J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Super Canggih! 4 Smartphone Ini Bisa Berubah Jadi PC

Minggu, 30 Apr 2017, 08:00 WIB
Belakangan ini, peran smartphone sebagai komputer tampaknya mendekati kenyataan. Beberapa smartphone bahkan ada juga yang bisa berubah menjadi PC. Penasaran? Simak selengkapnya ya.

Sejak pertama kali diluncurkan ke publik, smartphone tidak menempatkan diri sebagai ponsel, tetapi sebagai komputer super mini. Bahkan saat mendiang Steve Jobs memperkenalkan iPhone untuk pertama kalinya, ia tidak pernah mengatakan bahwa produknya itu adalah ponsel. Ia justru memilih untuk menyebutnya sebagai komputer kecil.

Namun hingga beberapa waktu belakangan ini, peran smartphone sebagai komputer tampaknya mendekati kenyataan. Babak baru smartphone telah muncul. Beberapa smartphone tak hanya dibekali spesifikasi tinggi. Di antaranya ada juga yang bahkan bisa berubah menjadi PC.

BACA JUGA
  • 8 Fitur Samsung Galaxy S8 dan S8+ yang Sangat Memukau
  • Benarkah Smartphone Bodi Metal Boros Baterai?
  • 10 Smartphone Terbaru Edisi April 2017

1. Ubuntu Edge

B25958e8e36aaabb7622674f3e0b8196
Sumber foto: Foto: bloomberg.com

Tampaknya tidak salah jika menyebut Ubuntu Edge sebagai pionir smartphone yang bisa berubah menjadi PC. Meski tak berhasil mencapai tahap produksi massal dan hanya berhenti pada tahap prorotype, gagasan yang ditawarkan Ubuntu Edge ini benar-benar nyata. Smartphone ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2014 lalu melalui situs penggalangan dana Indiegogo.

Spesifikasi smartphone ini juga terbilang sangat tinggi di masanya dengan layar 4,5 inci 720p, RAM 4 GB dan memori internal sebesar 128 GB. Sayangnya, tidak dijelaskan secara detail mengenai prosesor yang digunakan.

Berbeda dengan smartphone pada masa itu, Ubuntu Edge menggunakan 2 sistem operasi mobile sekaligus, yakni Ubuntu Mobile dan Android. Namun saat dihubungkan dengan monitor, keyboard dan mouse, smartphone ini akan berubah menjadi PC dengan sistem operasi Ubuntu Desktop.

2. Microsoft Lumia 950

3cf7ba3309b1359a5653a218532b1ed3
Sumber foto: Foto: windowscentral.com

Microsoft juga memiliki smartphone yang dapat berubah menjadi PC. Sebagai pengembang sistem operasi desktop paling populer di dunia, tak sulit bagi Microsoft untuk membuat smartphone seperti ini. Smartphone tersebut adalah Microsoft Lumia 950 yang lahir pada tahun 2015 lalu.

Smartphone ini dilengkapi dengan layar 5,2 inci Quad HD, prosesor Snapdragon 808, RAM 3 GB dan memori internal 32 GB. Dukungan memori eksternal hingga 256 GB juga tersedia. Namun hal yang lebih menarik terjadi saat smartphone ini dihubungkan dengan Microsoft Display Dock. Berkat fitur Continuum yang tersemat di dalam seri Lumia 950, smartphone ini bisa berubah menjadi PC bersistem operasi Windows 10.

3. HP Elite X3

7541c7cc1c9bbfb261959741f860ad27
Sumber foto: Foto: hp.com

Smartphone yang bisa berubah menjadi PC bersistem operasi Windows 10 tak hanya dihadirkan oleh Microsoft saja. HP juga memilikinya melalui smartphone seri HP Elite X3 yang hadir pada tahun 2016 lalu. Sebagai phablet flagship berbasis Windows 10 Mobile, HP Elite X3 pun dibekali dengan spesifikasi tinggi seperti layar 5,96 inci Quad HD, prosesor Snapdragon 820, RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Selain itu, phablet ini juga dibekali slot micro SD yang dapat mendukung memori eksternal hingga 256 GB.

Sama seperti seri Lumia 950 dan Lumia 950 XL, HP Elite X3 juga dapat berubah menjadi PC bersistem operasi Windows 10 Desktop saat dihubungkan dengan perangkat tambahan.

4. Samsung Galaxy S8

16de7e38dd3f36a9103bda71ba4c447a
Sumber foto: Foto: cnet.com

Seakan tak mau ketinggalan, Samsung juga memiliki phablet yang dapat berubah menjadi PC. Smartphone tersebut adalah Samsung Galaxy S8 yang secara resmi diperkenalkan pada awal tahun 2017 ini. Sesuai dengan namanya, seri Galaxy S8 adalah phablet flagship besutan Samsung. Namun berbeda dengan smartphone kelas atas generasi sebelumnya, Samsung Galaxy S8 seakan mendobrak tradisi dengan menghadirkan phablet yang benar-benar bezelless. Bahkan meski hadir dengan layar 5.8 inci, phablet ini tak lebih besar dari phablet berlayar 5,5 inci.

Spesifikasinya juga sangat menarik seperti prosesor Snapdragon 835 atau Exynos 8895, RAM 4 GB, memori internal 64 GB dan dukungan kartu memori tambahan hingga 256 GB. Namun dibalik spesifikasi tinggi tersebut, smartphone bersistem operasi Android 7.0 ini memiliki fitur yang sangat menarik. Fitur tersebut adalah Samsung Dex.

Berbekal Dex Station, Samsung Galaxy S8 dapat berubah menjadi PC. Dalam mode PC ini, pengguna bisa menggunakan phablet tersebut layaknya komputer kerja. Beberapa aplikasi Android dan Windows juga dapat dijalankan di sini. Namun mengenai sistem operasi apa yang digunakan dalam mode PC, hal tersebut tampaknya masih belum jelas. Karena jika dilihat, sistem operasi tersebut jelas bukan Windows. Samsung tampaknya mengembangkan versi sistem operasi desktopnya sendiri untuk itu.

Itulah 5 samrtphone yang bisa berubah menjadi PC. Bagaimana pendapat kamu? Kamu tertarik dengan yang mana? Atau kamu pernah mencoba memakai salah satu dari yang Jaka sebutkan tadi? Kalau pernah, ayo share pengalaman kamu ya di kolom komentar di bawah ini.

ARTIKEL TERKAIT
Tips Beli Android Untuk Gaming
10 Tips Membeli Smartphone Android Terbaik untuk Gaming
Banner Samsung Galaxy J1
5 Cara Pintar Memilih Smartphone yang Cocok untuk Remaja
8 Fitur Memukai Yang Ditemukan Di Samsung Galaxy S8 Dan S8
8 Fitur Samsung Galaxy S8 dan S8+ yang Sangat Memukau
Keunggulan Smartphone Bodi Metal Banner
Benarkah Smartphone Bodi Metal Boros Baterai?
Smartphone Terbaru April 2017
10 Smartphone Terbaru Edisi April 2017
APPS TERKAIT
Nox App Player 8fd3a
Nox APP Player 6.6.0.5
Apps BigNox
Koplayer Logo Icon
KOPLAYER versi 2020
Apps KOPLAYER Inc.
Genymotion
Genymotion 3.0.4
Apps Genymotion
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
10 Smartphone  Android Tercepat di Tahun 2017
10 Smartphone Android Tercepat di Tahun 2017
Meski Udah 4 Tahun, 5 Smartphone Tahun 2013 Ini Masih Layak Digunakan!
Meski Udah 4 Tahun, 5 Smartphone Tahun 2013 Ini Masih Layak Digunakan!
8 Masalah Pada Smartphone Samsung dan Cara Mengatasinya
8 Masalah Pada Smartphone Samsung dan Cara Mengatasinya
Jangan Beli Smartphone dengan Spesifikasi Ini Lagi atau Kamu Bakal Menyesal!
Jangan Beli Smartphone dengan Spesifikasi Ini Lagi atau Kamu Bakal Menyesal!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal