J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Jenis-Jenis Kamera Depan Smartphone Masa Kini yang Anti Mainstream

              Jenis-Jenis Kamera Depan Smartphone Masa Kini yang Anti Mainstream

              00
              Rabu, 5 Jun 2019, 14:00 WIB
              Produsen Smartphone kini berlomba-lomba dalam berinovasi menciptakan kamera depan yang unik dan beda dari yang lain. Apa saja jenis-jenis kamera depan smartphone yang anti-mainstream?

              Kamera depan nampaknya sudah menjadi fitur wajib yang harus dimiliki oleh semua Smartphone. Namun, 10 tahun yang lalu, kamera depan merupakan fitur yang hanya dimiliki handphone mahal, geng.

              Tapi sekarang mulai dari smartphone harga 1 jutaan hingga smartphone flagship belasan juta, semuanya wajib memiliki kamera depan.

              Teknologi yang semakin maju juga memengaruhi kamera depan tersebut. Kualitas foto dan AI Camera merupakan salah satu bentuk inovasi teknologi kamera depan.

              Selain kualitas, kamera depan juga di-modifikasi bentuk dan letaknya supaya menjadi semakin fungsional dan yang pastinya beda dari yang lain.

              Penasaran apa saja jenis-jenis kamera depan di smartphone yang anti mainstream? Yuk simak, geng!

              Jenis-Jenis Kamera Depan Smartphone Anti Mainstream

              Kali ini Jaka akan coba membahas kamera selfie di HP yang unik dan anti-mainstream!

              1. Notch Poni Lebar

              Apple Iphone X 5 85cd6

              Notch Poni sepertinya merupakan suatu trend desain kamera depan smartphone 2018 yang mulai di-populerkan oleh iPhone X dengan sukses.

              Notch poni ini sebenarnya merupakan inovasi produsen smartphone untuk membuang fitur tidak penting yang berada di atas layar untuk memberikan ilusi layar yang lebih lebar.

              iPhone X berhasil memodifikasi letak kamera depan menjadi anti-mainstream, tetapi tetap mendapat respon yang positif dari penggemarnya.

              Ada juga sih orang-orang yang memberikan respon negatif terhadap inovasi notch poni ini, hanya saja, jumlahnya nggak sebanyak yang menyukainya, geng.

              Karena respon positif yang didapatkan iPhone, produsen-produsen lain mulai mengikuti kamera depan berbentuk notch atau biasa disebut "poni" dan mengimplementasikan pada produk baru mereka.

              Sebut saja smartphone China keluaran 2018 ke atas seperti Xiaomi Mi 8, OnePlus 6, Huawei P20 Pro, Honor 10, dan masih banyak lagi.

              Memang sih, mereka membuat desain _notch yang agak berbeda, tapi tetap saja mengambil inspirasi dari sumber yang sama, yaitu iPhone X.

              Dengan adanya tren notch ini, rasanya agak susah membedakan smartphone mahal dan smartphone yang murah. Dengan layar besar dan notch, sekilas semua terlihat mirip, geng.

              Namun, tahun 2019 ini sepertinya notch berbentuk poni lebar sudah tidak begitu trending. Notch semakin kesini semakin kecil dan notch poni semakin ditinggalkan.

              2. Water Drop / Dew Drop / Tear Drop

              Waterdrop 6f0d7

              Nah, kalau tahun 2018 merupakan tahun-nya kamera di dalam notch poni lebar, maka awal tahun 2019 ini merupakan tahunnya Water Drop, geng.

              Water Drop, Dew Drop, atau Tear Drop sebenarnya adalah merupakan 1 bentuk inovasi lanjutan dari notch. Perbedaannya, di smartphone dengan water drop notch sudah lebih ramping.

              Smartphone dengan kamera depan water drop ini sudah tidak lagi memiliki sensor, speaker dan lain-lain di bagian atas layar.

              Produsen memindahkan atau mengeliminasi fitur-fitur tersebut dari layar dan hanya menyisakan kamera depan untuk memberikan kesan minimalis pada produk smartphone-nya tersebut.

              Kamera depan water drop merupakan pilihan inovasi yang digunakan smartphone dengan harga menengah ke bawah saat ini. Meskipun demikian, kesan elegan yang ditampilkan nggak kalah, kok.

              Contoh smartphone dengan kamera depan jenis water drop adalah Oppo F9 Pro, Vivo 11 Pro, Realme 2 Pro, Xiaomi Mi 9, Oppo R17 Pro, dan masih banyak lagi.

              3. Pop up / Slider Camera

              Pop Up 8aea6

              Meskipun notch dengan kamera depan sudah dibuat sekecil mungkin, nampaknya masih ada saja yang nggak suka, geng. Oleh karena itu, produsen ber-inovasi dengan memperkenalkan Pop Up / Slider Camera.

              Dengan pop up camera, layar smartphone bener-bener bersih dari segala bentuk notch dan kamera depan. Kamu bisa merasakan pengalaman full-display yang sesungguhnya.

              Biasanya, kamera depan pop up disembunyikan di bagian kiri atas smartphone. Namun untuk kasus Oppo Find X, kamera depan dan belakang akan muncul secara otomatis dari panel belakang ketika membuka aplikasi kamera.

              Kamera ini digerakkan oleh motor yang responsif yang dikendalikan oleh sensor. Sensor ini akan berfungsi apabila kita membuka aplikasi kamera depan. Wah, canggih sekali, ya, geng!

              Meskipun tampak canggih dan futuristik, banyak sekali kelemahan yang dimiliki kamera depan pop up. Segala sesuatu yang digerakkan secara otomatis, pasti akan lebih mudah rusak.

              Selain mudah rusak, smartphone dengan kamera depan pop up tidak tahan air dan juga lebih mudah kemasukkan debu. Hal ini membuat banyak orang yang berpikir dua kali untuk membeli smartphone jenis ini.

              Contoh handphone dengan kamera Pop Up adalah Oppo Find X, Oppo F11 Pro, Realme X, Vivo V15 Pro, Xiaomi Mi Mix 3, dan masih banyak lagi

              4. Punch Hole Camera

              Punch Hole B5d8a

              Punch Hole Camera merupakan alternatif buat pengguna smartphone yang menginginkan pengalaman full-display tanpa perlu menggunakan pop up camera yang beresiko.

              Sesuai namanya, punch hole camera merupakan kamera depan yang bentuknya seperti lubang. Kalau diperhatikan dengan seksama, Jaka jadi ingat minuman gelas yang ditusuk sedotan, geng.

              Kamera depan dengan bentuk punch hole berada di pojok atas layar smartphone. Kamera tersebut sangat kecil dan tidak akan menganggu kamu ketika bermain game atau menonton video.

              Fitur kamera depan punch hole ini hanya akan kamu temui di tipe-tipe smartphone flagship karena sistemnya yang rumit dan pastinya mahal, geng.

              Contoh smartphone yang menggunakan kamera depan jenis punch hole adalah Samsung Galaxy S10 & S10+, Samsung Galaxy A8s, dan Huawei V20 Pro.

              5. Rotating Slider / Pop Up

              Rotating Slider A5007

              Rotating Slider merupakan jenis kamera depan yang mirip dengan pop up camera, hanya saja lebih canggih lagi, geng. Jaka bilang lebih canggih karena kamera depan ini dapat berputar menjadi kamera belakang.

              Kamera depan jenis ini bikin kita ingat handphone nokia jaman dahulu yang kameranya bisa diputar-putar, seperti Nokia 3250 dan Nokia N90.

              Sama-sama digerakkan oleh motor seperti pop up camera, namun rotating slider memiliki satu perbedaan.

              Kamera rotating slider yang ada di panel belakang, akan muncul ke atas dan berputar untuk menjadi kamera depan.

              Kelebihan handphone ini adalah pengguna dapat merasakan full-screen display tanpa notch atau kamera depan sama sekali. Selain itu, lebih efisien karena memiliki kamera belakang yang multifungsi.

              Biarpun begitu, smartphone dengan kamera rotating slider juga memiliki kelemahan yang mirip dengan pop up camera. Kamera yang digerakan secara otomatis akan memiliki risiko kerusakan lebih tinggi.

              Belum banyak smartphone yang menggunakan jenis kamera rotating slider. Salah satu contohnya adalah Samsung Galaxy A80 yang baru saja dirilis April 2019 kemarin.

              Akhir Kata

              Demikian artikel mengenai jenis-jenis kamera depan smartphone masa kini yang anti-mainstream. Apakah ada jenis kamera depan lain yang Jaka lewatkan?

              Tuliskan pendapat kalian di kolom komentar ya, geng!

              Baca juga artikel seputar Gadget atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

              Komentar

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal