J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Pengaruh Negatif Smartphone Terhadap Otak dan Tubuh Anda, Atasi Segera!

Pengaruh Negatif Smartphone Terhadap Otak dan Tubuh Anda, Atasi Segera!

Jumat, 1 Apr 2016, 15:00 WIB
Memang sih, teknologi meningkatkan cara hidup kita, namun kesehatan kita mungkin memburuk. Berikut adalah beberapa fakta tentang bagaimana smartphone Anda mempengaruhi otak dan kesehatan tubuh tanpa sepengetahuan Anda.

Tidak ada keraguan bahwa teknologi telah berkembang secara dramatis bila dibandingkan dengan abad ke-19. Mengingat semua kemajuan yang telah kita lihat dalam sejarah, kita tampaknya menikmati memiliki smartphone. Smartphone telah mengubah cara kita hidup. Sekarang kita menikmati kebebasan terhubung ke dunia maya dengan hanya membawa smartphone di kantong kita di mana pun kita pergi.

Memang sih, teknologi meningkatkan cara hidup kita, namun kesehatan kita mungkin memburuk. Berikut adalah beberapa fakta tentang bagaimana smartphone Anda mempengaruhi otak dan kesehatan tubuh tanpa sepengetahuan Anda.

BACA JUGA
  • Inilah BAHAYA dari Radiasi Smartphone Kamu dan Cara Mengetahuinya!
  • Jangan Biarkan Mata Kamu RUSAK Gara-Gara HP Android!
  • Aplikasi Ini Mampu Mengukur Ketergantungan Kamu Terhadap HP Android

Pengaruh Negatif Smartphone Terhadap Otak dan Tubuh Anda

Kesehatan Psikologis Anda

1. Smartphone Mengurangi Interaksi Sosial

45d02beb248b485f57a59d099148aec0

Penggunaan smartphone akan merubah mood dan sikap Anda, terutama jika Anda dalam grup. Hal tersebut akan mencuri perhatian Anda bila dibandingkan dengan teman sekitar Anda. ini mengurangi kemampuan Anda dalam berhubungan dan bersosialisasi dengan orang lain. Ini sering mengakibatkan lebih menarik diri dari masyarakat dan meningkatkan kemungkinan menjadi "tertutup".

2. Penggunaan Smartphone Mengurangi Memori Anda

1cd978dfd7a06462e3d206df73732d99

Smartphone adalah alat yang sangat baik untuk menangkap moment yang terbaik dan paling berkesan dalam hidup kita. Tapi, kadang-kadang smartphone juga menjadi penyebab saat kita kehilangan memori kita. Hal ini disebabkan fakta bahwa kita hanya bergantung pada teknologi untuk mengingat hal-hal tersebut. Kita seakan berhenti untuk mengingat hal-hal tersebut dengan ingatan kita sendiri. Oleh karena itu, hal tersebut seakan hanya menjadi foto digital bukan kenangan di dalam diri kita.

3. Penggunaan Smartphone Melemahkan Penalaran Induktif Anda

7658298768e4c2c2635eb

Sekarang ini, sangat mudah bagi kita untuk mencari tahu suatu hal di Google hanya dengan satu kali klik. Tapi ini menyebabkan ketergantungan pada Google dan internet untuk memecahkan masalah dan pertanyaan menjadi boomerang pada kita. Dr Gordon Pennycook, Ph.D. Psikologi Kognitif di University of Waterloo, mengungkapkan bahwa kami lebih ketergantungan pada internet dan telah mengencerkan kecerdasan mental dan kemampuan untuk secara logis memecahkan dan menentukan jawaban yang benar pada kita sendiri.

Ini karena kita benar-benar tergantung pada apa yang internet berikan kepada kita. Daripada membaca tentang hal-hal dan membuat kesimpulan analitis, kita menganggap bahwa jawaban yang kita kumpulkan dari internet pasti benar.

Kesehatan Fisik Anda

Kesehatan mental dan psikologis bukan satu-satunya hal yang memburuk karena penggunaan smartphone kita, kesehatan fisik kita juga memburuk. Kenyamanan menggunakan smartphone menghilangkan beberapa kegiatan fisik yang kita lakukan setiap hari dan mengubahnya menjadi salah satu dari yang kita sebut 'malas' atau 'menunda-nunda' moment.

1. Smartphone Bisa Menjadi Penyebab Kelebihan Berat Badan

Confrontation 930744960720

Smartphone memungkinkan kita mengakses film favorit kita, permainan, dan aplikasi media sosial digital. Hanya dalam beberapa klik, kita dapat melakukan apapun yang kita inginkan. Ini hanya memperburuk perilaku 'berdiam diri' dan kurangnya aktivitas fisik. Faktor-faktor ini menyebabkan obesitas dan risiko untuk penyakit kronis.

2. Penggunaan Smartphone Dapat Mengganggu Pola Tidur

89690042011fea051508b

Cahaya biru yang dipancarkan dari perangkat elektronik mengganggu produksi hormon melatonin kita. Hormon-hormon ini adalah hormon yang bertanggung jawab untuk menidurkan kita.

3. Penggunaan Smartphone Dapat Meningkatkan Cedera Fisik

Bahaya Smartphone

Jika Anda secara fisik kurang aktif, otot-otot dalam tubuh Anda mulai melemah bersama dengan daya tahan dan sistem kekebalan tubuh. Hal ini, pada saatnya, membuat Anda rentan terhadap cedera fisik. Kita semua telah mendengar tentang kecelakaan yang disebabkan oleh mengemudi sambil SMS-an, tetapi apakah Anda tahu bahwa Anda juga rawan kecelakaan meskipun Anda hanya berjalan sambil SMS-an? Smartphone dapat menyebabkan cedera fisik karena mengalihkan Anda dari lingkungan fisik Anda.

Cara Produktif Untuk "Beristirahat" Dari Smartphone Anda

1. Nikmati Beberapa Aktivitas Luar Ruangan

Circleoffriends

Lebih sering keluar dari rumah dan membangun kembali hubungan Anda dengan alam. Pergi keluar untuk berjalan-jalan atau lari. Undang teman-teman Anda dan bermain olahraga favorit Anda. Atau mencoba sesuatu yang baru, seperti bersepeda gunung atau berkemah. Melakukan semua kegiatan di luar ruangan yang Anda sukai. Ini juga akan mendorong interaksi sosial dengan teman dan keluarga.

2. Baca Buku

Corimiddleschoolreading

Daripada membaca novel favorit pada smartphone Anda, lebih baik ke perpustakaan atau toko buku dan mendapatkan salinan fisik. Tidak ada yang mengalahkan perasaan santai membaca buku fisik di samping jendela dengan minuman panas.

3. Ambil Pulpen dan Mulailah Menulis

Writing 923882960720

Apakah Anda pernah merasakan moment dimana Anda menulis surat kepada seseorang yang istimewa menggunakan pena dan kertas? Atau mengungkapkan semua pikiran dan perasaan dalam buku harian? Sudah waktunya untuk melakukannya lagi. Cara kuno atau menulis masih merupakan cara terbaik untuk menyampaikan perasaan Anda.

4. Luangkan Waktu untuk Hobi Anda

Hobby 358921960720

Apakah Anda suka memasak, menggambar, atau berenang? Apa pun yang Anda sukai, saatnya untuk kembali ke hobi dan menghabiskan waktu luang untuk diri Anda sendiri.

5. Berinteraksi dengan Hewan Peliharaan Anda

Singa Jinak

Ada alasan mengapa anjing dianggap 'teman terbaik manusia'. Menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan Anda adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stress dan merasa lebih bahagia.

Nah, itulah pengaruh negatif smartphone terhadap otak dan tubuh Anda. Apa Anda sudah berusaha mengatasinya? Tinggalkan komentar Anda pada kolom komentar di bawah ini ya.

Sumber gambar: Google

ARTIKEL TERKAIT
Tes Sederhana Kecanduan Gadget Banner

Tes Sederhana Ini Bisa Membuktikan Kamu Kecanduan Gadget atau Tidak

Akibat Buruk Di Leher Kecanduan Gadget Banner

BAHAYA! Ini Akibat Buruk Bagi Leher Kamu Jika Kecanduan Gadget

5 Tanda Kecanduan Hp Banner

5 Tanda Kamu sudah Kecanduan Smartphone

Typosquatting Banner

8 dari 10 Orang Tidak Menyadari Bahaya Ancaman Typosquatting !

Bahaya Wifi

10 Bahaya WiFi untuk Kesehatan Manusia, Termasuk Merusak SPERMA!

APPS TERKAIT
Doktergratis
Dokter Gratis 2.5
Apps WAKI
Dokter Diabetes Icon
Dokter Diabetes 2.1.1
Apps PT. Amerta Indah Otsuka
Caridokter Icon
Cari Dokter 1.3
Apps
Bluelight Filter For Eye Care Icon
Bluelight Filter for Eye Care 1.937
Apps Hardy-infinity
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Inilah 7 Tanda Bahwa Kamu Telah Menuhankan Smartphone

Inilah 7 Tanda Bahwa Kamu Telah Menuhankan Smartphone

Selain Bikin Buta, Ini 10 Dampak Smartphone Bagi Remaja!

Selain Bikin Buta, Ini 10 Dampak Smartphone Bagi Remaja!

AWAS Bahaya Radiasi Smartphone Bisa Menyerang Otak!

AWAS Bahaya Radiasi Smartphone Bisa Menyerang Otak!

11 Cara Penting Sebelum Beli Smartphone Baru Pake Uang THR

11 Cara Penting Sebelum Beli Smartphone Baru Pake Uang THR

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal