J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Jangan Salah Lagi, Ini 4 Jenis Memori untuk Smartphone!

              Jangan Salah Lagi, Ini 4 Jenis Memori untuk Smartphone!

              00
              Senin, 5 Jun 2017, 07:00 WIB
              Ada banyak macam memori di smartphone. Sampai-sampai masih banyak orang yang belum paham dengan bedanya fungsi RAM dan ROM. Jadi, apa sih bedanya masing-masing memori di smartphone?

              Saat ini pilihan smartphone semakin beragam dan mudah didapatkan. Smartphone berspesifikasi tinggi tidak lagi dibanderol dengan harga mahal, maka semua orang pun bisa menggunakan smartphone.

              Tapi, ternyata masih banyak orang yang menggunakan smartphone tanpa tahu apa fungsi dari komponennya loh. Dampaknya, banyak pengguna smartphone justru dibingungkan oleh spesifikasi. Salah satu spesifikasi yang banyak membingungkan pengguna smartphone adalah memori.

              BACA JUGA
              • 5 Cara Menambah Memori Smartphone Secara Gratis
              • Memori Full? Begini Cara Menghemat Memori Internal iPhone 16GB
              • Solusi Memori Android Penuh Padahal Tidak Install Banyak Aplikasi

              Jenis-Jenis Memori di Smartphone

              Ketika ada orang yang bertanya soal smartphone, banyak di antara mereka yang masih bingung antara peran RAM dan ROM. Kedua jenis memori ini memang bisa menyimpan data, tapi beda jenis datanya. Biar nggak salah, yuk simak jenis-jenis memori yang ada di smartphone berikut!

              1. RAM

              Seperti pada komputer, RAM (Random-access Memory) adalah jenis memori smartphone yang berfungsi sebagai penyimpan data sementara sistem operasi. Karena sementara, jadi data yang tersimpan tidak akan menumpuk selamanya.

              Jenis Memori Di Smartphone 2

              Sumber foto: Foto: AndroidPIT

              RAM ini yang akan memberikan tenaga untuk setiap aplikasi atau sistem yang kamu jalankan. Saat banyak aplikasi berjalan dan free RAM menipis, smartphone kamu akan jadi lemot. Jadi semakin besar RAM, akan semakin banyak aplikasi yang bisa kamu jalankan bersamaan. Dan dijamin akan jarang nge-lag.

              Saat smartphone lag karena data di RAM menumpuk, cukup matikan smartphone. Data yang ada di dalam RAM akan hilang begitu aliran listrik terputus.

              2. ROM

              Di smartphone, ROM (Read Only Memory) dikenal juga sebagai memori internal. Berbeda dengan RAM, memori internal digunakan untuk menyimpan data secara permanen meliputi aplikasi, dokumen, foto, video, dan lagu.

              Jenis Memori Di Smartphone 3

              Saat ini memori internal smartphone rata-rata 16 GB, tapi ada juga yang sampai 256 GB. Semakin besar memori internal, semakin banyak aplikasi dan data-data yang bisa kamu simpan di smartphone. Data di memori internal tidak akan hilang walau aliran listrik terputus.

              3. MicroSD

              Salah satu keunggulan Android dibanding iPhone adalah smartphone Android masih banyak yang dibekali slot kartu memori atau memori eksternal. Slot MicroSD ini bisa digunakan untuk menambah memori smartphone agar semakin luas dan leluasa dalam menyimpan data dan foto.

              Jenis Memori Di Smartphone

              Dengan adanya kartu memori, kamu bisa menggunakan memori internal sebagai media penginstalan aplikasi dan game. Sementara MicroSD bisa dialokasikan untuk foto atau video. Saat ini, dengan fitur Adoptable Storage di Android Marshmallow, kamu bisa mengubah memori eksternal jadi memori internal untuk menambah memori smartphone.

              Cara Tambah Memori Smartphone Banner
              Cara Gratis Menambah Memori Internal Smartphone
              Buat kamu yang suka menyimpan file banyak dan besar tapi memori di smartphone kamu gak cukup. Berikut cara menambah memori smartphone secara gratis..
              LIHAT ARTIKEL

              4. USB OTG

              Cara Menambah Memori Smartphone 5

              Sama seperti MicroSD, USB OTG juga berperan sebagai media penyimpanan data tambahan. Syaratnya, smartphone kamu harus sudah mendukung USB OTG. Dengan USB OTG, kamu bisa dengan mudah membaca data yang disimpan di flashdisk pada smartphone tanpa harus melakukan transfer data lewat komputer.

              Fungsi Usb Otg Ajaib
              10 Fungsi Menakjubkan USB OTG
              Sejak ada USB OTG, kita bisa membaca data di flashdisk dengan mudah kapan pun. Tapi selain untuk membaca USB flashdisk, ternyata USB OTG punya fungsi unik lain.
              LIHAT ARTIKEL

              Nah, itu dia 4 jenis memori di smartphone yang harus kamu ketahui agar tidak lagi salah kaprah. Sekarang sudah jelas ya, yang memengaruhi performa itu RAM, sementara memori smartphone yang lainnya memengaruhi keleluasaan kamu menyimpan data.

              APPS TERKAIT
              Memorybooster Icon
              Memory Booster - RAM Optimizer 6.0.3
              Apps
              Icon Dropbox 1
              Dropbox for Android 28.2.2
              Apps Dropbox
              20130725140043_738
              Google Drive for Android 2.4.452.14.35
              Apps Google
              Usb Otg Checker Icon
              USB OTG Checker 5.5
              Apps HSoftDD

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal