J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Pertimbangan Penting Sebelum Kamu Membeli Laptop Baru

5 Pertimbangan Penting Sebelum Kamu Membeli Laptop Baru

Selasa, 6 Des 2016, 19:00 WIB
Jika dibanding dengan smartphone, memang sangat berat jika kita harus mengganti laptop kita dengan yang baru. Berikut 5 pertimbangan penting sebelum kamu membeli laptop baru .

Dibanding dengan smartphone, memang sangat berat kalau kita harus mengganti laptop dengan yang baru. Nah, yuk luangkan sedikit waktu untuk membahas pertimbangan sebelum membeli laptop baru! Ini cukup penting, tapi sering kali diabaikan ketika hendak mengganti laptop lama.

Bagaimanapun, laptop adalah produk elektronik yang dirancang untuk dijual sebanyak mungkin. Itulah alasan laptop baru terlihat sangat menggoda, dengan desain yang lebih kece dan performa yang lebih ngebut.

BACA JUGA
  • 5 Penyebab Performa Laptop LEMOT dan Cara Mengatasinya
  • 7 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi | Bisa Normal Lagi!
  • 7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Laptop Cepat Rusak

Pertimbangan Sebelum Membeli Laptop Baru

Dilansir dari DigitalTrends, meski produk baru sangat menggoda atau sedang ada potongan harga, jangan buru-buru mengganti laptop lama kamu. Setidaknya, sebelum membaca 5 pertimbangan berikut ini.

1. Jangan Mudah Tergoda oleh Potongan Harga!

Jangan Tergoda Oleh Potongan Harga

Memang benar, seiring waktu laptop menjadi lebih baik. Sebut saja Dell XPS 13, Lenovo Yoga 910, dan HP Spectre X360 yang dibuat sangat baik, dengan performa makin ngacir dan daya tahan baterai yang lebih awet.

Perkembangan laptop telah meningkat selama bertahun-tahun. Namun, laptop yang kamu gunakan saat ini mungkin masih lebih dari cukup untuk menunjang pekerjaan kamu.

Ketika membeli sebuah laptop, pasti kamu berharap setidaknya laptop tersebut bisa bertahan selama 3 tahun atau bahkan lebih. Tentu saja jika laptop benar-benar masih bisa diandalkan dan tidak rewel, belum saatnya kamu mengganti laptop lama kamu.

2. Prosesor Laptop Baru Lebih Cepat, tapi Apa Itu Penting?

Prosesor Laptop Baru Lebih Cepat Tapi Apa Itu Sangat Penting

Setiap generasi baru prosesor Intel, tentunya lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya. Hasil benchmark sering menjadi acuan untuk membandingkan, tapi benchmark tidaklah menggambarkan performa yang sesungguhnya.

Ada banyak jenis prosesor, tapi 3 prosesor yang paling banyak digunakan adalah Core i3, i5 dan i7. Namun, baik Intel Core i5 maupun Core i7 adalah prosesor yang sangat cepat, hemat energi, dan cocok dipakai oleh siapa pun yang membutuhkan performa PC tinggi.

Jika kamu memiliki bujet yang tinggi, Core i7 bakal memberikan performa yang lebih powerful karena telah memiliki integrated graphic yang lebih baik, clock speed yang lebih cepat, serta hyper threading. Tapi, apakah memang membutuhkan performa Core i7, kalau dengan Core i5 sudah lebih dari cukup?

3. Haruskah Ganti Laptop demi Penyimpanan Jenis SSD?

Harus Kah Ganti Laptop Demi Penyimpanan Jenis Ssd

Solid State Drive (SSD) adalah inovasi terbaru dari penyimpanan data. SSD dapat meningkatkan kinerja, menghemat konsumsi energi, dan dapat diandalkan, meski harganya lebih mahal.

Maka tak heran jika sebuah ultrabook, MacBook atau ultrathin notebook yang menggunakan fasilitas penyimpanan ini dibanderol mahal.

Sebagai contoh, jika menggunakan hard disk biasa, kamu membutuhkan waktu booting sampai benar-benar masuk ke dalam sistem komputer sekitar 8-10 menit. Pada SSD hanya dibutuhkan waktu 2 sampai maksimal 5 menit saja. Kecepatan untuk menulis serta membaca data juga naik secara drastis.

Untungnya, kamu tidak harus mengganti laptop kamu untuk mengganti penyimpanan HDD ke SSD. Sebab kebanyakan laptop mendukung penggantian ini.

4. Baterai Jadi Alasan untuk Ganti Laptop?

Baterai Jadi Alasan Untuk Ganti Laptop

Ada banyak komponen dalam komputer yang meningkat, seperti prosesor, solid state drive, koneksi USB yang lebih cepat. Namun, kebanyakan orang mungkin tidak begitu peduli dan hal itu bukan menjadi alasan mengganti laptop lama.

Namun, buat kamu yang punya mobilitas tinggi dan harus membawa laptop ke mana pun kamu pergi, laptop tua yang berat mungkin akan sangat merepotkan. Dan yang bakal lebih membuat kamu frustrasi adalah daya tahan baterainya.

Untungnya, rata-rata daya tahan baterai laptop meningkat dari 3 jam menjadi 6 jam sejak tahun 2012 dan 2015. Ya, baterai adalah alasan yang paling kuat untuk mengganti laptop lama kamu. Tapi, kembali lagi, apakah kamu benar-benar butuh daya tahan yang lama?

5. Bagaimana dengan Para Gamer?

Bagaimana Dengan Para Gamer

Jika kamu seorang gamer, mungkin kamu akan keberatan dengan penjelasan di atas. Chipset grafis saat ini memang jauh lebih cepat. Sayangnya, tidak semua laptop gaming bisa di-upgrade ke jenis prosesor dan GPU yang lebih baru.

Itulah 5 pertimbangan sebelum mengganti laptop lama. Jika memang tidak ada masalah, laptop kamu harusnya masih bisa digunakan selama bertahun-tahun ke depan.

Kecuali laptop kamu mentok menjalankan Windows XP, penyimpanan data 120 GB, dan hanya mendukung RAM 2 GB. Kalau begitu, mungkin memang sudah saatnya menyiapkan dana untuk siap-siap membeli PC baru tahun depan.

ARTIKEL TERKAIT
10 Smartphone Android Terbaru Desember 2016

10 Smartphone Android Terbaru Desember 2016

Banner Laptop Gaming

4 Laptop Gaming Merek Langka Berkualitas Setara Alienware!

Begini Cara Men Charge Smartphone Kamu Hanya Dengan Gerakan Tubuh

Begini Cara Men-Charge Smartphone Kamu Hanya dengan Gerakan Tubuh

Wearable Gadget Keren Wajib Punya 7

Mau Tampil Keren? 7 Gadget ini Wajib Kamu Pakai di Tahun 2017!

Alat Mata Mata Keren Banner

7 Alat Mata-Mata Keren Bergaya Steampunk

APPS TERKAIT
Jalantikuscomcyberlinkyouperfect 102320 Icon
YouCam Perfect - Selfie Cam 5.15.1
Apps CyberLink
Snow Selfie Motion Sticker Icon
SNOW - Selfie, Motion sticker 1.7.3
Apps SNOW Team
Bestme Selfie Camera Icon
BestMe Selfie Camera 1.2.7
Apps RC PLATFORM
Pip Camera Selfie Photo Editor Icon
PIP Camera Selfie Photo Editor 1.2.1
Apps Lyrebird Studio
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
10 Cara Agar Laptop Tidak Cepat Rusak

10 Cara Agar Laptop Tidak Cepat Rusak

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Laptop Cepat Rusak

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Laptop Cepat Rusak

12 Tips Penting Membeli Laptop Berkualitas yang Cocok Buat Kamu

12 Tips Penting Membeli Laptop Berkualitas yang Cocok Buat Kamu

6 Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

6 Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal