J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Nokia 9 PureView: Punya 5 Kamera Belakang, Untuk Apa?

Nokia 9 PureView: Punya 5 Kamera Belakang, Untuk Apa?

Jumat, 8 Mar 2019, 14:00 WIB
Nokia menjadi pembicaraan publik karena merilis smartphone dengan 5 kamera belakang. Kira-kira, untuk apa Nokia melakukan itu? Berikut ulasan Jaka!

Kamu pernah enggak, geng, pakai handphone Nokia? Kalau kamu termasuk generasi 90an, Jaka yakin mayoritas dari kalian pernah punya.

Merek yang satu itu memang termasuk legenda. Bagaimana dengan sekarang? Nokia berusaha mengejar ketertinggalan mereka di pasar Android dengan sangat gemilang.

Terakhir, mereka baru saja merilis handphone yang banyak dibicarakan publik karena jumlah kameranya yang banyak banget: 5 kamera belakang!

Nokia 9 Pureview

Entah mengapa produsen handphone seolah-olah sedang berlomba-lomba untuk memiliki banyak kamera pada perangkat terbarunya.

Terakhir adalah Nokia 9 PureView yang dirilis ketika event Mobile World Congress (MWC) 2019. Tentu saja yang paling menonjol dari smartphone ini adalah jumlah kamera belakangnya.

5 kamera! Kamera-kamera tersebut didesain pada bagian belakang ponsel dalam bentuk heksagonal sehingga menyerupai mata laba-laba.

Orang yang memiliki trypophobia atau takut terhadap lubang-lubang yang banyak akan berusaha menghindari handphone ini.

Untungnya, handphone ini termasuk limited-edition, sehingga peluang untuk melihat handphone ini secara langsung tergolong kecil.

Spesifikasi Nokia 9 PureView

Nokia 9 Pureview 1 2 103ab

Sumber foto: Nokiamob

Kita kesampingkan dulu tentang kamera, Jaka ingin membahas spesifikasi yang dimiliki oleh handphone ini terlebih dahulu.

Dimulai dari prosesor, Nokia 9 dibekali dengan Qualcomm Snapdragon 845 yang hampir digunakan oleh seluruh handphone flagship tahun lalu.

Bagaimana dengan tahun ini? Sudah banyak yang beralih ke Snapdragon 855. Lantas, mengapa Nokia menggunakan prosesor yang lebih jadul? Ternyata ada alasan khususnya, geng!

Dengan 5 kamera yang dimilikinya, tentu harus ada integrasi yang baik antara prosesor dan kamera-kamera Nokia agar gambar yang diambil bisa lebih optimal.

Karena Snapdragon 855 terhitung baru, maka Nokia memutuskan untuk menggunakan versi 845 agar tidak mengulur tanggal rilis ponsel ini.

Nokia 9 Pureview 2 B5e20

Sumber foto: AndroidPIT

Prosesor ini didukung dengan 6GB RAM dan memori penyimpanan 128 GB yang membuat performanya semakin memuaskan. Sayangnya, baterai pada Nokia 9 hanya berkapasitas 3320 mAh.

Bicara dari segi desain, handphone ini dibuat dari bahan alumunium. Layarnya sendiri merupakan P-OLED dengan lebar 5.99 inci dan resolusi layar 1440x2880 (16:9).

Handphone ini tidak memiliki lubang untuk audio jack 3.55mm dan kameranya tidak memiliki notch ataupun kamera punch-hole di bagian layarnya.

Apakah ponsel ini tidak memiliki sensor sidik jari? Ada dong, geng. Sensor sidik jari handphone ini terletak di bagian layar meskipun memiliki banyak kekurangan jika dibandingkan dengan kompetitornya.

Kamera Nokia 9 PureView

Nokia 9 Pureview 3 B1c9f

Sumber foto: Nokiamob

Sekarang kita masuk ke hidangan utamanya: kamera. Apakah dengan banyaknya kamera yang ada membuat gambar yang dihasilkan oleh handphone ini menjadi lebih bagus dari lainnya?

Masing-masing kamera memiliki lensa 12MP dengan aperture f/1.8. Untuk kamera depannya sendiri (hanya ada satu buah) memiliki lensa 20MP.

Tiga kamera dilengkapi dengan monochromatic sensors yang mampu menangkap cahaya lebih baik dibandingkan dengan kamera RGB yang terdapat pada dua kamera lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa mengambil foto dengan mode monochrome untuk mendapatkan foto hitam putih yang menakjubkan.

Berkat struktur prosesor yang canggih, ketika kamu akan menangkap gambar, kelima kamera akan menjepret secara bersamaan sekaligus agar mendapatkan detail gambar terbaik.

Terkadang, proses pengambilan gambar membutuhkan waktu yang cukup lama. Bahkan, terkadang hingga membutuhkan waktu 10 detik.

Nokia 9 juga tidak memiliki wide angle camera dan telephoto camera. Alasannya, Nokia ingin memperlakukan kamera pada ponsel ini sebagai kamera ponsel, bukan kamera DSLR yang canggih.

Selain itu, handphone ini juga belum dilengkapi dengan optical image stabilization sehingga kamu harus hati-hati ketika menggunakannya di malam hari agar gambar yang kamu ambil tidak blur.

Kesimpulan

Nokia 9 Pureview 4 D0e80

Sumber foto: Firstpost

Jika dibuat kesimpulan, maka Nokia 9 PureView memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai berikut:

Kelebihan:

  • Kamera yang sangat memuaskan dan menyenangkan untuk digunakan

  • Tampilan layar memanjakan mata

  • Unik dengan desainnya yang eye-catching

  • Performa optimal meskipun hanya menggunakan Snapdragon 845

  • Menggunakan Android One

Kekurangan:

  • Proses pengambilan gambar lambat

  • Sensor sidik jari yang jelas masih membutuhkan banyak perbaikan

Terlepas dari berbagai kekurangannya, kualitas gambar yang dihasilkan oleh Nokia 9 benar-benar memuaskan. Warna yang ditampilkan betul-betul terasa nyata dan hidup.

Jadi, jika ada pertanyaan mengapa Nokia 9 PureView memiliki begitu banyak kamera, jawabannya adalah demi menghasilkan gambar dengan detail dan warna gambar yang lebih realistis.

Akhir Kata

Nokia 9 PureView dijual dengan harga $699 atau sekitar 10 juta rupiah. Di Amerika Serikat, ponsel ini sudah bisa dibeli sejak tanggal 4 Maret kemarin.

Belum ada informasi kapan ponsel ini tersedia untuk pasar Indonesia. Kalau kamu sudah ingin banget memiliki handphone ini, kamu bisa membelinya melalui toko online seperti Amazon dan Best Buy.

Baca juga artikel seputar Handphone atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah)

ARTIKEL TERKAIT
Hp Nokia Jadul F54f2

10 HP Nokia Jadul Terbaik yang Paling Banyak Dicari Tahun 2020

Cats 32bd2

Daftar Harga HP Nokia Terbaru November 2020, Pakai OS Android Murni!

Hp Nokia Terbaru Banner 2d1e0

Daftar HP Nokia Terbaru & Spesifikasi Januari 2019, Lengkap!

Varian Samsung Galaxy S10 Banner F4de7

Samsung Galaxy S10 Resmi Rilis dengan 4 Model|Sudah Bisa Pre-Order!

Samsung Galaxy Fold Banner 2df73

Detail Samsung Galaxy Fold: Spesifikasi, Harga, Waktu Rilis

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
5 Alasan Kenapa Kamu Gak Butuh Kamera 108MP, Cuma Gimmick Doang?

5 Alasan Kenapa Kamu Gak Butuh Kamera 108MP, Cuma Gimmick Doang?

HP dengan Kamera 100MP Siap Dirilis, Akan Jadi Resolusi Standar Kamera HP Tahun 2019?

HP dengan Kamera 100MP Siap Dirilis, Akan Jadi Resolusi Standar Kamera HP Tahun 2019?

7 Kamera dengan Desain Paling Aneh di Dunia, Ada yang Berbentuk Senapan!

7 Kamera dengan Desain Paling Aneh di Dunia, Ada yang Berbentuk Senapan!

6 HP Nokia Dengan Kamera Selfie Terbaik | Resolusi Besar Harga Bersahabat!

6 HP Nokia Dengan Kamera Selfie Terbaik | Resolusi Besar Harga Bersahabat!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal