• HOME
  • APPS
  • GAMES
  • TIPS & TRIK
  • GADGET
  • GOKIL
  • TECH NEWS
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Mitos-mitos Seputar Baterai dan Charging Yang Perlu Kamu Tahu FAKTA Sebenarnya

              Mitos-mitos Seputar Baterai dan Charging Yang Perlu Kamu Tahu FAKTA Sebenarnya

              00
              Senin, 19 Okt 2015, 09:00 WIB
              Banyak mitos yang beredar tentang baterai dan proses pengisian daya. Jaka punya kumpulan mitos-mitos seputar baterai dan charging yang perlu kamu tahu faktanya.

              Dari jaman HP masih batangan sampe sekarang jadi smartphone, banyak banget mitos yang muncul dan berkembang tentang baterai dan proses pengisian daya atau charging. Ada yang memang benar, tapi ada juga yang udah nggak relevan dengan kondisi saat ini. Nah, Jaka punya kumpulan mitos-mitos seputar baterai dan charging yang perlu kamu tahu faktanya.

              charging

              Ada yang bilang HP baru harus di-charge 8 jam dulu sebelom dipakai, ada juga pendapat kalau lagi nge-charge, HP-nya harus dimatiin, dan sebagainya. Bener nggak sih semua itu? Jaka coba jelasin satu per satu ya.

              BACA JUGA
              • Tips Hemat Baterai Smartphone Tanpa Harus Download Aplikasi
              • Haruskah Saya Mencabut Baterai Dari Laptop Agar Lebih Awet?
              • 10 Aplikasi Terbaik untuk Menghemat Penggunaan Baterai di HP Android Kamu

              Nge-charge HP Baru Selama 8 Jam

              Sampai sekarang, masih banyak loh penjual HP yang mengingatkan pembelinya untuk nge-charge selama 8 jam dulu sebelum pemakaian pertama. Faktanya, kamu bisa langsung nyalain HP baru kamu tanpa khawatir kenapa-kenapa. Sebab saat ini hampir semua HP sudah menggunakan baterai berbahan Lithium Ion (Li-ion) atau Lithium Polymer (Li-poly).

              Dulu, waktu kebanyakan HP masih menggunakan baterai berbahan Nickel metal Hydride (Ni-MH), cara ini memang tepat digunakan untuk mengoptimalkan kapasitas dan kemampuan baterai. Namun, saat ini sudah tidak relevan. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa baca artikel: Benarkah Perlu 8 Jam Untuk Charge Pertama HP?

              Nge-charge Saat Baterai Sudah Benar-benar Habis

              lowbat

              Mitos ini juga merupakan cara lama yang sangat tepat digunakan pada HP dengan baterai nikel (Ni-MH). Tapi untuk baterai Li-ion dan Li-poly, perawatannya beda bro! Sebaiknya kamu charge HP kamu ketika daya baterainya sudah tinggal 15%. Makanya di kebanyakan smartphone saat ini, terdapat notifikasi peringatan jika baterainya tinggal sedikit.

              Tapi sekali-sekali kamu boleh membiarkan HP kamu mati total untuk keperluan kalibrasi. Untuk cara kalibrasi baterai HP android, kamu bisa lihat artikel Cara Kalibrasi Baterai HP Android Tanpa Root dan Cara Membuat Baterai Android Seperti Baru Lagi.

              Nge-charge HP dengan Charger Merk Lain

              Kalau kamu rajin baca buku panduan HP kamu, pasti kamu nemu tulisan "Hanya gunakan pengisi daya asli yang tersedia dalam paket pembelian. Menggunakan pengisi daya lain yang tidak kompatibel dapat merusak perangkat Anda." Intinya sih, kamu disuruh pake charger yang dikasih aja, jangan pake charger lain.

              Faktanya, kamu boleh aja nge-charge HP kamu pake charger merk lain. Tapi usahain pake yang original ya. Jangan pake merk abal-abal yang harganya cuma 10 ribuan. Sebab, biasanya charger murah gitu bahannya jelek dan arusnya nggak stabil. Justru hal itulah yang akan ngerusak HP kamu. Penjelasan selengkapnya bisa kamu baca di artikel: Bolehkah Nge-Charge Smartphone dengan Charger Smartphone Lain?

              Nge-charge HP Semalaman

              Nah, kalau yang satu ini tergantung HP kamu. Saat ini, kebanyakan HP memiliki chip charging protection yang secara otomatis akan memutuskan arus listrik ketika baterai terisi penuh. Jadi walaupun di-charge terus menerus, baterai kamu nggak akan bocor.

              Nah, masalahnya adalah tidak semua HP memiliki fitur ini. Jadi, kamu harus cari tahu dulu di HP kamu ada chip charging protection-nya atau tidak. Tapi saran Jaka, sih sebaiknya charge hp kamu secara wajar dan normal aja.

              Nge-charge HP Sambil Digunakan

              use

              Ini nih yang pasti kamu sering lakukan, bikin bimbang soalnya. Mau dipake terus, tapi nanti habis di tengah jalan. Mau di-charge dulu, tapi kamu lagi butuh pake HP-nya juga. Terus harus gimana, dong?

              Semua itu balik lagi kepada kualitas HP dan baterai kamu. HP bagus dengan baterai asli dan berkualitas biasanya tetap aman walau digunakan sambil di-charge. Tapi usahakan jangan membuka terlalu banyak aplikasi, terutama yang banyak mengkonsumsi baterai. Misalnya yang bisa kamu lihat dalam artikel 10 Aplikasi Android yang Paling Boros Baterai dan RAM dan 5 Aplikasi yang Terbukti Bikin Boros Baterai Android. Tapi, saran Jaka sih gunakan HP kamu seperlunya saja. Kalau nggak ada keperluan mendesak, lebih baik charge HP kamu tanpa digunakan.

              APPS TERKAIT
              DU Battery Saver
              Apps DU APPS Studio
              Battery Calibration 1.2
              Apps N Ma
              Battery Booster Lite 7.2.3.9
              Apps AIO Toolbox Inc.
              Avast Battery Saver 1.0.861
              Apps Avast Software
              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR
              Langganan Artikel
              Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!