J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Review ASUS Zenfone 5 (2018): Layar, Kamera dan Audio Premium di Kelas Midrange

              Review ASUS Zenfone 5 (2018): Layar, Kamera dan Audio Premium di Kelas Midrange

              00
              Kamis, 24 Mei 2018, 10:00 WIB
              ASUS kembali merilis ASUS Zenfone 5, smartphone kelas menengah yang menawarkan berbagai fitur yang tergolong premium. Berikut adalah ulasan dan review ASUS Zenfone 5 selengkapnya.

              ASUS Zenfone 5 versi 2018 tampaknya bakal mendulang kesuksesan sama seperti seri sebelumnya. Menyasar pasar kelas midrange di kisaran harga Rp 4 jutaan, Zenfone 5 ini bisa dibilang dibekali dengan fitur-fitur kelas premium.

              Bukan hanya desainnya yang cantik, namun nyatanya banyak sektor yang menarik buat dibahas. Nah berikut adalah ulasan dan review ASUS Zenfone 5 selengkapnya dari JalanTikus.

              BACA JUGA
              • Review Nokia 8 (2017): Rasa Bintang Lima Harga Kaki Lima!
              • Review Honor 7X: Andalkan Layar Lebih Lega dan Build Quality Mantap!
              • Review ASUS Zenfone Max Pro M1: Bukan Lagi Smartphone Setrika!

              Harga dan Spesifikasi ASUS Zenfone 5 (2018)

              Setelah mencuri perhatian lewat ASUS Zenfone Max Pro M1 yang mengincar pasar smartphone gaming murah, ASUS Indonesia kembali menarik kalangan netizen dengan merilis tiga smartphone baru, salah satunya ASUS Zenfone 5.

              asus-zenfone-5-display

              ASUS Zenfone 5 yang dibanderol dengan harga offline Rp 4.299.000,- dan harga flash sale Rp 3.999.000,- ini bisa dikatakan cukup menggiurkan untuk dimiliki. Apalagi dibekali dengan chipset Qualcomm terbaru, desain kekinian dan beragam fitur yang ditanamkan.

              Nah buat kamu yang penasaran dengan fitur-fitur yang ditawarkan, berikut adalah spesifikasi ASUS Zenfone 5 versi 2018 selengkapnya.

              Spesifikasi ASUS Zenfone 5 ZE620KL
              Dimensi 153 x 75.7 x 7.9 mm
              Berat 155 gram
              Jaringan GSM/HSPA/LTE
              Dual SIM (Nano SIM, dual stand-by, hybrid slot
              Layar IPS LCD capacitive touchscreen
              6.2 inci 1080 x 2246 piksel rasio 19:9
              Chipset Qualcomm SDM636 Snapdragon 636 octa-core 1.8GHz
              GPU Adreno 509
              Memori 4GB RAM, 64GB memori internal
              Micro SD hingga 400GB
              Sistem Operasi Android 8.0 Oreo dengan ZenUI 5.0
              Kamera Kamera Belakang Dual 12MP + 8MP
              Kamera Depan 8MP
              Baterai 3300 mAh
              Fitur Lain Fingerprint Sensor, Face Unlock, USB on-the-go, NFC

              Desain Premium Mirip iPhone X

              Pertama kali melihatnya, pasti yang terbayangkan adalah desain iPhone X. Sama seperti smartphone Android lain seperti Vivo V9 atau Nokia X6, ASUS Zenfone 5 memiliki desain yang sedang ngetrend belakangan ini.

              Pada bagian depan, ASUS Zenfone 5 didominasi dengan layar dengan bezel tipis dan agak melebar di bagian dagu. Sementara pada bagian notch, smartphone ini terdapat proximity sensor, kamera selfie, earpiece dan LED notifikasi yang terletak di bawah lubang earpiece.

              asus-zenfone-5-depan

              Nah pada bagian belakang baru kamu melihat desain yang dibawa dari Zenfone 5 terdahulu. Dilapisi dengan lapisan kaca membuat Zenfone 5 terbaru terkesan premium. Apalagi ditambah aksen melingkar di sekitar fingerprint sensor yang memberi corak saat terkena cahaya.

              Selain itu kamu juga bakal menemukan modul dual kamera vertikal dan dibarengi dengan dual LED flash. Logo ASUS pada bagian belakang terlihat samar saat kondisi cahaya redup dan baru terlihat di kondisi terang.

              asus-zenfone-5-belakang

              Melihat ke bagian bawah, ASUS Zenfone 5 tetap mempertahankan lubang audio jack 3.5mm, port USB Type-C, mikrofon dan speaker grill. Sementara di bagian atas hanya terdapat sebuah lubang mikrofon noise cancelling dan garis antena.

              Menariknya di sebelah kiri, kamu bakal menemui sebuah lubang lagi yang tampaknya berfungsi sebagai mikrofon noise cancelling kedua, dibarengi dengan slot SIM tray yang sayangnya masih hybrid. Terakhir di bagian kiri, tetap terdapat tombol power dan volume up-down.

              Secara keseluruhan desain ASUS Zenfone 5 dapat diapresiasi dengan baik. Penggunaan material kaca malah membuat smartphone ini nyaman dan tidak licin saat digenggam, walaupun bakal menyisakan banyak sisa sidik jari sih.

              ZenUI 5.0 dengan Android 8.0 Oreo Terbaru

              ASUS telah memberikan pengalaman menggunakan kustomisasi paling anyar, ZenUI 5.0 berbasis Android 8.0 Oreo pada Zenfone 5. Sama seperti smartphone ASUS sebelumnya, jelas ZenUI memberikan banyak fitur kekinian yang sangat membantu.

              asus-zenfone-5-oreo

              Misalnya saja, fitur Face Recognition untuk sektor keamanan dan ZenMotion yang memiliki berbagai macam gesture yang berguna saat menggunakan smartphone.

              Selain itu ASUS Zenfone 5 juga membawa beberapa fitur yang membuatnya semakin mirip dengan iPhone X. Mulai dari ZeniMoji untuk membuat Animoji menarik dengan bantuan kamera depan.

              Soal urusan performa, ZenUI 5.0 juga memiliki fitur OptiFlex yang diklaim mampu menjalankan aplikasi dengan lebih cepat. Ada juga Game Genie dan Twin Apps untuk kamu yang suka bermain game mobile.

              asus-zenfone-5-sensor

              Lalu bagaimanakan dengan kelengkapan sensor di smartphone ini? Tenang saja, Zenfone 5 sudah dilengkapi dengan sensor lengkap, termasuk gyroscope yang berguna banget untuk memainkan konten-konten virtual reality alias VR guys.

              Dukungan Artificial Intelligence (AI) di Berbagai Sektor

              Bahkan pada saat perilisannya, ASUS mengklaim telah menanamkan dukungan artificial intelligence (AI) di berbagai sektor, terutama untuk fotografi. Gimana cara kerjanya?

              Sebenarnya tidak ada pengaturan khusus untuk mengaktifkan fitur AI di sektor kamera. Namun yang Jaka rasakan, AI bakal mendeteksi objek yang kita foto (tersedia dalam 16 pilihan mode objek) dan menyesuaikan setting kamera yang sesuai. Contohnya kamu bisa lihat ikon di bagian kiri atas guys.

              asus-zenfone-5-ai-camera-1
              asus-zenfone-5-ai-camera-2
              asus-zenfone-5-ai-camera-3

              Selain itu, ASUS Zenfone 5 juga akan merekomendasikan beberapa aplikasi yang sering kamu gunakan pada bar yang berada di bawah saat kamu swipe ke atas dan membuka app drawer. Hal ini cukup berguna sebagai shortcut tanpa perlu ribet cari-cari aplikasi sih.

              asus-zenfone-5-bar

              Ada juga fitur AI Boost yang diklaim bakal meningkatkan performa smartphone ke level tertinggi, namun bakal berdampak pada penggunaan baterai. Nah fitur ini sendiri bakal aktif saat kamu membuka aplikasi benchmark, canggih kan?

              Performa Mumpuni dari Chipset Qualcomm Snapdragon 636

              Kalau yang satu ini nggak perlu diragukan lagi sih! ASUS Zenfone 5 membenamkan chipset Qualcomm Snapdragon 636 yang sudah cukup mainstream digunakan di smartphone menengah yang punya perfoma mirip kelas flagship.

              asus-zenfone-5-soc

              Selain menggunakan chipset terbaru, ASUS Zenfone 5 yang hadir secara resmi di Indonesia juga memiliki kapasitas RAM sebesar 4GB dan memori internal 64GB yang masih bisa diekspansi menggunakan microSD guys.

              Sudah kebayang bagaimana hasil benchmark yang dihasilkan? ASUS Zenfone 5 memang terbukti mampu menghasilkan skor benchmark terbaik melalui beberapa pengujian di berbagai aplikasi. Untuk hasilnya, kamu bisa lihat tabel di bawah ini.

              Benchmark Skor
              AnTuTu Benchmark v7.0.7 (Total) 124413
              Geekbench 4 (Single Core) 1318
              Geekbench 4 (Multi Core) 4835
              PCMark (Work 2.0) 5660
              3DMark (Ice Storm Unlimited) 18815
              3DMark (Sling Shot) 1461

              Screenshot Hasil Benchmark ASUS Zenfone 5

              asus-zenfone-5-antutu
              asus-zenfone-5-geekbench
              asus-zenfone-5-pcmark
              asus-zenfone-5-3dmark

              Gaming dan Multimedia Lancar, Tapi Bukan Buat Hardcore Gamer

              Lalu bagaimana dengan performanya saat bermain game? ASUS Zenfone 5 memang tidak sefantastis saudaranya, Zenfone Max Pro M1 yang sanggup bermain game dengan kualitas grafis tertinggi seharian. Makanya smartphone ini memang bukan ditujukan untuk para hardcore gamer.

              asus-zenfone-5-aov

              Namun bukan berarti ASUS Zenfone 5 tidak memiliki keunggulan. Jaka cukup dibuat terkesima dengan kualitas layar dan audio yang dihasilkan dari smartphone dengan harga 4 jutaan ini.

              Berbekal layar berpanel IPS, ASUS Zenfone 5 memberikan kualitas yang baik dengan memberikan tingkat kecerahan dan kepekatan warna hitam yang menjanjikan setara AMOLED. Apalagi soal urusan audio, smartphone ini patut diacungi jempol.

              asus-zenfone-5-layar

              ASUS Zenfone 5 diklaim sudah dibekali dengan label Hi-Res Audio yang membuat suara dihasilkan makin kaya. Saat menggunakan speaker, smartphone ini akan bekerja secara stereo yang membuat earpiece juga berfungsi sebagai speaker.

              Sementara saat kamu menggunakan headset, ASUS Zenfone 5 memberikan fitur AudioWizard untuk meningkatkan kualitas suara. Pokoknya rekomen banget buat kamu yang suka mendengarkan Spotify dan sebagainya.

              Daya Tahan Baterai Setara Kelas Flagship

              Seperti Jaka sudah singgung sebelumnya, ASUS Zenfone 5 memang bukan ditujukan untuk para hardcore gamer. Berbekal baterai berkapasitas 3300 mAh, Zenfone 5 memiliki daya tahan baterai yang setara smartphone kelas flagship loh.

              asus-zenfone-5-baterai

              Saat digunakan beraktivitas seharian di kala weekend sesuai dengan pemakaian Jaka, ASUS Zenfone 5 mampu mendapatkan waktu standby hingga 9 jam 27 menit dan screen on time 5 jam 16 menit dengan penggunaan paling banyak pada game Arena of Valor (AOV).

              Lalu gimana soal pengisian dayanya? ASUS Zenfone 5 sendiri kabarnya sudah didukung dengan fast charging. Namun berbekal adapter charger 5V 2A dan kabel USB Type-C bawaan, smartphone ini memakan waktu sekitar 1,5 jam dari keadaan 10% hingga terisi penuh.

              Peningkatan Drastis di Sektor Fotografi Lini Zenfone!

              Sektor kamera menjadi nilai jual utama ASUS Zenfone 5 apalagi diklaim sudah dibekali dengan fitur artificial intelligence (AI). Tentu hal ini menjadi obat bagi para pecinta fotografi, setelah seri Zenfone 4 yang masuk resmi ke Indonesia terbilang cukup mengecewakan.

              asus-zenfone-5-kamera

              Di sektor kamera utama, kamu bakal menemukan dual kamera 12MP + 8MP yang memiliki konfigurasi wide angle lens. Hebatnya kamera utama 12MP sudah dilengkapi dengan bukaan lebar f/1.8 serta PDAF dan EIS.

              Sementara kamera 8MP sudah memiliki bukaan f/2.0 yang masih baik terutama saat mengambil foto-foto di kondisi lowlight dan membantu pengambilan foto bokeh.

              Di sektor kamera depan, kamu akan menemukan kamera 8MP dengan bukaan f/2.0 yang bahkan sudah dilengkapi juga dengan EIS. Soal hasil, kamera depan ini cukup baik dan memiliki sudut pandang pengambilan luas untuk berfoto wefie loh!

              Penasaran dengan hasil foto yang diambil dari ASUS Zenfone 5? Berikut Jaka sudah sajikan selengkapnya!

              Hasil Kamera Belakang ASUS Zenfone 5

              asus-zenfone-5-kamera-belakang-1
              asus-zenfone-5-kamera-belakang-2
              asus-zenfone-5-kamera-belakang-3
              asus-zenfone-5-kamera-belakang-4
              asus-zenfone-5-kamera-belakang-5

              Hasil Kamera Depan ASUS Zenfone 5

              asus-zenfone-5-kamera-depan-1
              asus-zenfone-5-kamera-depan-2
              asus-zenfone-5-kamera-depan-3
              asus-zenfone-5-kamera-depan-4

              Price to Performance

              Dengan banderol harga Rp 4.399.000,- untuk offline, membuat ASUS Zenfone 5 bakal mengincar pasar smartphone menengah ke atas. Desain kekinian, kamera mantap dan performa menjadi nilai jual utama dari smartphone ini guys!

              Dalam paket penjualan ASUS Zenfone 5 yang bakal dijual di Indonesia, kamu bakal mendapatkan beberapa hal seperti:

              • Unit smartphone ASUS Zenfone 5
              • Adapter charger 5V 2A
              • Kabel charger USB Type-C
              • Headset ASUS + earbuds tambahan
              • Silicone case
              • SIM tray ejector
              • Buku panduan dan garansi

              Akhir Kata

              Nah itulah dia review ASUS Zenfone 5 setelah Jaka gunakan selama kurang lebih satu minggu. Smartphone ini jelas memberikan opsi dan segala fitur lebih baik dibandingkan ASUS Zenfone Max Pro M1. Kalau kamu lebih pilih mana, Zenfone 5 atau Zenfone Max Pro M1 nih?

              Baca juga artikel seputar ASUS atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko._

              APPS TERKAIT
              Mobile Legends: Bang bang Terbaru
              Games Moonton
              PUBG Mobile (Player Unknown Battleground) 0.3.3
              Apps
              Babe - Baca Berita 7.6.2
              Apps Mainspring
              JalanTikus 2.5.2
              Apps JalanTikus.com
              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR
              Langganan Artikel
              Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal