Benarkah Pake Smartphone Saat Hujan Badai Bisa Tersambar Petir?

20 March 2017

Pernah gak sih kamu dengar kasus orang tersambar petir? Meski jarang terjadi, namun sekalinya terjadi korban yang tersambar petir akan hangus terbakar, bahkan tewas. Maka dari itu saat hujan badai biasanya banyak larangan-larangan tertentu.

Selain harus mencabut TV dan berbagai alat elektronik dari sumber listrik, apakah kamu pernah mendengar larangan menggunakan smartphone saat hujan badai atau saat ada petir?

Menggunakan Smartphone Saat Badai

pake-smartphone-saat-badai-2

Sama halnya dengan berbagai perangkat elektronik lain, pada smartphone terdapat logam penghantar gelombang elektromagnetik. Karena itu, sebenarnya aman gak sih pake smartphone saat hujan besar disertai petir? Takutnya malah bikin tersambar petir.

Ternyata Pake Smartphone Saat Ada Petir Itu ....

Jika kamu jeli, sebenarnya produsen smartphone sudah memberikan peringatan pada box kemasan atau baterai mengenai hal ini. Soalnya komponen logam pada smartphone memang ada yang bisa menangkap gelombang elektromagnetik hingga menghasilkan medan listik.

pake-smartphone-saat-badai

Nah medan listrik yang dihasilkan ini akan mempengaruhi ion dan molekul udara, sehingga berpotensi mengalirkan listrik saat hujan turun disertai petir. Tapi hal ini tergantung di mana kamu menggunakannya.

Menurut sumber yang dilansir dari Australian Mobile Telecommunications Association (AMTA), orang yang menggunakan smartphone saat hujan di ruang terbuka, dekat pohon atau struktur logam bisa beresiko tersambar petir. Namun kemungkinan ini sangat kecil, apalagi jika di dalam ruangan.

Meski memang aman, sebaiknya tetap bijak dalam menggunakan smartphone saat hujan disertai petir. Jangan gunakan smartphone sambil di-charge saat hujan badai, soalnya lonjakan listrik biasa terjadi saat terjadi petir

Baca juga artikel seputar Smartphone atau artikel dari Epi Kusnara lainnya.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar