data di smartphone kamu.

5. Performa Tidak Maksimal

tanda-android-kena-virus-5

Punya smartphone dengan RAM 4GB dan baterai 5.000 mAh tapi sering lag dan tiba-tiba restart sendiri? Fix, smartphone kamu kena virus. Adanya virus di smartphone akan membuat konsumsi sumber daya smartphone kamu jadi boros, dampaknya performa smartphone kamu tidak maksimal jika dibandingkan dengan spesifikasi yang dibawa.

Cara Menghapus Virus di Smartphone Android Tanpa Antivirus
Gak Pake Ribet!
Cara Menghapus Virus di Smartphone Android Tanpa Antivirus
Baca

Itu dia 5 tanda smartphone kena virus. Jika smartphone kamu ternyata sudah terjangkit virus, gak usah panik. Kamu bisa menghapus virus di smartphone dengan mudah jika mengikuti artikel Cara Menghapus Virus Tanpa Anti Virus.

Selalu waspada ya!

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar