J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Kenapa Harga HP Xiaomi Bisa Murah Banget? Ternyata Ini Alasannya!

Selasa, 16 Feb 2021, 16:00 WIB
Kenapa HP Xiaomi bisa dijual dengan harga yang murah jika dibandingkan pesaingnya? Ternyata ini alasannya!

Merek HP Xiaomi dikenal dengan ciri khasnya yang memiliki spesifikasi tinggi, namun harga yang sangat bersahabat.

Contohnya seperti Poco M3 yang memiliki chipset gahar Qualcomm Snapdragon 662 serta GPU Adreno 610, tapi dijual dengan harga di bawah Rp 2 juta.

Varian lainnya yang laris manis adalah seri Redmi yang memiliki layar besar, mirip seperti seri Note dari Samsung, namun dengan harga yang berkisar dari Rp 1 jutaan saja.

Ada juga varian khusus untuk mobile gaming seperti Xiaomi Blackshark yang dibanderol sekitar Rp 7 juta, jauh lebih murah dibanding HP lain dengan spesifikasi setara.

Lantas, bagaimana bisa Xiaomi menjual HP yang murah namun tetap menampilkan spesifikasi yang tinggi?

Terungkap, ternyata praktik model bisnis di China yang berbeda dengan wilayah pasar lain menjadi salah satu faktornya. Semua ponsel besutan Xiaomi dibekali oleh sistem antarmuka buatan sendiri bernama MIUI.

Kenapa Harga HP Xiaomi Bisa Murah 1435c

Kelemahan dari MIUI adalah banyaknya iklan yang tertanam dalam antarmuka HP tersebut. Bahkan, iklan-iklan tersebut tidak hanya muncul dalam lockscreen saja, tapi juga dalam berbagai macam aplikasi.

Dilansir PhoneArena, iklan-iklan tersebut sengaja ditanamkan sebagai fitur dalam HP Xiaomi di China. Para pengguna Xiaomi mungkin sudah terbiasa ya melihat iklan-iklan yang muncul di HP-nya.

Anehnya, HP Xiaomi yang dijual di Indonesia justru tidak menampilkan iklan sama sekali. Ini berlaku pada HP Xiaomi yang didistribusikan secara resmi, bukan HP Black Market. Tentunya, hal tersebut memicu kemarahan bagi pengguna Xiaomi di China karena merasa adanya ketidakadilan.

Bahkan, saking kesalnya, para pengguna Xiaomi di China menyebut-nyebut MIUI sebagai Advertisement UI yang disingkat menjadi AdUI karena memiliki terlalu banyak iklan.

CEO Xiaomi, Lei Jun, menanggapi kritikan mengenai iklan di HP Xiaomi dengan berjanji akan mengurangi penampakan iklan demi kenyamanan pengguna.

Selain itu, faktor yang menyebabkan murahnya harga HP Xiaomi juga adalah bagaimana perusahaan menekan pemasaran dan periklanan. Ini membuat Xiaomi jadi lebih hemat.

Baca artikel mengenai Berita atau artikel menarik lainnya dari Michelle Cornelia.

ARTIKEL TERKAIT
Kota Yang Memiliki Internet Tercepat Di Indonesia Banner E9f7b
Ini Kota dengan Internet Tercepat di Indonesia, Bukan Jakarta?
Vivo Banner Aad20
5 Merek HP Terlaris di Indonesia, Nomor Satu Bukan Oppo atau Xiaomi!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal