J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Kenapa Smartphone Baru Butuh Wahtu Lama Masuk Indonesia? Ini Penjelasannya

Kenapa Smartphone Baru Butuh Wahtu Lama Masuk Indonesia? Ini Penjelasannya

Sabtu, 6 Jan 2018, 19:00 WIB
Indonesia adalah salah satu negara terketat untuk urusan import smartphone karena mempunyai regulasi yang ribet. Lalu bagaimana proses sebuah smartphone bisa sampai dijual secara resmi di Indonesia? Langsung baca aja yuk!

Kamu pernah ngga sih bingung kenapa smartphone-smartphone lebih lama masuk ke Indonesia dari pas tanggal perilisannya ketimbang negara-negara lain? Padahal menurut banyak riset, pasar Indonesia adalah negara dengan potensi penjualan smartphone yang sangat besar karena perilaku konsumtif para warganya.

Lihat saja, iPhone X yang baru saja dirilis oleh Apple punya jarak beberapa bulan sampai dapat di jual di Indonesia. Parahnya, negara kita malah kalah dari negara-negara tetangga yang lebih dulu menjual iPhone X.

BACA JUGA
  • Sssttt! Begini Cara Mengetahui Smartphone yang Bakal Dijual Resmi di Indonesia
  • Cara Mengubah Jaringan 3G ke 4G LTE di HP Android, Update Terbaru!
  • Harga dan Fitur Smartphone Xiaomi Pertama Buatan Lokal Redmi 4A

Kenapa Smartphone Baru Lama Masuk Indonesia?

Secara garis besar, di Indonesia sendiri jika ada sebuah smartphone dengan jaringan 4G ingin masuk, harus memenuhi regulasi yang bereda di Indonesia. Salah satu yang paling santer terdengar adalah smartphone 4G yang masuk Indonesia harus memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Proses Perhitungan Tkdn

Lalu apa saja hal-hal yang harus dilalui oleh para vendor agar smartphone-nya dapat masuk ke Indonesia?

Peraturan Kementerian Perdagangan

Salah satu 'batu sandungan' dari perangkat smartphone dengan jaringan 4G yang ingin masuk Indonesia adalah Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 82/M0DAG/PER/12/2012 tentang Ketentuan Impor Telepon Seluler, Komputer Genggam (Handheld), dan Komputer Tablet. Kemudian direvisi dengan Peraturan Perdagangan (Permendag) nomer 41/M-DAG/PER/5/2016.

Proses Perhitungan Tkdn 1

Permendag di atas ini mengatur masuknya perangkat (import) barang smartphone 4G, salah satunya vendor harus bekerja sama paling tidak dengan tiga distributor yang ada di Indonesia. Selain itu, vendor juga harus mempunyai rekomendasi investasi industri dari Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika, yang akan JalanTikus jelaskan di bawah.

Peraturan Kementerian Perindustrian

Selanjutnya, perusahaan yang ingin menjual smartphone 4G di Indonesia juga harus memenuhi Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 65 tahun 2016 Tentang Ketentuan dan Tata Cara perhitungan Nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Produk Telepon Seluler, Komputer Genggam, dan Komputer Tablet terlebih dahulu.

Proses Perhitungan Tkdn 2

Peraturan ini meliputi besaran persentase kandungan lokal pada suatu perangkat berbasis jaringan 4G. Sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 27/2015 tentang Batasan Persentase TKDN bagi Perangkat 4G LTE dan Spesifikasi Teknis Pengujian Perangkat Telekomunikasi berbasis 4G/LTE, TKDN untuk ponsel 4G adalah 20% pada tahun 2016, dan naik menjadi 30% untuk tahun 2017.

Cara Menghitung Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN)

TKDN sendiri dihitung tidak melulu masalah hardware yang ada di smartphone tersebut. Untuk memenuhi regulasi TKDN yang berlaku di Indonesia pada tahun 2017, perusahaan pembuat smartphone 4G juga bisa dinilai melalu software, tenaga manusia, dan investasi dengan nilai tertentu juga menjadi penilaian khusus perhitungan TKDN.

Proses Perhitungan Tkdn 3

Investiasi senilai Rp 250-400 miliar mendapatkan nilai TKDN 20%, investasi senilai Rp 400-550 miliar setara dengan nilai TKDN 25%, investasi senilai Rp 550-700 miliar setara dengan TKDN 30%. investasi senilai Rp 700 miliar-1 triliun mendapatkan nilai TKDN 35%, dan untuk investasi lebih dari Rp 1 triliun mendapatkan nilai TKDN 40%.

Smartphone Terbaru Di Indonesia
Lengkap dengan Daftar Harganya!
Berikut adalah 7 smartphone Android terbaru yang dirilis di Indonesia. Kamu sudah tau kan, kalau smartphone 4G yang akan dijual di Indonesia harus memenuhi aturan TKDN atau Tingkat Kandungan Dalam Negeri.
LIHAT ARTIKEL

Investasi sendiri bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Misalkan Apple yang terkendala aturan TKDN akhirnya membuat kantor riset dan inovasi (R&D) di BSD Green Office Park, BSD City, Tangerang Selatan, Banten. Investasi senilai Rp 696,2 miliar ini akhirnya membuat produk Apple mendapat skor TKDN sebanyak 30%.

Mengapa Ada Smartphone yang Akhirnya Tidak Masuk Indonesia?

Semua proses masuknya smartphone ke Indonesia sendiri akan melalui sertifikasi oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika. Pastinya, proses sertifikasi sendiri akan memakan waktu yang panjang dan juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Proses Perhitungan Tkdn 5

Para produsen smartphone juga harus kembali memperhitungkan akankah biaya untuk mengedarkan produk di Indonesia akan setimpal dengan hasil yang akan diperoleh. Apa lagi, smartphone yang ingin masuk ke Indonesia harus dimodifikasi terlebih dahulu yang juga akan memakan biaya tambahan lagi.

Kenapa Produk Samsung Bisa Lebih Cepat Masuk ke Indonesia?

Mungkin sebgaian dari kamu juga masih ada yang bertanya-tanya dan menghasilkan prasangka buruk tentang smartphone Samsung yang lebih cepat beredar di Indonesia ketimbang smartphone brand lainnya, seperti iPhone dan Xiaomi. Ya kan?

Proses Perhitungan Tkdn 4

Jawabannya bukan karena Samsung 'main belakang' ketika sertifikasi smartphone 4G-nya di Indonesia. Melainkan, Samsung sendiri adalah pemain lama di Indonesia, bukan cuma masalah smartphone, tapi perangkat elektronik lainnya juga.

Alasan lainnya, Samsung sudah sejak lama memutuskan untuk bekerja sama dengan pabrikasi asal Indonesia untuk merakit smartphone-nya di Indonesia. Ini juga menjadi nilai tambah dalam perhitungan Tingkat Komponen Dalam Negeri. Makanya, smartphone Samsung akhirnya dapat masuk lebih cepat dari pada smartphone brand lainnya.

Akhir Kata

Itulah proses yang harus dilalui produsen agar smartphone-nya dapat beredar di Indonesia. Ternyata prosesnya lumayan susah ya, membutuhkan usaha, waktu, dan biaya yang tidak kecil juga. Proses perhitungan TKDN menjadi masalah utama para produsen untuk memasarkan smartphone-nya di Indonesia.

Namun, ini semua juga demi kebaikan Indonesia guys. Karena dengan regulasi ini, defisit perdaganan menjadi berkurang karena terlalu banyaknya impor HP yang masuk Indonesia. Ini juga agar produsen smartphone lokal dapat bersaing dengan produsen luar negeri juga lho! Mau kan Indonesia jadi lebih maju lagi?

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Belajar Bahasa Inggris 10

10 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik, Dijamin Fasih!

Cara Buka Android Lupa Kunci Banner 7dd30

Lupa Password? Ini Cara Aman Buka Kunci Android

Fakta Buruk Iphone 4

Baca! Ini Fakta Buruk iPhone yang Perlu Kamu Ketahui

Video Youtube Paling Banyak Dislike 2017

Inilah Video YouTube Paling Banyak Dislike 2017

APPS TERKAIT
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Bbm Icon
BlackBerry Messenger
Apps BlackBerry
Facebook Logo 3e2fc
Facebook 259.0.0.36.115
Apps Facebook, Inc.
Instagram Icon
Instagram 127.0.0.30.121
Apps Instagram
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
8 Fakta Unik Smartphone yang Belum Kamu Ketahui

8 Fakta Unik Smartphone yang Belum Kamu Ketahui

5 Brand Smartphone Paling Laris di Indonesia Sepanjang 2017

5 Brand Smartphone Paling Laris di Indonesia Sepanjang 2017

5 Kebiasaan Orang Indonesia Saat Punya Smartphone Baru, Kamu Gini Juga?

5 Kebiasaan Orang Indonesia Saat Punya Smartphone Baru, Kamu Gini Juga?

5 Cara Untuk Membedakan Smartphone Asli dan Smartphone KW

5 Cara Untuk Membedakan Smartphone Asli dan Smartphone KW

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal