J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              7 Faktor Penting yang Menentukan Keamanan Privasi Data di Smartphone

              7 Faktor Penting yang Menentukan Keamanan Privasi Data di Smartphone

              00
              Selasa, 21 Feb 2017, 11:00 WIB
              Smartphone yang bisa melindungi privasi data kamu apa saja? Berikut 7 faktor penting yang menentukannya.

              Percaya atau tidak, kebanyakan orang saat ini sudah kecanduan yang namanya smartphone dan terlalu banyak bergantung. Terlepas dari itu semua, beberapa dari kamu tentunya ingin melindungi privasi data saat menggunakan berbagai aplikasi di ponsel.

              Sayangnya, tidak ada perangkat yang benar-benar aman dan semua kembali lagi ke pengguna. Namun sudah ada beberapa pabrikan ponsel yang memang menawarkan smartphone dengan tingkat keamanan yang lebih baik. Sebelum itu, berikut Jaka bahas faktor kunci apa saja yang harus diperhatikan untuk menjaga keamanan privasi data yang dikutip dari Gadgethacks.

              BACA JUGA
              • 5 Aplikasi Gratis untuk Menjaga Keamanan dan Privasi Android Kamu
              • 7 Tips Penting Untuk Melindungi Data Privasi di Smartphone Kamu
              • Inilah! 10 Cara Pengaturan Privasi Facebook yang Harus Kamu Ubah

              7 Faktor Kunci yang Harus Diperhatikan untuk Menjaga Keamanan Privasi Data

              1. Biometrik

              biometrik (2)

              Kebanyakan smartphone zaman sekarang sudah dilengkapi dengan sistem keamanan biometrik seperti sensor pembaca sidik jari yang dianggap lebih aman dibandingkan PIN, password, dan pola. Jadi pastikan smartphone kamu sekarang punya fitur ini. Ya, walaupun ada anggapan bahwa sistem biometrik ini juga masih bisa saja dicuri.

              2. Enkripsi

              shutterstock_520262746

              Setiap smartphone saat ini menggunakan salah satu dari dua jenis enkripsi: berbasis file (FBE) atau disk (FDE). Enkripsi berbasis file adalah metode yang lebih efektif, karena memungkinkan file individual dikunci dengan kunci yang berbeda.

              Sementara enkripsi disk hanya menggunakan satu kunci untuk mengunci seluruh partisi data. Untuk kuncinya ada yang menggunakan 128-bit dan yang terbaru 256-bit.

              3. Mesin Enkripsi

              mesin enkripsi

              Sumber foto: Foto: Thurrott.com

              Beberapa smartphone menggunakan perangkat keras untuk menangani proses enkripsi, ada juga yang melakukannya dengan perangkat lunak. iPhone 7 dan iPhone 7 Plus misalnya, Apple menggunakan chip perangkat keras yang didedikasikan untuk menangani enkripsi. Hasilnya jelas lebih baik dibandingkan dengan enkripsi berbasis perangkat lunak.

              4. Restrict Ad Tracking

              Restrict Ad Tracking

              Sumber foto: Foto: Wired.com

              Tahukah kamu, OS Android dan iOS tertanam ID pelacakan iklan untuk membantu mitra pemasaran menayangkan iklan yang ditargetkan. ID ini mengikuti saat kamu menggunakan aplikasi dan layanan di smartphone kamu.

              Di iOS, Apple memungkinkan kamu untuk membatasi kemampuan aplikasi untuk melihat dan menggunakan pengenal ini. Sementara di Android, Google hanya memungkinkan kamu untuk me-reset ID.

              5. Always-On VPN

              opera-vpn

              Virtual Private Network atau VPN, memungkinkan kamu untuk mengubah rute lalu lintas internet melalui server eksternal. Bahkan akan membiarkan kamu mengenkripsi semua lalu lintas data.

              Nah di perangkat Android, kamu dapat menyalurkan semua jenis lalu lintas internet melalui VPN. Sementara perangkat iPhone, kamu hanya dapat menggunakan VPN melalui WiFi, kecuali kamu bersedia untuk me-reset perangkat dan mengaktifkan "Supervised Mode" agar VPN bekerja pada sambungan data seluler.

              6. Factory Reset Otomatis

              factory-reset-android

              Sumber foto: Foto: Android Central

              Beberapa perangkat memiliki fitur yang memicu factory reset otomatis ketika seseorang mencoba untuk memasukkan PIN atau sandi salah terlalu banyak. Hal ini sangat bagus ketika smartphone hilang, setelah reset maka smartphone akan terkunci dan tidak bisa digunakan.

              7. Pembaruan Keamanan

              android-update-security-patch

              Google dan beberapa pabrikan ponsel seperti Samsung sepakat untuk memberikan pembaruan keamanan setiap bulannya. Namun, ponsel Blackphone menjanjikan jika ditemukan bug akan ditambal dalam waktu 72 jam .

              Sementara, Apple tidak memiliki jangka waktu tertentu. Terkadang pembaruan datang lebih cepat, kadang juga lama. Namun, pembaruan untuk perbaikan bug biasanya berjangka waktu satu bulan setelah bug ditemukan.

              Smartphone yang Paling Aman untuk Melindungi Privasi Data

              Itulah 7 faktor yang mempengaruhi keamanan privasi data di smartphone kamu. Dari daftar di atas, ada 4 smartphone nih yang yang mengadopsi sistem keamanan canggih untuk melindungi privasi data kamu di smartphone.

              1. Blackphone 2

              SilentCircle_Blackphone2

              Blackphone 2 ialah smartphone besutan Silent Circle, perusahaan yang berfokus pada privasi dan keamanan di semua produk dan layanannya.

              Smartphone kedua mereka yakni Blackphone 2 ini menjalankan Silent OS yang fokus pada keamanan, yang dilengkapi pengaturan privasi seperti pusat keamanan yang memungkinkan kamu untuk mengontrol izin dari setiap aplikasi.

              Selain itu, Blackphone 2 menggunakan enkripsi AES 128-bit, meskipun itu bebasis disk, yang berarti setelah kunci dekripsi (PIN atau password) telah dimasukkan, seluruh partisi data akan didekripsi.

              2. BlackBerry PRIV

              Priv

              Soal keamanan, BlackBerry tentunya sudah tidak diragukan lagi. Nah PRIV ponsel Android pertama BlackBerry ini masih merupakan salah satu smartphone paling aman.

              Selain PRIV, ada juga DTEK50 dan DTEK60. Perangkat BlackBerry ini memiliki tambahan privasi berlapis-lapis.

              Seperti Blackphone 2, PRIV memang memiliki sensor sidik jari, yang dapat bisa menjadi positif hal atau negatif tergantung pada bagaimana kamu ingin melihat itu.

              PRIV menggunakan enkripsi berbasis disk yang didukung oleh mesin enkripsi berbasis software. Namun, BlackBerry membuat enkripsi lebih kuat, yakni menggunakan kunci AES 256-bit.

              3. Apple iPhone 7

              iphone7

              Apple juga memperhatikan betul soal keamanan di ponsel teranyarnya. Mulai dari teknologi Touch ID yang lebih baik dan bekerja dengan berbagai aplikasi perbankan.

              Apple menggunakan AES 256-bit berbasis enkripsi file, artinya salah satu yang terbaik di smartphone. Hal ini didukung oleh mesin enkripsi hardware khusus. Sayangnya, Apple belum menawarkan pusat keamanan aplikasi di iOS terbaru.

              4. Google Pixel

              google pixel

              Daftar terakhir ada ponsel besutan Google, yakni Pixel dan Pixel XL. Kedua perangkat ini sukses membuktikan bahwa Google juga mampu membuat perangkat yang benar-benar premium untuk melawan Apple secara langsung.

              Review Google Pixel, Raja Dari Smartphone Android
              Google Pixel adalah salah satu smartphone terbaik Google. Memiliki segudang fitur dan spesifikasi tinggi, banyak orang penasaran dengan kehebatan Google Pixel.
              LIHAT ARTIKEL

              Kelebihan utamanya ialah pembaruan keamanan yang rutin langsung dari Google dan menggunakan enkripsi berbasis file. Pixel memang menggunakan mesin enkripsi berbasis software. Namun, itu satu-satunya ponsel Android hingga saat ini yang menggunakan enkripsi berbasis file, yang memberikan perangkat lapisan tambahan keamanan dengan kunci deskripsi 256-bit AES.

              Kesimpulan

              Buat kamu yang tidak begitu peduli dengan keamanan privasi data, mungkin sudah saatnya untuk memulai. Ingatlah, ancaman itu nyata dan semua fitur yang ditawarkan di atas akan kembali lagi kepada pengguna smartphone. Ya, pada dasarnya kita yang menentukan. Share pendapat kamu!

              Baca juga artikel seputar Smartphone atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

              APPS TERKAIT
              Capsa Royale 3.1.1
              Games
              JalanTikus 2.5.2
              Apps JalanTikus.com
              Babe - Baca Berita 7.6.2
              Apps Mainspring
              Dress Up Diary 1.3.43
              Games Maingames
              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR
              Langganan Artikel
              Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal