J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Jadi Korban Ganas Persaingan, LG Pamit dari Bisnis Ponsel

Rabu, 7 Apr 2021, 10:15 WIB
LG Electronics telah mengumumkan bahwa mereka telah menyerah dalam bisnis ponsel setelah mencatat rugi dalam beberapa tahun terakhir akibat persaingan yang ganas.

LG dan Samsung adalah dua perusahaan elektronik raksasa yang sama-sama berasal dari Korea Selatan. Namun, nasib keduanya bak pinang di belah dua dalam hal kepopuleran produk ponselnya.

Melansir data dari situs Mbaskool.com, Samsung tercatat menyabet peringkat satu dalam daftar 10 pabrikan ponsel terbaik di dunia sepanjang 2020 lalu.

Dalam data tersebut, Samsung mengirimkan sebanyak 260 juta unit ponsel dengan penjualan mencapai US$188 miliar dan laba sebesar $22,8 miliar.

Sementara LG bahkan tidak masuk 10 besar pabrikan ponsel terbaik di dunia. Mayoritas daftar tersebut dikuasai oleh pabrikan ponsel asal Cina seperti Huawei, Xiaomi, Oppi, Vivo dan Realme.

Sengit dan panasnya persaingan di industri ponsel membuat LG kewalahan menghadapi gempuran dari sana-sini. Sehingga mereka pun menyerah dan akhirnya mengambil keputusan yang berani: pamit dari bisnis ponselnya.

Pamitnya LG dari bisnis ponsel dikonfirmasi langsung oleh pihak perusahaan, Senin kemarin, 5 April 2021. Keputusan ini sendiri telah mendapatkan persetujuan para pimpinan perusahaan

"Keluarnya LG dari industri ponsel memungkinkan perusahaan untuk memfokuskan sumber daya di area pertumbuhan seperti komponen kendaraan listrik, perangkat yang terhubung, rumah pintar, robotika, kecerdasan buatan dan solusi bisnis-ke-bisnis, serta platform dan layanan," kata perwakilan LG dalam sebuah pernyataan dilansir dari The Verge.

Terus Mencatat Rugi

LG G8X ThingQ F856a
Sumber foto: CNN.com

Pengumuman ini sendiri tidak begitu mengejutkan. Pasalnya berbagai rumor dan spekulasinya yang mengindikasikan hal tersebut sudah banyak beredar jauh-jauh hari sebelumnya.

Pada Maret 2021 misalnya, LG dikabarkan telah mencoba menjajakan divisi smartphone kepada pembeli potensial. Sayangnya, upaya tersebut dihentikan dan mereka terancam menutup divisinya tersebut.

Dalam lima tahun terakhir, nasib LG di industri ponsel memang kurang mujur. Selama itu, pabrikan ponsel yang disebut-sebut menjadi pesaing Samsung itu terus mencatat kerugian demi kerugian.

Padahal LG sempat memberikan godaan bahwa mereka selebelumnya tengah menggarap ponsel yang layarnya bisa digulung (rollable) di pameran Consumer Electronics Show awal 2021 lalu.

Saat itu, LG sesumbar dan percaya diri bahwa ponsel tersebut asli dan direnanakan akan dirilis akhir tahun ini. Namun lewat keputusan ini, ponsel unik tersebut tidak akan menjadi kenyataan.

Ponsel kelas atas bikinan LG nyatanya tidak mampu bersaing dengan ponsel dari Samsung. Begitu juga dengan ponsel kelas menengahnya, mereka kesulitan menghadapi persaingan ketat dari pabrikan ponsel China.

Bikin Ponsel Unik Tak Ubah Nasib

LG Vs Samsung 7ee0b
Sumber foto: Top-rated-tvs.com

LG sebenarnya kerap merilis produk dengan desain dan beragam fitur unik yang anti-mainstream untuk menarik minat konsumen seperti LG Wing dan LG G8X ThingQ.

LG Wing adalah ponsel yang layar utamanya bisa diputar untuk menampilkan layar sekunder di bawahnya. Sedangkan LG G8X ThingQ punya layar ganda layaknya ponsel lipat.

Namun, upaya kreatif dan unik LG ini tak mampu bersaing dengan ponsel mainstream dari para pesaingnya. Sehingga mereka akhirnya menyerah dan menjadi korban persaingan industri ponsel yang ganas.

Baca juga artikel seputar Gadgets atau artikel menarik lainnya dari Andri Alfansyah.

BACA JUGA

5 Jenis Handphone Pertama di Dunia | Layar Sentuh Sudah Ada Tahun 90-an!

10 Tipe HP Jadul Favorit Anak Sekolah Tahun 2000-an, Pernah Punya yang Mana?

Oops, realme Terciduk Pakai iPhone di Demo Gaming Narzo 30A | Demi Dongkrak Peminat?

Banyak Akun Open BO di Aplikasi MiChat, ini Kata Menkominfo

ARTIKEL TERKAIT
4g 1 Jutaan Banner
10 Smartphone Android 4G Terbaik dengan Harga 1 Jutaan
Untitled Design 2021 03 30t134137 124 18ffc
Oops, realme Terciduk Pakai iPhone di Demo Gaming Narzo 30A | Demi Dongkrak Peminat?
Harga Hp Xiaomi Akan Naik Tahun Ini Banner 6ff0c
Harga HP Xiaomi Bakal Naik Tahun Ini, Kabar Sedih Buat Para Mi Fans!
Lg Terburuk A054c
7 HP LG yang Paling Gagal, Jualan HP Rusak?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal