J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Apa Sih Bedanya HDMI, VGA, DisplayPort, DVI, Thunderbolt, dan MHL?

Apa Sih Bedanya HDMI, VGA, DisplayPort, DVI, Thunderbolt, dan MHL?

Jumat, 23 Des 2016, 19:00 WIB
Untuk menghubungkan laptop ke TV atau monitor, ada banyak port yang tersedia. Seperti HDMI, VGA, DisplayPort, DVI, Thunderbolt, dan MHL. Berikut perbedaannya.

Jika kamu ingin menghubungkan laptop ke TV atau monitor, lubang port yang paling umum digunakan adalah HDMI.

Namun, sebenarnya ada banyak pilihan port lain seperti DisplayPort, DVI, Thunderbolt, MHL, dan VGA. Sejatinya fungsinya kurang lebih sama, yakni untuk menghubungkan satu perangkat ke perangkat lainnya.

Jadi, apa yang membedakan mereka? Ya, lebih dari sekedar kualitas video. Dikutip dari Fossbytes, biar nggak penasaran, ini dia perbedaan antara HDMI, VGA, DisplayPort, DVI, Thunderbolt, dan MHL!

BACA JUGA
  • Kenapa Komputer Butuh Restart Setelah Instal Software? Ini Penjelasannya!
  • Seberapa Aman Komputer Kamu dari Hacker? Begini Cara Ceknya!
  • 5 Tanda Komputer Kamu Kena Hack dan Cara Mengatasinya

Tahukah Kamu Perbedaan HDMI, VGA, DisplayPort, DVI, Thunderbolt, dan MHL?

1. VGA

Vga

VGA singkatan dari Video Graphics Array, yakni sebuah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987.

Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA merupakan port paling tertua dan sudah tidak dikembangkan lagi, tapi masih ditemukan pada beberapa PC.

2. DVI

Dvi

Digital Visual Interface (DVI) bisa dibilang versi lanjutan dari VGA. Bedanya jika VGA masih analog, DVI sudah digital. Konektor ini diciptakan oleh Digital Display Working Group pada tahun 1999 dengan 29 pin.

DVI dapat menghantarkan video secara digital dengan resolusi WUXGA (1.920 x 1.200) @60 Hz melalui single link dan WQXGA (2560x1600) @60 Hz via dual link. Selain itu, DVI juga mendukung output video analog yang kompatibel menggunakan adaptor.

3. DisplayPort

Displayport

Diluncurkan pada tahun 2006, DisplayPort digunakan untuk multi-monitor. Biasanya dibutuhkan oleh seorang desainer, programmer, atau mereka yang bekerja multitaksing dengan beberapa monitor.

Jika VGA dan DVI sudah hampir punah, DisplayPort masih dikembangkan. Versi terbaru adalah DisplayPort 1.4 yang mendukung HDR dan keluran video hingga 8K. Nvida GeForce GTX 1080 adalah kartu grafis pertama di dunia yang mendukung fitur DisplayPort 1.4.

4. HDMI

Hdmi

HDMI adalah koneksi audio/video digital tanpa kompresi. HDMI mendukung video standar, yang lebih tinggi, ataupun definisi tinggi, ditambah dengan audio digital multi kanal pada kabel tunggal.

Konektor HDMI Tipe A standar, mempunyai 19 pin, sedangkan versi resolusi yang lebih tinggi yang disebut Tipe B telah didefinisikan, walaupun belum digunakan secara umum.

Tipe B mempunyai 29 pin, yang mampu membawa kanal video expanded untuk digunakan dengan tampilan beresolusi tinggi. Tipe B dirancang untuk mendukung resolusi yang lebih tinggi dari 1.080 p.

HDMI Tipe A cocok juga dengan Digital Visual Interface (DVI-D) hubungan tunggal yang digunakan pada monitor komputer modern dan kartu grafik.

5. Thunderbolt

Thunderbolt

Thunderbolt pada mulanya dikembangkan oleh Intel. Namun setelah menjalin kerja sama dengan Apple. Thunderbolt muncul ke pasaran untuk pertama kalinya melalui MacBook Pro. Thunderbolt yang didasari oleh arsitektur PCI Express serta DisplayPort ini menggabungkan data, video, dan audio dalam satu koneksi.

Berkat gabungan dua arsitektur tersebut, perpindahan data Thunderbolt sangat cepat, yakni hingga 10 Gbps, 20 kali lebih cepat dari USB 2.0, 12 kali lebih cepat dari Firewire 800, dan 2 kali lebih cepat dari USB 3.0.

6. MHL

Supermhl

Mobile High-Definition Link adalah sebuah antarmuka yang dibuat untuk perangkat portabel termasuk ponsel. MHL dapat dianggap sebagai versi spin-off dari HDMI. MHL 3 punya dukungan untuk video 4K 30fps dengan HDCP 2.2 dan surround audio 7.1.

Pada perangkat seluler, HML menggunakan port micro-USB 2.0 untuk menghubungkan ke perangkat display menggunakan MHL ke HDMI adapter. Versi terbaru, superMHL, menambahkan dukungan untuk video 8K di 120fps, Dolby Atmos, HDR, dan lainnya.

Itulah perbedaan dari port koneksi HDMI, VGA, DisplayPort, DVI, Thunderbolt, dan MHL. Port dan VGA sudah tidak mencukupi dengan teknologi digital saat ini. Buat kamu yang ingin mengunakan monitor 4K, pastikan memiliki port HDMI dan DisplayPort. Bagaimana pendapat kamu? Share ya di kolom ini!

ARTIKEL TERKAIT
What Is Malware As A Service

Biar Komputer Awet, Yuk Kenali Malware Sebelum Terlambat!

7 Cara Menjadi Seorang Hacker Sejati

7 Cara Menjadi Seorang Hacker Komputer Sejati

Cara Scan Virus Online

Cara Scan dan Membasmi Virus di Komputer Tanpa Antivirus

Cara Mengubah Tampilan Android Secanggih Komputer

Cara Mengubah Tampilan Android Secanggih Komputer

APPS TERKAIT
Camfrog_icon
Camfrog Video Chat 6.11.576
Apps Camshare
Hotspot Shield Banner B6191
Hotspot Shield 9.6.0
Apps Pango
Adblock Icon
AdBlock 3.18.0
Apps everhelper.me
Secure Browsing Icon
Secure Browsing 1.0.2
Apps securebrowsingplus
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
10 Aplikasi Video Editing Terbaik untuk Android

10 Aplikasi Video Editing Terbaik untuk Android

Cara Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas, Hemat Memori!

Cara Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas, Hemat Memori!

10 Aplikasi Edit Video PC Ringan & Terbaik 2020, Banyak yang Gratisan!

10 Aplikasi Edit Video PC Ringan & Terbaik 2020, Banyak yang Gratisan!

Suka Nonton? Ini 9 Video Player Android Terbaik Yang Wajib Kamu Miliki

Suka Nonton? Ini 9 Video Player Android Terbaik Yang Wajib Kamu Miliki

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal