J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Ini Alasan Kenapa Smartphone dengan Layar Kecil Jauh Lebih Baik Dibandingkan Layar Besar

              Ini Alasan Kenapa Smartphone dengan Layar Kecil Jauh Lebih Baik Dibandingkan Layar Besar

              00
              Sabtu, 30 Apr 2016, 13:00 WIB
              Kerepotan gak sih dengan ukuran smartphone jaman sekarang? Tapi kita gak mau dong kompromi masalah performa, hadirnya iPhone SE pun menyulut ketenaran smartphone mini dengan spek gahar. Kamu salah satu yang mendambakan?

              Meskipun tren smartphone dengan layar lebih besar adalah lebih baik atau lebih puas, tapi tahukah kamu? Sekitar 30 juta orang membeli iPhone berlayar 4 inci pada tahun 2015, jumlah tersebut tidak berbeda jauh dari gabungan penjualan Samsung Galaxy S6 dan S6 edge.

              Sekarang ini pasar tampaknya menuntut smartphone dengan yang lebih kecil, namun dengan spesifikasi gahar. Tidak banyak yang bermain di celah ini, tercatat hanya beberapa vendor saja yang konsisten. Contohnya Sony dengan seri Xperia Compact-nya, namun tahun ini pasar tersebut semakin menggiurkan berkat hadirnya iPhone SE. Tapi kenapa baru sekarang? Setelah absen 3 tahun sejak iPhone 5s diluncurkan pada tahun 2013.

              BACA JUGA
              • Apple iPhone SE Resmi: Raksasa Kecil 4 Inci, Spesifikasi MONSTER
              • 10 HP Jadul yang JAUH Lebih Keren dari iPhone SE
              • 5 Smartphone Alternatif Terbaik Ini Bikin Kamu Jijik Sama iPhone SE

              Inilah Alasan Kenapa Smartphone Mini Bakal Meledak Tahun Ini

              Pasar Smartphone Jenuh?

              Smartphone Mini 1

              Smartphone juga produk elektronik, yang dirancang untuk dijual sebanyak mungkin. Sebagian besar para produsen smartphone bermain aman, namun alih-alih menghindari resiko justru bisa terjebak di situasi yang tidak menguntungkan.

              Contohnya Apple, yang menorehkan sejarah baru di kuartal pertama 2016. Untuk pertama kalinya sejak tahun 2003 lalu, penjualan iPhone menurun 16%. Pada kuartal pertama 2015 Apple berhasil menjual iPhone sebanyak 61,2 juta unit, sementara pada kuartal pertama 2016 analis memperkirakan iPhone hanya terjual 51 juta unit.

              Konsumen memang selalu menunjut inovasi, Samsung Galaxy S6 adalah gebrakan yang luar biasa sebagai Galaxy S5. Tapi Samsung kembali berhasil memukau para penikmat gadget dengan Galaxy S7, meski mengusung desain identik tapi secara keseluruhan punya peningkatan yang sangat signifikan di berbagai aspek. Tantangannya adalah mampukah Samsung melampaui rekor yang diraih saat ini pada flagship berikutnya.

              Siapa yang Berani Menjadi Pelopor?

              Smartphone Mini 2

              Terkadang sang pelopor kalah populer, contohnya HTC yang bertaruh merilis smartphone dengan paduan bodi metal dan kaca. Setelah terbukti konsumen menyukainya, barulah berbondong-bondong Apple, Samsung dan produsen lainnya merilis smartphone dengan paduan metal dan kaca.

              Pada titik ini, seperti yang kita ketahui persaingan smartphone di segmen atas begitu sengit. Begitu pula dengan segmen menengah ke bawah, banyak sekali pilihan. Para produsen harus berani mengambil langkah baru, bahkan bila perlu menggeluti celah lama yang telah ditinggalkan. Seperti yang dilakukan Apple, merilis iPhone SE dengan tubuh iPhone 5s jeroan iPhone 6s.

              Smartphone dengan Layar Kecil Kembali Diminati?

              Smartphone Mini 3

              Pertama muncul, Android terus mencari celah dalam dominasi iOS yang begitu kuat dengan ekosistemnya. Kala itu iPhone hanya tersedia dengan ukuran layar 3,5 inci sampai 4 inci saja, ternyata konsumen membutuhkan smartphone dengan layar lebih besar.

              Ukuran layar pun menjadi senjata ampuh dalam menggerogoti pangsa pasar yang dikuasai oleh Apple, hingga sekarang Android menjadi OS paling banyak digunakan di seluruh dunia. Karena smartphone Android punya banyak pilihan, layar yang lebih besar dan harga yang lebih murah.

              Smartphone Mini 6

              Berbagai smartphone flagship Android ternama kebanyakan mengusung layar lebih dari 5 inci. Bahkan Apple turut bergabung merilis iPhone 6 dengan layar 4,7 inci dan iPhone 6 Plus 5,5 inci. Masalahnya adalah produsen ponsel bertindak seolah-olah tidak bisa lagi membuat perangkat kecil dengan spesifikasi kelas atas. Satu-satunya produsen yang konsisten cuma Sony dengan seri Xperia Compact, berlayar 4,6 inci yang merupakan smartphone flagship Android terkecil yang tersedia.

              Smartphone kecil tentunya biaya produksi yang dikeluarkan lebih murah. Apple cukup cerdas dengan menggunakan komponen yang tersisa untuk produksi iPhone 6s, terutama bagian prosesor untuk mentenagai iPhone SE.

              Tidak hanya produksinya lebih murah, tetapi perangkat juga memiliki perfoma yang kuat lebih dari yang konsumen harapkan. Tentunya dapat dijual dengan harga yang lebih menarik, Apple mematok iPhone SE versi 16 GB seharga USD 399 atau Rp 5,2 jutaan. Sedangkan varian 64 GB dibanderol USD 499 atau sekitar Rp 6,5 jutaan. Harga tersebut lebih murah dari smartphone flagship yang ada di pasaran saat ini.

              Apa rencana Apple?

              Smartphone Mini 4

              Meskipun terlambat, iPhone SE memperoleh momentumnya. Menjelma menjadi salah satu smartphone mungil terkuat saat ini. Apple tetap mempersembahkan iPhone SE sebagai smartphone premium, tetapi dengan harga mulai Rp 5 jutaan memang memiliki daya tarik yang luar biasa. Terutama di pasar Tiongkok, bahkan Apple membuat Xiaomi dan Huawei kelabakan. Ponsel baru berlayar 4 inci ini dilaporkan sukses menembus hingga 3,4 juta pre-order, yang tentunya menggerogoti pasar vendor lokal.

              Siap-siap Diserbu Smartphone Android Mini!

              Smartphone Mini 5

              Para pembuat ponsel Android tak mungkin membiarkan Apple seenaknya mengambil pangsa pasar mereka. Kabarnya Xiaomi, LG, dan Samsung sudah bersiap-siap merilis smartphone mini mereka, Mi 5 Mini, G5 SE, dan Samsung Galaxy S7 Mini untuk menantang iPhone SE.

              Mungkinkah smartphone compact dengan spesifikasi high-end menjadi tren tahun ini? Mengingat lebih kecil akan lebih murah namun tetap dengan performa gahar. Tapi bagaimana dengan nasib smartphone flagship saat ini, tentunya menjadi dilemma yang besar. Kamu sendiri apakah mendambakan smartphone mungil dengan spesifikasi high-end? Biarkan kami tahu.

              APPS TERKAIT
              Antutu Benchmark
              AnTuTu Benchmark
              Apps AnTuTu
              Aida64 Icon
              AIDA64 1.45
              Apps Devi
              Adm Icon
              Android Device Manager 1.1.9
              Apps Google Inc.
              Walkman
              Walkman-Material Design 9.1.4.A.2.1
              Apps Sony Mobile Communications

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal