J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Arti Kode Sertifikasi Smartphone Tahan Air (IP67 dan IP68)

              Arti Kode Sertifikasi Smartphone Tahan Air (IP67 dan IP68)

              00
              Kamis, 12 Jan 2017, 08:00 WIB
              Tentunya butuh smartphone dengan ketahanan yang lebih perkasa dong, makanya kamu wajib tahu arti kode sertifikasi tahan air untuk smartphone.

              Smartphone memang sudah tidak terpisahkan lagi dengan kehidupan sehari-hari, baik untuk komunikasi, menunjang pekerjaan, hiburan, hingga mencari informasi. Lalu, bagaimana dengan orang-orang yang punya kegiatan outdoor yang ekstrem? Tentunya butuh smartphone dengan ketahanan yang lebih perkasa dong, makanya kamu wajib tahu arti kode sertifikasi tahan air untuk smartphone.

              Jika kamu pengguna smartphone terbaru dari Samsung, Sony, Kyocera, Sonim, atau CAT, tentunya kamu bakal nggak asing lagi dengan istilah "water resistant" atau "waterproof". Water resistant merupakan istilah yang digunakan untuk smartphone yang tidak akan rusak ketika terkena percikan air, seperti air hujan, atau tumpahan air minum. Sedangkan waterproof merupakan istilah yang digunakan untuk smartphone yang bisa ditenggelamkan ke dalam air dalam jangka waktu yang cukup lama.

              BACA JUGA
              • Inilah Arti Kode Sertifikasi Smartphone Anti Air
              • CAT S60, Smartphone Tahan Banting dengan Kamera Pendeteksi Panas

              Arti Sertifikasi Tahan Air IP atau Ingress Protection

              Samsung Galaxy S7 Ip68

              Biasanya untuk mengetahui seberapa tangkas smartphone tahan air, kita bisa menentukannya berdasarkan nilai IP atau rating MIL-STD. IP atau Ingress Protection adalah standar yang menentukan seberapa tahan smartphone kamu terhadap sesuatu yang bisa merusak smartphone kamu, seperti ketahanan fisik, suhu, tekanan udara, air, dan lainnya.

              Angka Pertama Sertifikasi IP Pada Smartphone Tahan Air

              IP atau Ingress Protection di sini bukan game berbasis lokasi seperti Pokemon GO ya. Ini mengacu pada kemampuan smartphone untuk mencegah benda asing, seperti cairan dan partikel debu masuk ke dalam smartphone. Kode angka pertama menunjukkan tingkat ketahanan perangkat elektronik terhadap berbagai material padat seperti anggota tubuh, benda keras, debu dan lainnya.

              Nomor IP Ketahanan
              Angka 0 atau X Tidak memiliki perlindungan sama sekali terhadap material padat
              Angka 1 Memiliki perlindungan terhadap material padat dengan ukuran di atas 50 mm, seperti bagian belakang telapak tangan.
              Angka 2 Memiliki perlindungan terhadap material padat dengan ukuran di atas 12.5 mm, seperti jari tangan.
              Angka 3 Memiliki perlindungan terhadap material padat dengan ukuran di atas 2.5 mm, seperti kawat yang tebal, peralatan rumah tangga, dan lainnya.
              Angka 4 Memiliki perlindungan terhadap material padat dengan ukuran di atas 1 mm, seperti kawat, obeng, baut, dan lainnya.
              Angka 5 Memiliki perlindungan penuh terhadap material padat dan juga debu. Walaupun masih ada debu yang bisa masuk, namun jumlahnya tidak akan sampai mengganggu kinerja perangkat tersebut.
              Angka 6 Memiliki perlindungan penuh terhadap material padat dan juga mampu menahan debu secara keseluruhan.

              Angka Kedua Sertifikasi IP Pada Smartphone Tahan Air

              Sementara, kode angka kedua pada IP menunjukkan ketahanan suatu perangkat elektronik terhadap resapan air. Lebih lanjut, kamu bisa lihat tabel di bawah ini.

              Nomor IP Ketahanan
              Angka 0 atau X Sama sekali tidak memiliki perlindungan terhadap air.
              Angka 1 Memiliki perlindungan terhadap percikan air yang jatuh secara vertikal selama 10 menit dengan jumlah air yang sama dengan curah hujan sebanyak 1 mm per menit.
              Angka 2 Memiliki perlindungan terhadap percikan air yang jatuh secara vertikal ketika perangkat ini dimiringkan pada kemiringan 15 derajat selama 10 menit dengan jumlah air yang sama dengan curah hujan sebanyak 3 mm per menit.
              Angka 3 Memiliki perlindungan terhadap percikan air dari berbagai arah selama 5 menit dengan jumlah air 0.7 liter per menit pada tekanan 80 100 kPa.
              Angka 4 Memiliki perlindungan terhadap guyuran air dari berbagai arah selama 5 menit dengan jumlah air 10 liter per menit pada tekanan 80 100 kPa.
              Angka 5 Memiliki perlindungan terhadap semprotan air dari berbagai arah selama 3 menit dengan jumlah air 12.5 liter per menit pada tekanan 30 kPa dari jarak 3 meter.
              Angka 6 Memiliki perlindungan terhadap semprotan air yang kuat dari berbagai arah selama 3 menit dengan jumlah air 100 liter per menit pada tekanan 100 kPa dari jarak 3 meter.
              Angka 7 Mampu bertahan ketika dimasukkan ke dalam air sedalam 1 meter dalam jangka waktu 30 menit.
              Angka 8 Mampu bertahan ketika dimasukkan ke dalam air sedalam lebih dari 1 meter dalam jangka waktu yang ditentukan oleh manufaktur.

              Arti Huruf Tambahan di Sertifikasi Tahan Air IP

              Selain itu, kode sertifikasi IP atau Ingress Protection memiliki sebutan perlindungan tambahan. Lebih lanjut, kamu bisa lihat tabel di bawah ini.

              Huruf Arti Huruf
              f Tahan terhadap minyak
              H Perlindungan terhadap tegangan tinggi
              M Bergerak saat ujicoba
              S Tidak ada gerakan selama pengujian
              W Tahan terhadap berbagai cuaca
              Sony Xperia Xz Waterproof

              Sejauh ini, smartphone Android high-end punya sertifikasi IP68. Sebut saja, jajaran flagship terbaru Samsung seperti Galaxy S7, Galaxy S7 Edge, dan Galaxy Note 7. Lalu, Sony dengan jajaran Xperia Z5, dan Xperia seri X terbaru seperti Xperia X Performance dan Xperia XZ. Jika melihat data di atas, bisa disimpulkan bahwa sertifikasi IP68 bisa menyelam lebih dari 1 meter dan dengan batas waktu ditentukan oleh manufaktur. Untuk smartphone yang Jaka sebutkan di atas, maksimal bisa menyelam hingga 1,5 meter selama 30 menit.

              Cats60

              Sementara buat kamu yang butuh ketahanan lebih dari itu, kamu bisa melirik CAT S60, meski dengan sertifikasi yang sama IP68, namun bisa menyelam hingga kedalaman 5 meter dalam waktu 1 jam. Selengkapnya kamu bisa baca artikel berikut: CAT S60, Smartphone Tahan Banting Dengan Kamera Pendeteksi Panas.

              Itulah arti kode sertifikasi tahan air dan debu untuk smartphone. Kamu sekarang sudah tahu kan smartphone mana yang paling tangguh? Share pendapat kamu.

              APPS TERKAIT
              Logo Aplikasi Celengan Icon
              Celengan 1.1.0.0
              Apps ADPLUS & FSN Asia
              Cashtree Logo Icon
              Cashtree: Bagi bagi Hadiah Terus 1.6.2.1
              Apps VITI GLOBAL LIMITED
              Webtoon Icon
              LINE Webtoon 1.8.5
              Apps NAVER Corp.
              Todoist To Do List Task List Icon
              Todoist: To-Do List, Task List 9.0.2
              Apps Doist

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal