J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno3 | Kamera Lebih Baik, Harga Lebih Murah!

7 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno3 | Kamera Lebih Baik, Harga Lebih Murah!

Rabu, 18 Mar 2020, 15:30 WIB
Setelah menunggu cukup lama, OPPO Reno3 akhirnya resmi masuk Indonesia, geng. Sebelum membeli, simak dulu kelebihan dan kekurangan OPPO Reno3 berikut ya!

Menggantikan lini OPPO F Series yang pertama kali hadir pada 2016 lalu, sudah barang tentu kalau OPPO Reno Series menjadi lini yang paling ditunggu-tunggu para penggemar jajaran HP OPPO, geng.

Hal ini terlihat dari OPPO Indonesia yang menanggalkan F Series pada OPPO F11 dan OPPO F11 Pro dan kian menggalakkan OPPO Reno yang kian dibanderol dengan harga terjangkau.

Setelah perdana hadir pada Desember 2019 lalu, kini Indonesia juga kedatangan seri terbaru OPPO Reno3 yang membawa sejumlah ubahan dibanding seri pembukanya.

Lalu apa saja perbedaan OPPO Reno3 yang rilis di Indonesia ini? Sebelum itu, yuk simak dulu ulasan kelebihan dan kekurangan OPPO Reno3 yang Jaka ulas lengkap di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno3 yang Rilis di Indonesia

Berbeda dibandingkan pendahulunya, OPPO Reno3 yang diboyong ke Indonesia merupakan versi LTE di mana seri OPPO Reno3 yang dirilis Desember lalu sudah dilengkapi dengan konektivitas 5G, lho.

Untuk itu, sebelum membelinya mending kamu ketahui dulu kelebihan dan kekurangan OPPO Reno3, beserta dengan spesifikasi dan harga OPPO Reno3 versi Indonesia berikut.

Kelebihan OPPO Reno3

Seperti pendahulunya, OPPO Reno3 menyasar kelas menengah seperti pada OPPO F Series. Maka nggak heran kalau kelebihan OPPO Reno3 ini mengunggulkan sektor seperti kamera dan baterainya, geng.

1. Kamera Utama dan Selfie dengan Fitur Pemotretan Malam Hari

Kelebihan Oppo Reno3 Camera 7eb3e

OPPO Reno3 dilengkapi dengan pengaturan empat kamera di bagian belakang bernama 48MP Zoom Quad Cam, yang artinya juga unggul di sektor telephoto-nya.

Kamera ini terdiri dari kamera utama 48MP, kamera telephoto 13MP, kamera ultrawide 8MP, dan kamera monokrom 2MP.

Salah satu keunggulan OPPO Reno3 pada kamera utamanya adalah Ultra Dark Mode yang akan aktif secara otomatis saat mendeteksi pencahayaan dengan tingkat cukup rendah.

Selain itu, ada juga mode pemotretan "Pro" yang mampu membuat sebuah foto beresolusi hingga 108MP dengan teknik sticthing, yakni menggabungkan beberapa frame menjadi sebuah foto.

Beralih ke kamera selfie, OPPO Reno3 dilengkapi dengan kamera depan 44MP yang diletakkan pada sebuah waterdrop notch.

Kamera depan ini juga dilengkapi dengan fitur Ultra Night Selfie yang berfungsi untuk melakukan pemotretan di kondisi minim cahaya, geng.

2. Teknologi OSIE, Bikin Instagram Stories Mulus

Kelebihan Oppo Reno3 Selfie 283b0

OPPO mengklaim kalau seri OPPO Reno3 ini sudah dilengkapi dengan teknologi bari bernama OSIE (OPPO Screen Image Engine) yang membuat proses pengambilan video untuk medsos tidak patah-patah.

Seperti yang biasa kamu temukan pada Instagram Stories atau TikTok yang direkam menggunakan kamera pada smartphone Android.

Dalam urusan perekaman video pula, OPPO Reno3 dilengkapi fitur Ultra Steady Video 2.0 yang sebelumnya hadir pada seri OPPO Find X2.

Mengandalkan electronic image stabilization (EIS), kamu bisa membuat video yang kamu rekam menjadi lebih stabil, geng.

3. Sudah Dilengkapi dengan VOOC Flash Charge 3.0

Kelebihan Oppo Reno3 Vooc 9e475

Sudah menjadi sebuah kewajiban bagi smartphone andalan OPPO, seri Reno3 ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi pengisian daya cepat VOOC Flash Charge 3.0.

Dengan teknologi ini kamu OPPO Reno3 bisa mendapatkan keluaran arus hingga 20W untuk mengisi baterainya yang berkapasitas 4.025 mAh.

4. Harga Lebih Terjangkau Dibanding Pendahulunya

Kelebihan Oppo Reno3 Harga B36ba

Dibanding Reno Series sebelumnya, OPPO Reno3 bisa dibilang dirilis dengan harga lebih terjangkau untuk pasar Indonesia.

OPPO Reno3 dirilis dengan versi 8/128GB dengan harga perdana Rp5,2 jutaan. Sementara OPPO Reno2 dan OPPO Reno2 F, sebelumnya dirilis dengan harga masing-masing Rp8 jutaan dan Rp5,4 jutaan.

Harga ini pun masih jauh lebih murah dibandingkan seri perdananya, OPPO Reno dan OPPO Reno 10x Zoom dengan harga masing-masing Rp8 jutaan dan Rp13 jutaan.

Kekurangan OPPO Reno3

Dibanding dua seri sebelumnya yang seakan mengandalkan spesifikasi kelas atas, OPPO Reno3 ini bisa Jaka bilang lebih menyasar pasar kelas menengah, geng.

Menyesuaikan dengan banderol harga yang diberikan, tentu ada beberapa kekurangan OPPO Reno3 yang bisa kamu temui. Apa sajakah?

1. Mekanisme Shark Fin Pop-Up yang Ditanggalkan

Kekurangan Oppo Reno3 Kamera A9929

Baik pada seri OPPO Reno dan OPPO Reno2, kedua smartphone andalan OPPO ini menggunakan mekanisme kamera pop-up shark fin yang bentuknya menyerupai sirip hiu.

Keunikan dan ciri khas satu ini tampaknya ditanggalkan OPPO dan kembali beralih menjadi waterdrop notch pada OPPO Reno3 kali ini.

Mekanisme kamera pop-up yang dianggap cukup rentan pula, yang Jaka rasa membuat banyak produsen mulai menanggalkannya, termasuk yang dilakukan oleh OPPO.

2. Usia Chipset Mediatek Helio P90

Kekurangan Oppo Reno3 Chipset 015d6

Reputasi chipset Mediatek bisa dibilang masih kalah saing dengan Qualcomm Snapdragon, khususnya untuk pasar Indonesia, geng.

Walaupun begitu, Jaka pun nggak menampik kalau performa chipset besutan Mediatek saat ini bisa mulai sebanding dengan kompetitornya tersebut.

Yang menjadi kelemahan OPPO Reno3 adalah penggunaan chipset Mediatek Helio P90 yang sudah "terlalu uzur" dipergunakan untuk tahun 2020 ini.

Pasalnya chipset ini perdana diperkenalkan pada Desember 2018, yang artinya sudah memiliki usia setahun lebih sejak pertama dirilis.

Padahal sekarang sudah banyak chipset Mediatek terbaru, seperti Helio G Series yang banyak digunakan HP gaming murah saat ini, geng.

3. Belum Dilengkapi dengan Konektivitas NFC

Kekurangan Oppo Reno3 Nfc Cbab3

Dengan banderol harga di kisaran Rp5 jutaan, tentu opsi meninggalkan konektivitas NFC bukanlah menjadi opsi yang tepat untuk dilakukan pada OPPO Reno3.

Punya reputasi sebagai seri andalan OPPO, seharusnya bisa menjadi NFC sebagai nilai jual utama di tengah perkembangan industri fintech di Tanah Air.

Terlebih saat ini kamu juga sudah bisa melakukan top-up e-Toll maupun e-Money dengan memanfaatkan NFC pada smartphone, lho. Bagaimana menurutmu?

Spesifikasi dan Harga OPPO Reno3 Terbaru di Indonesia

Spesifikasi Harga Oppo Reno3 9faa1
Sumber foto: oppo.com (Harga OPPO Reno3 di Indonesia lebih terjangkau, namun dengan spesifikasi kelas menengah dibanding seri sebelumnya.)
Detail Spesifikasi OPPO Reno3
Dimensi 160.2 x 73.3 x 7.9 mm
Bobot 170 gram
Layar AMOLED capacitive touchscreen
6.4 inci 1080 x 2400 piksel (FullHD+)
Chipset Mediatek MT6779 Helio P90 (12nm)
Octa-core (2x2.2 GHz Cortex-A75 & 6x2.0 GHz Cortex-A55)
GPU PowerVR GM9446
Sistem Operasi Android 10.0
ColorOS 7
RAM 8GB
Memori Internal 128GB
microSD hingga 512GB
Kamera Belakang 48MP, f/1.8, 26mm, PDAF (wide)
13MP, f/2.4, 52mm, 2x optical zoom, PDAF (telephoto)
8MP, f/2.2, 13mm (ultrawide)
2MP, B/W, f/2.4
LED flash, HDR, panorama
Kamera Depan 44MP, f/2.4, 26mm (wide)
HDR
Baterai 4.025 mAh
Jaringan GSM/HSPA/LTE
SIM Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Fitur USB Type-C 1.0, USB On-The-Go, fingerprint (optical under display)
Warna Midnight Black, Sky White
Tanggal Rilis Maret 2020 (Indonesia)

Versi Indonesia dari OPPO Reno3 ini dibandrol dengan harga Rp5.199.000,- untuk varian RAM 8GB dan memori internal 128GB. Ada dua pilihan warna, yakni hitam dan putih.

Untuk melakukan pemesanan, OPPO Reno3 juga sudah membuka pre-order mulai 17-26 Maret 2020 dengan keuntungan berupa bluetooth speaker OASE S3 seharga Rp999.000,-.

Akhir Kata

Nah, itulah dia ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan OPPO Reno3 yang patut kamu pertimbangkan karena punya harga jauh lebih terjangkau dari seri pendahulunya.

Punya kamera depan beresolusi hingga 44MP, tentu membuat OPPO Reno3 bisa dijadikan salah satu HP dengan kamera selfie terbaik, geng.

Bagaimanakah pendapatmu mengenai OPPO Reno3 ini? Yuk, bagikan pendapatmu pada kolom komentar di bawah ini ya!

Baca juga artikel seputar Gadget atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT
Realme C3 Spesifikasi 8a645

7 Kelebihan dan Kekurangan realme C3, HP Gaming 1 Jutaan Terbaik!

Kelebihan Dan Kekurangan Realme 6 Pro 258e0

8 Kelebihan dan Kekurangan realme 6 Pro, HP Gaming Harga Kaki Lima!

Perbedaan Realme 6 Dan Realme 6 Pro 9d923

Jangan Salah Beli! Inilah 4 Perbedaan realme 6 dan realme 6 Pro

Hp Ram 3gb Ffb0f

20 HP RAM 3GB Terbaik dan Terbaru 2020 | Mulai 1 Jutaan!

Tutorial Cara Unreg Paket Indosat Dengan Mudah Aa9f2

Cara Berhenti Berlangganan Paket Indosat Paling Mudah Anti Ribet

Kelebihan Kekurangan Samsung S20 Ultra Ed3c2

8 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S20 Ultra, Sektor Kamera Paling Overkill!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal