J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Sony Xperia XZs Harga dan Spesifikasi | Masih Mumpuni di 2020?

Sony Xperia XZs Harga dan Spesifikasi | Masih Mumpuni di 2020?

Sabtu, 25 Jul 2020, 21:00 WIB
Sony XZs mengunggulkan fitur super slo-mo yang mampu menangkap gambar 960 fps. Dengan harga premium, apakah HP ini masih worth to buy di tahun 2020?

Sony XZs diperkenalkan di acara Mobile World Congress (WMC) pada awal Maret 2017 bersama dengan Xperia XZ Premium. Xperia XZs menjadi suksesor dari seri sebelumnya yang telah rilis pada 2016, yaitu Xperia XZ.

Sebenarnya, Sony telah menarik diri dari bisnis smartphone di Indonesia, namun produk-produknya masih banyak beredar di pasaran karena diakomodasi oleh para distributor dan penjual individu.

Tetapi, sayangnya Sony tidak lagi memberi dukungan teknis seperti garansi dan perbaikan.

Meskipun Xperia XZ Premium menjadi seri tertinggi di acara WMC 2017, namun Xperia XZs berhasil menarik perhatian publik. Smartphone premium ini mengedepankan kamera dengan resolusi tinggi serta fitur-fitur fotografi canggih.

Kamu penasaran dengan fitur-fitur canggih apalagi yang dimiliki oleh Sony Xperia XZs? Berikut Jaka berikan pejelasannya untuk kamu.

Harga, Fitur, & Spesifikasi Sony Xperia XZs

Sony Xperia Xzs Harga Spesifikasi 84f47

Sony disebut-sebut hanya memberikan peningkatan kecil pada Xperia XZs dibanding Xperia XZ. Memiliki kesamaan desain dan spesifikasi, salah satu perbedaan yang paling mendasar adalah Xperia XZs telah dilengkapi dengan fitur super slow motion.

Untuk mengetahui lebih detail mengenai fitur-fitur yang diusung oleh HP ini, berikut adalah pembahasan mengenai fitur andalan Xperia XZs.

Fitur Andalan Sony Xperia XZs

Fitur super slo-mo yang dimiliki oleh HP upper-mid range ini terhitung canggih di kelasnya. Xperia XZs didukung oleh lensa yang mampu menangkap 960 frame per second, jauh lebih lambat dibanding fitur slo-mo yang dimiliki oleh HP-HP lain.

Oleh karena itu, kamera pastinya menjadi fitur yang diandalkan dari Xperia XZs. Tapi, HP ini juga memiliki beberapa fitur andalan lain selain kamera, lho, geng.

Desain dan Layar

Sony Xperia Xzs Desain Dan Layar 69fc0

HP-HP keluaran Sony tidak mengalami banyak perubahan dalam segi desain dari tahun ke tahun. Sama seperti yang lain, Xperia XZs hadir dalam desain kotak yang sederhana, dengan tepi yang melengkung.

Memiliki dimensi sebesar 146 mm x 72 mm x 8,1 mm dan berat 161 gram, HP ini nyaman digenggam dan tombol-tombolnya mudah dijangkau dengan jari.

Dengan tiga pilihan warna-warna netral yang tersedia, yaitu Black, Warm Silver, dan Ice Blue, serta material aluminium alloy di sekeliling bodinya, HP ini memiliki kesan mewah dan elegan.

Seperti smartphone Sony kelas premium lainnya, Xperia XZs telah dilengkapi sertifikat IP68 yang berarti HP ini tahan terhadap debu dan kedalaman air hingga 1,5 meter selama 30 menit.

Sementara di bagian depan, Xperia XZs dibekali dengan layar IPS selebar 5,2 inci dan kombinasi layar Triluminos Display dan X-Reality Engine yang mampu menghasilkan kualitas visual yang tajam dan detail.

Resolusinya full HD sebesar 1080 x 1920 pixel dengan rasio 16:9, dan dilapisi kaca pelindung Gorilla Glass 5.

Performa

Snapdragon 820 SoC 81cf4

Sony menanamkan dapur pacu Quad-core Kryo yang mampu berjalan dengan kecepatan 2x2.15 GHz & 2x1.6 GHz untuk Xperia XZs. Chipset-nya menggunakan Qualcomm Snapdragon 820 dengan fabrikasi 14 nm.

Selain itu, Xperia XZs dibekali dengan RAM 4 GB, teknologi GPU Adreno 530 dan sistem operasi Android 7.1 (Nougat) yang dapat di-upgrade menjadi Android 8.0 (Oreo).

Spesifikasi tersebut memberikan performa lancar pada HP ini untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti media sosial, streaming video, maupun bermain game dengan kualitas visual HD.

Berkat dapur pacu yang dimilikinya, Sony XZs mampu meraih skor AnTuTu sebesar 129.193.

Kamera

Sony Xperia Xzs Kamera 6d1ac

Seperti yang telah Jaka sebutkan di atas, salah satu keunggulan dari Xperia XZs adalah kualitas kameranya, khususnya untuk pengambilan mode super slo-mo.

HP ini dilengkapi satu kamera di bagian belakang dengan resolusi 19MP (wide) bukaan f/2.0. Kamera ini juga telah didukung fitur predictive PDAF dan Laser AF yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan hasil foto yang fokus secara cepat.

Untuk penggunaan fitur super slo-mo, Jaka sarankan kamu melakukannya di bawah cahaya sinar yang cukup karena proses penangkapan gambarnya sangat cepat, dengan shutter speed sebesar 1.920.

Sementara itu, kamera depannya dilengkapi dengan lensa wide beresolusi 13MP dan bukaan f/2.0, membuat HP ini memiliki kualitas mumpuni untuk pengambilan foto selfie.

Sementara itu, kualitas video yang mampu dihasilkan oleh kamera HP ini adalah 4K@30fps, 1080p@30fps, dan 720p@960fps untuk kamera belakang, serta 1080p@30fps untuk kamera depan.

Baterai

Sony Xperia Xzs Baterai Dea82

Sony Xperia XZs dibekali dengan baterai non-removable Li-Ion berkapasitas 2.900 mAh.

Meskipun bukan tergolong HP dengan kapasitas baterai besar, namun Xperia XZs telah dilengkapi dengan fitur fast charging sebesar 18W dan Quick Charge 3.0. Pengisian daya baterai HP ini membutuhkan waktu 2 jam untuk penuh.

HP ini mampu bertahan selama seharian dengan pemakaian normal. Namun, jika digunakan untuk ativitas berat seperti bermain game, menonton film, dan banyak perekaman video super slo-mo, maka baterai HP ini butuh diisi daya ketika malam hari.

Sebagai gambaran, kapasitas baterai Xperia XZs berkurang sebanyak 18 persen setelah digunakan untuk menonton video dengan resolusi 1080p selama 90 menit.

Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia XZs

Sony Xperia XZs Kelebihan Kekurangan C4056

Setelah kamu mengetahui fitur-fitur andalan yang diusung oleh Sony XZs, kali ini Jaka akan menyebutkan poin-poin mengenai kelebihan maupun kekurangan dari HP ini sebagai bahan penilaian.

Kelebihan Sony XZs

Selain kualitas kamera yang mumpuni bagi penggemar fotografi, berikut adalah poin-poin yang menjadi keunggulan Sony XZs berdasarkan fitur-fitur yang telah Jaka jelaskan di atas.

  1. Desain Solid dan Ergonomis: Meskipun desainnya terkesan kaku karena berbentuk kotak, namun lekukan di bagian-bagian tepi membuat HP ini nyaman dipegang dan material aluminiumnya menambah kesan solid.

  2. Layar yang Tajam dan Jernih: Dilengkapi dengan layar beresolusi full HD (1080 x 1920 pixels) serta fitur Triluminos Display dan X-Reality Engine, Xperia XZs mampu menghasilkan visual yang tajam dan jernih.

  3. Performa yang Lancar: Kolaborasi chipset Snapdragon 820 dan RAM 4GB mampu mendukung aktivitas bermain game dan aktivitas-aktivitas standar lain secara lancar.

  4. Fitur Super Slo-Mo yang Canggih: Mampu mengambil 960 frame setiap detiknya, kemampuan ini jauh lebih canggih dibanding fitur slow motion biasa yang hanya mencapai 120 fps.

Kekurangan Sony Xperia XZs

Selain memiliki beberapa fitur yang menjadi kelebihannya, Sony XZs juga memiliki beberapa kekurangan sebagai berikut.

  1. Kapasitas Baterai Kecil: Kapasitas baterai sebesar 2.900 mAh dirasa kurang untuk mengimbangi fitur super slo-mo yang membutuhkan daya baterai tinggi sehingga menyebabkan kapasitas baterainya cepat menurun serta HP terasa panas.

  2. Tidak Mengalami Banyak Peningkatan: Dengan pembaruan yang sangat sedikit dari seri pendahulunya namun tentunya dengan harga lebih mahal, Sony Xperia XZs terasa seperti kurang inovasi selain dari fitur super slo-mo.

  3. Single Camera yang Ketinggalan Zaman: Meskipun kamera HP Sony nggak perlu diragukan lagi kualitasnya, namun penggunaan satu lensa di HP ini sangat disayangkan.

Spesifikasi Sony Xperia XZs

Untuk Sony XZs spesifikasi yang belum Jaka sebutkan di atas, bisa kamu cek secara lebih lengkap melalui tabel di bawah ini, geng.

Detail Sony Xperia XZs Spesifikasi
OS Android 7.1 (Nougat), upgradable to Android 8.0 (Oreo)
Dimensions 146 x 72 x 8.1 mm

Bobot: 161 gr
Display 5.2 inches IPS LCD capacitive touchscreen (1080 x 1920 pixels)
Processor Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820 (14 nm)

Quad-core (2x2.15 GHz Kryo & 2x1.6 GHz Kryo)
GPU Adreno 530
Memory 32GB 4GB RAM

64GB 4GB RAM
Main Camera 19 MP, f/2.0, 25mm (wide), predictive PDAF, Laser AF

Video 4K@30fps, 1080p@30fps (gyro-EIS), 720p@960fps, HDR
Front Camera 13 MP, f/2.0, 22mm (wide)

Video 1080p@30fps
Battery Non-removable Li-Ion 2900 mAh

Fast charging 18W

Quick Charge 3.0

Harga Sony Xperia XZs

Setelah mengetahui fitur dan spesifikasinya secara lengkap, pasti kamu juga ingin tahu harga dari HP ini. Berikut adalah harga Sony Xperia XZs baru dan Sony XZs harga bekas.

Tipe HP Sony Xperia XZs Harga
Sony XZs (4/32GB) (Baru) Rp4.371.750,-
Sony XZs (4/32GB) (Bekas) Rp1.585.000,-
Sony XZs (4/64GB) (Baru) Rp6.750.000,-
Sony XZs (4/64GB) (Bekas) Rp4.200.000,-

Akhir Kata

Demikian fitur, kelebihan dan kekurangan, spesifikasi lengkap, serta harga Sony Xperia XZs.

Apakah menurutmu HP ini masih mampu memenuhi kebutuhan penggunaan smartphone di tahun 2020? Tuliskan pendapatmu di kolom komentar, ya!

Baca juga artikel seputar Gadget atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy

ARTIKEL TERKAIT
Xperia

Smartphone Sony Xperia Pertama Ternyata Tidak Menggunakan Android

Xperia Z5 Premium Banner2

10 Fitur Terbaik Sony Xperia Z5 Premium Serta Harga dan Spesifikasi Lengkap

Sony Android 80 Oreo Banner

12 Smartphone Sony yang Dapat Android 8.0 Oreo, Selamat Tinggal Xperia Z Series!

Fitur Hp Sony Xperia C32ee

5 Fitur Keren yang Wajib Dikenang dari Sony Xperia | Apple Versi Android?

Hp Fast Charging Terbaik 6f69b

10 HP Android dengan Teknologi Fast Charging | Mulai 1 Jutaan!

Hp Kamera Terbaik 2 Jutaan 2020 Banner 2e5c6

10 HP Kamera Terbaik Harga Rp2 Jutaan di 2020, Hasil Foto Tajam!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
OPPO A37 Harga dan Spesifikasi 2020 | Masih Layak Disebut HP Selfie?

OPPO A37 Harga dan Spesifikasi 2020 | Masih Layak Disebut HP Selfie?

OPPO F1 Harga dan Spesifikasi 2020 |

OPPO F1 Harga dan Spesifikasi 2020 |

Sony Xperia Z5 Spesifikasi dan Harga Terbaru, HP Paling Canggih di Zamannya!

Sony Xperia Z5 Spesifikasi dan Harga Terbaru, HP Paling Canggih di Zamannya!

OPPO A57 Harga dan Spesifikasi 2020 |

OPPO A57 Harga dan Spesifikasi 2020 |

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal