RAM iPhone Hanya 1GB, Mengapa Smartphone Android Butuh RAM 3 GB?

Default

Perbedaan kapasitas RAM yang digunakan iPhone dan Android selalu menjadi teka-teki yang menimbulkan pertanyaan. Bagaimana bisa iPhone dapat berjalan dengan begitu lancarnya walau hanya menggunakan RAM 1GB, sementara smartphone Android paling tidak harus menggunakan RAM 2 GB bahkan sampai 3 GB untuk bisa menandingi performa iPhone.

Sebuah website luar bernama Quora menjawab pertanyaan ini. Fakta menyebutkan bahwa hampir semua aplikasi Android menggunakan Java. Sedangkan Java dikatakan dapat menimbulkan proses penumpukan file yang tidak berguna, seperti file registry, file junk, cache, dan yang lainnya . Setelah pengguna Android menutup sebuah aplikasi, file sampah yang ditinggalkan dapat mengurangi ruang memori. Masalahnya, jika pengguna menjalankan banyak aplikasi sedangkan kapasitas memori yang tersedia sudah habis, maka performa perangkat bisa dipastikan akan melambat.

Berbeda halnya dengan IOS yang tidak menggunakan Java, sehingga penumpukan file yang tidak berguna hampir tidak pernah terjadi. Dengan begitu, IOS dapat berjalan lancar walau hanya dengan kapasitas RAM 1 GB.

Tags Terkait:
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal