15+ Smartphone Layar Besar Android Terbaik dan Terbaru 2016

21 September 2016

Kalau bicara tentang smartphone dengan layar besar alias phablet, tak lepas dari ketenaran smartphone dan tablet itu sendiri. Phablet pada dasarnya adalah sebuah smartphone dengan lebar layar yang nanggung, sedikit lebih kecil dari tablet 7 inci namun punya kemampuan layaknya tablet.

Penggunaan smartphone layar besar pun sangat digemari di Indonesia. Tentunya, smartphone dengan layar lebih lebar akan lebih puas mengakses berbagai aplikasi, menikmati video lebih baik, dan mengetik lebih nyaman. Phablet pun dipilih karena alasan agar nyaman saat bekerja namun tetap portabel dibawa ke mana-mana. Batasan antara smartphone dan phablet sendiri semakin kabur, jadi kamu anggap saja phablet adalah smartphone layar besar 5,5 inci atau lebih ya. Nah, berikut JalanTikus sajikan 15 smartphone layar besar atau phablet Android terbaik dan terbaru 2016.

15+ Phablet Android Terbaik dan Terbaru 2016

1. ASUS Zenfone 3 Ultra - Rp 8 Jutaan

smartphone layar besar asus zenfone 3 ultra

Awal bulan September, jajaran ASUS Zenfone 3 akhirnya tiba di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, ASUS memboyong Zenfone dalam 5 varian. Salah satunya adalah smartphone dengan layar besar 6,8 inci. Apalagi kalau bukan Zenfone 3 Ultra yang membidik para pencinta multimedia.

Phablet berlayar 6,8 inci ini memiliki resolusi layar 1080p yang sangat cemerlang berkat teknologi Tru2Life+ Video yang siap memanjakan mata penggunanya. Sementara untuk memanjakan telinga, ASUS membenamkan speaker dengan dukungan audio hi-res dan suara surround 7.1 virtual. Bodi Zenfone 3 Ultra memiliki konstruksi kaca dan metal yang solid. Di Indonesia, ASUS membanderol Zenfone 3 Ultra dengan harga yang cukup mahal yakni Rp 8.099.000.

Kelebihan Kekurangan
Layar besar 6,8 inci Harga tergolong mahal
Kamera 23MP dengan Laser AF Resolusi layar masih 1080p
Desain baru paduan kaca dan metal -
Dukungan teknologi audio yang mumpuni -
Fingerprint sensor -

2. LG V20 - Rp 9,2 Jutaan

smartphone layar besar lg v20

Selain LG G5, ada satu lagi phablet flagship besutan LG yang cukup ditunggu-tunggu. Apa lagi kalau bukan, LG V20 yang menjadi salah satu smartphone layar besar Android terbaik 2016. Phablet dengan layar IPS seluas 5,7 inci dan tingkat resolusi Quad HD ini merupakan smartphone flagship pertama non-Nexus yang sudah menjalankan sistem operasi Android terbaru yakni Nougat.

Sebagai penerus LG V10, LG V20 juga dilengkapi layar sekunder berukuran 2,1 inci, serta panel IPS dengan resolusi 160 x 1040 piksel. Fungsi dari layar sekunder ini juga lebih canggih yaitu menyajikan notifikasi, shortcut aplikasi, waktu, widget, dan lainnya. LG V20 juga dibekali dengan berbagai fitur menarik, antara lain dual-camera, sistem stabilisasi video, kemampuan layar sekunder yang lebih canggih, kualitas audio yang menakjubkan, dan tentunya baterai yang lebih besar.

Kelebihan Kekurangan
Android Nougat Desain biasa, bukan modular seperti LG G5
Layar sekunder yang fungsional Kamera depan cuma 5MP
Dual camera -
Dukungan teknologi audio yang mumpuni -
Baterai dapat dilepas -

3. Samsung Galaxy Note 7 - Rp 10,77 Juta

phablet android terbaik samsung galaxy note 7 edge

Terlepas dari banyaknya insiden meledaknya Samsung Galaxy Note 7 di Amerika Serikat. Namun, tak dipungkiri bahwa phablet flagship besutan Samsung ini adalah salah satu smartphone Android layar besar paling canggih saat ini. Fitur andalan dari Note 7 ini adalah Iris Scanner yang diklaim jauh lebih aman dari Sensor Fingerprint. Scanner ini bisa digunakan untuk proteksi aplikasi, foto, catatan dan lainnya.

Kemampuan S Pen juga ditingkatkan dengan fitur tahan air dan sensitivitas yang jauh lebih baik. Fitur tahan air sertifikasi rating IP68 dan dukungan slot microSD juga tersedia di Galaxy Note 7. Sayangnya, insiden meledaknya Galaxy Note 7 telah mencemarkan nama baik Samsung dan membuat banyak orang berpikir ulang untuk membelinya. Meskipun tidak semua Galaxy Note 7 bermasalah, berdasarkan penyelidikan Samsung yang masih berlangsung, sumber masalah terletak pada baterai yang diproduksi oleh divisi baterai Samsung SDI.

Kelebihan Kekurangan
Iris Scanner Desain identik dengan Galaxy S7 Edge
Sertifikasi IP68 Harga mahal
Dilengkapi stylus S-Pen yang multifungsi Banyak insiden baterai meledak
Kamera berkualitas -
Baterai tahan lama -

4. ASUS Zenfone 3 Deluxe Rp 11 Juta

smartphone layar besar asus zenfone 3 deluxe

Smartphone Android layar lebar terbaik dan terbaru selanjutnya masih dari ASUS, yakni Zenfone 3 Deluxe, flagship sebenarnya dari ASUS untuk kelas atas. Phablet ini punya layar yang istimewa, yakni Super AMOLED ukuran 5,7 inci dengan resolusi 1080p. Dari segi desain, Zenfone 3 Deluxe memiliki konstruksi unibodi berbahan alumunium. Sementara jeroannya mengandalkan chipset Snapdragon 820 dan RAM 6GB. Lebih lanjut, smartphone ini dilengkapi dengan fitur lain seperti port USB Type-C, dan baterai 3000 mAh yang mendukung Quick Charge 3.0.

Spesifikasi Zenfone 3 Deluxe ini memang sangat menonjol, begitu pula harganya. Untuk seri ini, ASUS memboyong 3 varian yaitu ASUS ZenFone 3 Deluxe dengan chipset Snapdragon 820, kamera 23MP, layar super AMOLED, RAM 6GB/ROM 64GB dibanderol seharga Rp 9.099.000. Ada juga varian ASUS ZenFone 3 Deluxe 5,5 inci dengan RAM 4GB/ROM 64GB dan harganya Rp 6.099.000. ASUS juga membawa Zenfone 3 Deluxe spesial yang hadir sebagai smartphone pertama menggunakan chipset Snapdragon 821 dan juga RAM 6GB/ROM 256GB. Harga ASUS ZenFone 3 Deluxe spesial ini Rp 11.099.000. Lebih mahal dari harga Samsung Galaxy Note 7, namun jelas lebih unggul.

Kelebihan Kekurangan
Smartphone pertama dengan chipset Snapdragon 821 Harga tergolong mahal
RAM 6GB Resolusi layar masih 1080p
Layar Super AMOLED -
Sensor fingerprint -
Desain premium -

5. Lenovo Phab2 Pro - Rp 6,6 Juta

lenovo-phab2-pro

Kamu masih ingat dengan Project Tango? Proyek yang dikembangkan oleh Google dan Lenovo ini bertujuan untuk mengembangkan smartphone yang punya kemampuan untuk mempelajari keadaan sekitar dan dilengkapi dengan teknologi Augmented Reality (AR). Pada ajang Lenovo TechWorld 2016 di San Francisco, Lenovo meluncurkan smartphone pertama dengan Project Tango.

Adalah Lenovo Phab2 Pro yang diklaim sebagai smartphone pertama yang mengusung Project Tango. Smartphone layar lebar 6,4 inci Quad HD ini memang istimewa, khususnya dari sisi teknologi Augmented Reality (AR) yang diusungnya. Info lebih lanjut baca artikel berikut, 5 Hal Unik Lenovo Phab2 Pro, Smartphone Tango Perdana Google.

Kelebihan Kekurangan
Project Tango Chipset kelas menengah
Smartphone layar lebar 6,4 inci -
Sensor fingerprint -
Desain premium -

6. ZTE Nubia Max - Rp 4 Jutaan

phablet-terbaru-juli-zte-nubia-z11-max

Phablet Android berikutnya yaitu Nubia Z11 Max buatan ZTE. Smartphone dengan layar Super AMOLED sebesar 6,0 inci dan tingkat resolusi 1080p ini dibekali spesifikasi yang mumpuni. Nubia Z11 Max memiliki bodi yang sangat kece. Kedua sisinya berlapis kaca, dengan di setiap sudut bagian pinggirnya terdapat rangka alumunium yang agak melengkung.

Phablet ini juga dilengkapi baterai 4.000 mAh dan teknologi NeoPower 2.0 yang menjanjikan daya tahan lebih lama. Dari segi harga, Nubia Z11 Max dibanderol 1.999 Yuan atau sekitar Rp 4 juta. Terdapat pula Nubia Z11 Max edisi khusus yang ditandatangani oleh Cristiano Ronaldo dan dijual dengan harga Rp 4,6 juta. Siap ditunggu kedatanganya di Indonesia!

Kelebihan Kekurangan
Layar Super AMOLED 6 inci Chipset kelas menengah
Desain kece Resolusi layar masih 1080p
Kamera 16MP -
Sensor fingerprint -

7. Lenovo Moto Z Play - Rp 4 Jutaan

moto-z-play

Beberapa bulan yang lalu, Lenovo memperkenalkan Moto Z dan Moto Z Force di ajang Lenovo World Tech di San Francisco, Amerika Serikat. Kedua smartphone tersebut memiliki desain yang tipis nan indah, spesifikasi mutakhir, dan dukungan sistem aksesori modular yang disebut Moto Mods. Sayangnya, harga Moto Z dan Moto Z Force terbilang sangat tinggi.

Karena itulah di IFA 2016, Lenovo memperkenalkan smartphone berlayar besar Moto Z Play. Smartphone ini hadir dengan desain mirip Moto Z dan Moto Z Force, namun dengan harga yang lebih terjangkau yakni US$400 atau sekitar Rp 5,3 jutaan. Dengan harga tersebut kamu akan mendapatkan smartphone dengan desain paduan kaca dan logam, layar besar Super AMOLED 5,5 inci Full HD, kamera 16MP, dan baterai sebesar 3.510 mAh yang diklaim Lenovo mampu bertahan hingga 50 jam.

Kelebihan Kekurangan
Layar Super AMOLED 5,5 inci Chipset kelas menengah
Desain kece Resolusi layar masih 1080p
Dukungan Moto Mods -
Sensor fingerprint -

8. Samsung Galaxy Note5 - Rp 8,5 Jutaan

phablet android terbaik samsung galaxy note5

Bisa dibilang, Samsung Galaxy Note5 adalah phablet Android terbaik saat ini. Tidak melebih-lebihkan, perangkat besutan Samsung ini memang begitu powerful. Dari mulai spesifikasi yang gahar, desain yang ciamik, kamera yang berkualitas, hingga kemampuan stylus S-Pen yang begitu multifungsi.

Lebih lanjut, Galaxy Note5 memang mempunyai desain yang indah dengan paduan metal dan kaca mengkilap. Spesifikasinya meliputi layar Super AMOLED 5,7 inci dengan resolusi 1440x2560 (QHD) yang menghasilkan kerapatan layar 518 ppi. Kamera Note5 mengandalkan sensor 16MP dan depan 5MP. Sementara jeroannya mengandalkan chipset Samsung Exynos 7420, RAM 4GB dan baterai 3.000 mAh.

Kelebihan Kekurangan
Desain lebih kece dan ramping dibanding Galaxy Note 4 Bodi licin
Dilengkapi stylus S-Pen yang multifungsi Baterai tidak dapat dilepas
Kamera berkualitas Tidak ada sistem laser autofocus pada kamera
Baterai tahan lama Tanpa slot MicroSD
Dukungan teknologi pengisian daya cepat -

9. Sony Xperia Z5 Premium - Rp 10 Jutaan

phablet Android terbaik sony xperia z5 premium

Sony Xperia Z5 Premium ini adalah phablet pertama dengan layar 4K di dunia. Resolusi tersebut hanya aktif ketika membuka konten multimedia saja. Seperti membuka album foto dan menonton video, hal ini untuk mengimbangi performa prosesor dan baterai. Perangkat Sony ini memang dikenal dengan antarmuka yang mulus tanpa jeda, wajar sih mengingat Sony tidak banyak melakukan kustomisasi tampilan dan tak banyak aplikasi bawaan.

Ya, layar IPS 5,5 incinya punya resolusi 4K (2160x3840 piksel) yang menghasilkan kerapatan layar 801 ppi. Keunggulan lain Sony Xperia Z5 Premium adalah penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 810, RAM 3GB dan baterai 3430 mAh. Phablet berdesain premium yang kedap air berkat sertifikasi IP68 ini mengusung kamera utama 23MP dengan super-fast Hybrid AF dan depan 5MP. Tak lupa, sudah dilengkapi dengan dukungan sensor sidik jari yang terintegrasi pada tombol power-nya.

Kelebihan Kekurangan
Layar 4K yang memukau Kamera bagus, tapi dibawah ekspektasi
Bodi Tahan air dan debu (IP68 Speaker kurang keras
Baterai Awet Desain bezelnya agak tebal

10. LG V10 - Rp 8,5 Jutaan

phablet android terbaru lg v10

LG V10 dikenal karena inovasi yang diusungnya. Phablet ini punya layar sekunder di bagian atas layar utama, yang fungsinya untuk menampilkan notifikasi. LG juga punya dual kamera depan dengan sensor normal dan lebar untuk memenuhi keinginan para pencinta selfie. Jadi, ini memungkinkan foto selfie rame-rame atau groufie dan wefie lebih asyik karena bisa menjangkau semua orang.

Kalau kamera dengan modus manual itu sudah biasa, phablet LG ini bahkan punya modus manual saat pengambilan video. Artinya, kreativitas kamu bisa dikembangkan tanpa batas dengan pengaturan lebih banyak. Soal spesifikasi, LG V10 mengusung layar 5.7 inci dengan resolusi 1440x2560 piksel (QHD) yang menghasilkan kerapatan layar 515 ppi. Dapur pacunya mengandalkan prosesor Hexa-Core chipset Qualcomm Snapdragon 808 dan RAM 4 GB. LG V10 ini memang phablet yang sangat unik karena menawarkan fitur-fitur keren yang mengesankan.

Kelebihan Kekurangan
Desain keren, terutama pada sisi stainless steell Warna layar kurang akurat
Kinerja sistem sangat baik Kualitas perekaman video kurang memuaskan
Kapasitas memori internal 64GB yang lapang Daya tahan baterai tidak mengesankan
Quick charge dan baterai dapat dilepas -

11. Huawei P9 Plus - Rp 11 Jutaan

phablet android terbaru 2016 Huawei P9 Plus

Huawei P9 Plus adalah phablet Android terbaru yang belum lama ini diperkenalkan bersama smartphone flagship P9. Fitur paling mononjol adalah dual kamera 12MP yang disertifikasi oleh Leica di bagian belakang. Belum tahu Leica? Leica adalah pabrikan kamera asal Jerman yang produk-produknya terkenal mahal.

Spesifikasi phablet Huawei P9 Plus meliputi layar Super AMOLED 5,5 inci resolusi 1080x1920 piksel (FHD) yang membawa kerapatan layar 401 ppi dan teknologi 3D Touch. Phablet Android 6.0 Marshmallow dengan sentuhan EMUI 4.1 ini ditenagai prosesor Octa-Core dari chipset Kirin 955 besutan Huawei, RAM 4GB dan baterai 3400 mAh.

Kelebihan Kekurangan
Dual kamera Leica Resolusi layar masih full HD
Kamera depan 8MP Perekaman video sebatas 1080p@30fps, belum 4K
Kapasitas memori internal 64GB yang lapang -

12. Samsung Galaxy S7 Edge - Rp 10 Jutaan

phablet android terbaru samsung galaxy s7 edge

Flagship teranyar Samsung yakni Samsung Galaxy S7 Edge juga masuk dalam phablet Android terbaik. Layar Super AMOLED 5,5 inci yang melengkung di kedua sisi resolusi 2560x1440 piksel (Quad HD) memiliki ketajaman layar 577 ppi. Bodi phablet Samsung ini memiliki sertifikasi rating IP68, sehingga berkemampuan tahan air dan debu.

Jeroannya mengandalkan dua varian prosesor yang berbeda, yakni Qualcomm Snapdragon 820 dan Exynos 8890. Selain itu dilengkapi juga dengan kapasitas RAM 4GB dengan teknologi LPDDR4 dan baterai 3600 mAh. Untuk memori internalnya, tersedia pilihan kapasitas 32GB dan 64GB yang juga dibekali dengan slot kartu microSD sehingga pengguna bisa menambahkan memori hingga 200GB. Kamera Samsung Galaxy S7 Edge bersensor 12MP dengan lensa f/1.7 aperture dan teknologi Dual Pixel.

Kelebihan Kekurangan
Bodi tahan air dan debu (IP68) Baterai tidak dapat dilepas
Baterai awet Bodi licin
Kamera berkualitas -
Layar edge yang unik dan multifungsi -

13. Meizu PRO 5 - Rp 6,5 Jutaan

phablet android meizu pro 5

Meizu Pro 5 adalah smartphone non-Samsung pertama yang memakai prosesor Exynos buatan Samsung. Phablet ini mengandalkan chipset Exynos 7420, processor yang juga digunakan Samsung di Galaxy S6, S6 Edge, S6 Edge Plus dan Note 5. Tentu saja, kehadiran prosesor ini sudah memberikan jaminan akan performa yang powerful.

Untuk spesifikasi lainnya, Meizu Pro 5 mengusung layar Super AMOLED 5.7 inci Full HD. Di bagian belakang, terdapat kamera Sony IMX230 dengan resolusi 21MP dan depan 5MP. Meizu juga memberikan sensor sidik jari di tombol Home. Selain itu, Pro 5 juga sudah menggunakan USB type-C yang mendukung mCharge sehingga bisa men-charge baterai 3050mAh sampai 65% dalam waktu 30 menit. Untuk meningkatkan kesan premium, Meizu juga memberikan desain yang nampak terlihat mirip iPhone.

Kelebihan Kekurangan
Performa cepat Antarmuka cukup rumit
Desain ala iPhone Sensor Fingerprint kadang kurang akurat
Baterai awet Fotografi cahaya rendah kurang memuaskan

14. Google Nexus 6P - Rp 9 Jutaan

phablet android 2016 google nexus 6p

Nexus 6P adalah phablet Google hasil kerja sama dengan Huawei. Nexus 6P hadir dengan desain stylish dengan bodi terbuat dari bahan metal dan menjadi lini Nexus pertama yang menggunakan bodi dari bahan logam. Di balik keindahan desain, spesifikasi yang diusung phablet Nexus 6P meliputi layar AMOLED 5,7 inci dengan tingkat resolusi Quad HD (1440x2560), dan chipset Qualcomm Snapdragon 810 dan RAM 3GB. Phablet Nexus 6P tersedia dalam konfigurasi internal storage 32GB, 64GB dan 128GB.

Spesifikasi lainnya, Nexus 6P menggunakan baterai 3450mAh, sepasang speaker di panel depan dan sensor sidik jari serta port USB Type-C. Sektor fotografi, Nexus 6P dilengkapi kamera depan 8MP dan kamera belakang 12,3MP. Tentu saja, Nexus 6P menjalankan Android murni yang terjamin update-nya.

Kelebihan Kekurangan
Update Android terjamin Baterai boros
Dual speaker stereo Fokus kamera lambat
Desain original Layar sulit terlihat di bawah sinar mentari

15. Xiaomi Mi Max - Rp 3,9 Juta

phablet android murah xiaomi mi max

Satu lagi jagoan dari Xiaomi telah dirilis yakni Mi Max. Phablet Android murah ini dibekali dengan layar IPS yang sangat lapang 6,44 inci, menggunakan resolusi Full HD (1080x1920 piksel) yang menghasilkan tingkat kerapatan 342 ppi. Meski cukup tajam, layar Mi Max ini hanya dilapisi Corning Gorilla Glass 4 dengan teknologi kaca 2.5D. Untuk sektor fotografi, Mi Max melekatkan kamera utama kaliber 16 MP dengan lensa bukaan f/2.0, sistem autofocus phase detection, dan ditemani lampu flash dual-LED. Sementara untuk kamera selfie di bagian depan dipasangkan** resolusi 5MP**.

Demi menjamin kenyamanan, bagian inti Xiaomi Mi Max dibekali dengan prosesor kelas menengah yang cukup gahar dan baterai 4.850mAh. Ada dua pilihan prosesor, chipset Snapdragon 650 atau Snapdragon 652 dengan RAM 3GB. Chipset Snapdragon 650 mengusung prosesor Hexa-Core, yang terdiri dari Quad-Core 1.4 GHz Cortex-A53 dan Dual-core 1.8 GHz Cortex-A72. Sementara chipset Snapdragon 652 mengusung prosesor Octa-Core, dengan Quad-Core 1.4 GHz Cortex-A53 & Quad-Core 1.8 GHz Cortex-A72.

Kelebihan Kekurangan
Layar super lapang 6,44 inci Resolusi layar sebatas 1080p
Kamera berkualitas Prosesor kelas menengah
Spesifikasi mumpuni dengan harga murah -

16. Huawei Mate 8 - Rp 8 Jutaan

phablet android termurah huawei mate 8

Huawei Mate 8 adalah phablet Android 2016 yang menjadi penerus sah Mate 7 dengan desain yang tidak jauh berbeda dengan Mate 7. Phablet ini mengusung layar 6 inci resolusi 1080p, menggunakan prosesor Kirin 950 @2,3 GHz Octa-Core, yang juga dilengkapi dengan prosesor mikro tambahan i5. Prosesor tambahan tersebut berfungsi untuk penerapan teknologi pengenal suara, mengurangi konsumsi daya, dan mengawasi sensor lainnya.

Untuk sektor kameranya, Huawei Mate 8 menggunakan kamera depan 8 MP dan kamera belakang 16 MP dengan sensor Sony IMX298. Phablet Android 6.0 Marshmallow dengan sentuhan EMUI 4.0 dan baterai 4000 mAh ini hadir dalam tiga varian. Adapun varian yang tertinggi mempunyai RAM 4 GB dan memori internal 128 GB.

Kelebihan Kekurangan
Desain metal yang elegan Antarmuka rumit
Baterai cukup awet Speaker internal tidak kencang
Bodi tergolong kompak meski berlayar 6 inci -

17. Lenovo PHAB Plus - Rp3 Jutaan

phablet android lollipop lenovo phab plus

Lenovo PHAB Plus mencoba menggabungkan kenyamanan, keamanan dan kemampuan tablet menjadi bentuk phablet yang lebih portabel. Mengusung layar berukuran 6,8 inci 1080p dan koneksi 4G LTE, PHAB Plus memungkinkan kamu untuk menangkap berbagai kesempatan dengan kemampuan fotografi yang dimilikinya. Mengusung kamera belakang 13 MP dan kamera depan 5 MP dengan mode pano selfie, maka objek di sekeliling kamu bisa muat dalam frame. Bahkan dengan mode pengaturan low light dan dual color flash, kamu bisa menangkap kilasan cahaya saat dan setelah matahari terbit ataupun terbenam.

Untuk melahap semua tugas, phablet Android Lollipop ini didukung oleh chipset besutan Qualcomm seri Snapdragon 615 dengan RAM 2GB yang siap mengolah semua aplikasi dengan serba cepat. Memori internal yang ekstra lapang 32GB, kamu juga dapat menggunakan slot SIM kedua sebagai kartu microSD yang dapat menampung hingga 64GB.

Kelebihan Kekurangan
Layar 6,8 inci yang lapang Android masih Lollipop
Sudah mendukung 4G LTE RAM masih 2GB
Prosesor 615 yang cukup bertenaga -

Itulah 15+ smartphone layar besar atau phablet Android terbaik dan terbaru 2016 versi JalanTikus, kamu sendiri sudah coba pakai phablet sebagai smartphone utama? Tentunya puas bukan, meskipun ukuran yang besar cukup merepotkan, tapi tidak serepot membawa tablet kan. Mana phablet favorit kamu?

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar