J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Tahap Perkembangan Smartphone di Indonesia dari Masa ke Masa, Punya yang Mana Aja?

7 Tahap Perkembangan Smartphone di Indonesia dari Masa ke Masa, Punya yang Mana Aja?

Selasa, 5 Des 2017, 11:00 WIB
Nah, kali ini Jaka akan membahas mengenai 7 tahap perkembangan smartphone di Indonesia dari masa ke masa. Penasaran? Simak selengkapnya yuk!

Smartphone merupakan ponsel cerdas yang memiliki fungsi canggih dan hampir menyamai dengan kecanggihan dari seperangkat komputer. Pada saat ini perkembangan smartphone di Indonesia sudah sangat pesat.

Pasar smartphone di Indonesia saat ini dikuasai oleh smartphone bersistem operasi Android serta iOS milik iPhone. Tapi, kamu tahu nggak gimana perjalanan smartphone dari awal muncul hingga smartphone Android dan iPhone berjaya saat ini? Nah, kali ini Jaka akan membahas mengenai 7 tahap perkembangan smartphone di Indonesia dari masa ke masa. Penasaran? Simak selengkapnya yuk!

BACA JUGA
  • Cara Mudah Uninstall Software Windows Tanpa Sisa Sama Sekali
  • Cara Uninstall Banyak Aplikasi Bawaan 'Bloatware' Android Sekaligus
  • Daftar Lengkap BLOATWARE Asus Zenfone yang WAJIB DIHAPUS Setelah Root

7 Tahap Perkembangan Smartphone di Indonesia dari Masa ke Masa, Punya yang Mana Aja?

1. Nokia Komunikator

1c9ca623ef1be44c4c56ba75e110844c
Smartphone pertama yang ada di Indonesia adalah jenis komunikator yang diproduksi oleh Nokia. Kebanyakan Nokia komunikator ini digunakan oleh para eksekutif. **Nokia Komunikator ini mulai digunakan pada awal tahun 2000-an.

2. PDA Phone

1e61962634fb00666d61ac41be685d49
Memang jarang ada orang Indonesia yang memiliki smartphone PDA Phone ini. Namun, pada sekitar tahun 2005, PDA Phone Sering digunakan oleh para eksekutif yang selalu sibuk dengan pekerjaannya. PDA Phone ini memiliki sistem operasi Windows Phone.

3. Nokia Symbian

1d125306ec6f151142ef193602f39104
Nokia Symbian merupakan smartphone yang sangat terkenal di zamannya. Namun hanya sedikit orang yang mengetahui bahwa Nokia Symbian ini merupakan smartphone. Banyak sekali model dari Nokia Symbian ini, seperti Nokia 3650, 6600, N-Gage, N70, dan lainnya. Nokia Symbian banyak memiliki fitur, seperti multitasking, bermain game, internet, musik player, perekam video, bahkan mengedit file Microsoft Word. Nokia Symbian ini mulai terkenal sekitar tahun 2005 hingga awal 2010-an.

4. Blackberry

Af781d0818e78abe6d17622fb4f8d6bb
Smartphone yang terkenal dengan aplikasi chatting BlackBerry Messenger atau BBM-nya ini mulai terkenal pada tahun 2009-an. Kepopuleran BlackBerry menggeser Nokia Symbian yang banyak digunakan waktu itu. Fitur-Fitur dan aplikasi dari BlackBerry yang beragam serta paket internet yang terjangkau menjadikan BlackBerry banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Masa kejayaan BlackBerry jatuh sekitar tahun 2013.

5. iPhone

E6c61458bacec2c51bc7b1103c50c7ee
Pada awal kemunculannya, iPhone dirasa sangat eksklusif karena harganya yang sangat mahal. Hingga saat ini pun iPhone dianggap smartphone premium. Meskipun dianggap premium, iPhone saat ini banyak pemakainya. Bahkan kehadiran produk baru iPhone selalu dinanti dan diburu oleh masyarakat Indonesia, meskipun harganya sangat mahal.

6. Android

01c65050c9f3de65135f2bd41520abd4
Sebelum merajai pasar smartphone di Indonesia saat ini, awal kemunculan Android di Indonesia dianggap tidak bisa menyamai kepopuleran BlackBerry pada masa itu. Meskipun belum bisa menyamai kepepuleran BlackBerry, pada masa itu Android **memiliki peminat tersendiri* karena layarnya yang cukup besar dan menggunakan touchscreen.

Semakin berkembangnya Android dan banyaknya merek serta aplikasi yang dapat diinstal, membuat Android semakin populer mengalahkan BlackBerry. Terlebih lagi pada tahun 2013 setelah aplikasi chatting yang hanya dimiliki BlackBerry dapat digunakan di Android, banyak pengguna BlacBerry yang beralih menggunakan Android.

7. Lumia (Windows Mobile)

5de85b172b993a589af1ecc07c4e7ea3
Setelah Nokia tumbang dengan Symbian-nya, Nokia bekerja sama dengan Microsoft untuk kembali memproduksi smartphone bersistem operasi Windows Mobile dan diberi nama Nokia Lumia. Sekitar tahun 2015, Nokia Lumia mulai masuk di pasar Indonesia. Meskipun tidak begitu laku di pasar Indonesia, peminat Nokia Lumia tidaklah sedikit. Namun pada akhirnya, Nokia Lumia bersama dengan Windows Phone tidak dapat bertahan lama di pasaran.

Itulah beberapa tahap perkembangan smartphone di Indonesia dari masa ke masa. Sudah begitu lama ya perjalanan smartphone di Indonesia. Smartphone apa saja yang pernah kamu punya? Silakan bagikan pengalaman kamu di kolom komentar di bawah ini ya!

ARTIKEL TERKAIT
Cara Menghapus Banyak Cache Android Sekaligus 1ba23

Solusi Memori Android Penuh Padahal Tidak Install Banyak Aplikasi

Cara Uninstall Bloatware Sekaligus Banner

Cara Uninstall Banyak Aplikasi Bawaan 'Bloatware' Android Sekaligus

Aplikasi Ringan Pengganti Aplikasi Bawaan Bloatware Android 94dc8

Kumpulan Aplikasi Ringan untuk Gantikan Aplikasi Bawaan

Daftar Bloatware Asus Zenfone Banner

Daftar Lengkap BLOATWARE Asus Zenfone yang WAJIB DIHAPUS Setelah Root

Cara Menghilangkan Bloatware Asus Zenfone 2 Tanpa Root Banner

Cara Menghilangkan BLOATWARE Asus Zenfone 2 Tanpa Root

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Prebuiltgms Core
Google Play Services 14.3.62
Apps Google Inc.
System App Remover Icon Icon
System App Remover 3.5.1012
Apps Jumobile
Clean Master Icon
Clean Master (Boost & AppLock)
Apps Cheetah Mobile Inc
Uc
UC Browser for Android 13.0.0.1288
Apps UCWeb Inc.
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal