J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • APPS
  • GAMES
  • TIPS & TRIK
  • GADGET
  • GOKIL
  • TECH NEWS
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Daftar 7 HP Android yang Dapat Diisi Penuh Hanya Dalam Waktu Cepat!

              Daftar 7 HP Android yang Dapat Diisi Penuh Hanya Dalam Waktu Cepat!

              00
              Jumat, 11 Sep 2015, 10:55 WIB
              Meski fitur Quick Charging tidak membuat daya tahan baterai lebih lama, setidaknya fitur ini membuat pengguna tidak butuh lama untuk mengisi baterai smartphone-nya kembali. Berikut ini beberapa HP Android yang sudah mendukung teknologi Quic

              Jika kita ikuti perkembangan smartphone saat ini tentu tidak ada habisnya. Selalu saja beberapa tipe smartphone dari berbagai merk yang diluncurkan dalam setiap bulannya. Begitu pula dengan teknologi yang diusungnya. Banyak perusahaan smartphone yang meluncurkan produk andalannya dengan peningkatan teknologi di berbagai lini, seperti prosesor lebih cepat, kapasitas RAM besar, konektivitas jaringan internet lebih cepat, atau layar lebih lebar dengan resolusi lebih tinggi.

              Baterai Kapasitas Besar

              Sayangnya, dengan banyaknya peningkatan di atas membuat smartphone mengonsumsi daya lebih besar, artinya daya baterai menjadi lebih boros. Beberapa perusahaan mencoba mengatasinya dengan menyematkan kapasitas baterai besar pada smartphone-nya, namun tidak banyak. Sebagai contoh seperti Lenovo P70 yang memiliki baterai berkapasitas 4.000 mAh dan Asus Zenfone Max dengan kapasitas baterai 5.000 mAh. Selebihnya, smartphone yang dirilis kebanyakan hanya dibekali dengan baterai berkapasitas standar, tidak lebih dari 3.000 mAh.

              Dengan borosnya daya baterai, beberapa vendor juga mengatasinya dengan menyematkan fitur "Quick Charging" di smartphone. Fitur ini memungkinkan baterai dapat diisi lebih cepat dari biasanya sehingga waktu pengisian baterai hingga penuh 100% menjadi lebih singkat. Fitur Quick Charging umumnya bisa ditemukan pada smartphone unggulan dengan banderol harga yang tergolong tinggi.

              BACA JUGA
              • Rekomendasi HP Android Terbaru Harga Rp 2 Jutaan September 2015
              • 3 HP Cina Fenomenal Perusak Pasar di Tahun 2015
              • Nah Lho, iPhone 6 Dituduh Menjiplak Desain HP Cina

              Sekilas Tentang Fitur " Quick Charging"

              Di tahun 2012, fitur Quick Charging atau pengisian baterai cepat pertama kali diusung oleh Qualcomm melalui teknologi QuickCharge v1.0 dengan memaksimalkan 10 watt daya yang masuk dari USB. Teknologi ini terbukti berhasil mengurangi waktu pengisian baterai menjadi lebih cepat hingga 40% dari pengisian baterai biasa.

              Berikutnya, Qualcomm kembali merilis teknologi QuickCharge v2.0, fitur ini kebanyakan tersedia pada perangkat dengan prosesor Snapdragon 800. Pengisian baterai cepat lainnya ditawarkan oleh perusahaan asal China, Oppo melalui teknologi VOOC seperti pada Oppo R5 dan Oppo Find 7. Berkat fitur VOOC, baterai 3.000 mAh pada Oppo Find 7 dapat diisi penuh hanya dalam waktu 1 jam 22 menit.

              Yang terbaru, pengisian baterai cepat datang dari Samsung melalui teknologi Fast Adaptive Charging pada Samsung Galaxy S6. Sebetulnya teknologi ini juga telah terdapat pada Samsung Galaxy Note 4, namun tidak terlalu terlihat perbedaannya karena baterai Galaxy Note 4 yang cukup besar, yakni 3220 mAh.

              Meski fitur Quick Charging tidak membuat daya tahan baterai lebih lama, setidaknya fitur ini membuat pengguna tidak butuh lama untuk mengisi baterai smartphone-nya kembali. Berikut ini beberapa HP Android yang sudah mendukung teknologi Quick Charging edisi Agustus 2015.

              1. Samsung Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge

              galaxy s6

              Kapasitas baterai Galaxy S6 sebesar 2.550 mAh dan baterai Galaxy S6 Edge sebesar 2.600 mAh. Dengan teknologi Fast Adaptive Charging yang dimilikinya, baterai Galaxy S6 dari 0 hingga penuh membutuhkan waktu pengisian selama 76 menit. Sementara baterai Galaxy S6 Edge membutuhkan waktu sedikit lebih lama, yaitu 83 menit.

              2. Google Nexus 6

              nexus 6

              Dengan layar 6 inci, Nexus 6 dibekali baterai cukup besar, yakni 3.220 mAh. Berkat teknologi Quick Charging yang dimilikinya, Nexus 6 hanya membutuhkan waktu selama 98 menit untuk mengisi baterai dari kondisi kosong 0% hingga penuh 100%.

              3. Asus Zenfone 2

              zenfone 2

              Meski tergolong baru di dunia smartphone, namun Asus bisa dibilang cepat dalam mengembangkan teknologi. Hal ini terlihat pada smartphone andalan terbarunya, yakni Asus Zenfone 2. HP Android ini sempat menjadi smartphone pertama di dunia yang menggunakan RAM 4 GB.

              [gadget]764[/gadget]

              Di sisi baterai, Asus Zenfone 2 dibekali fitur pengisian baterai cepat dengan nama teknologi BoostMaster. Teknologi ini memungkinkan baterai 3.000 mAh pada Zenfone 2 dapat diisi ulang dari 0% hingga 60% hanya dalam waktu 39 menit.

              4. Samsung Galaxy S6 Active

              galaxy s6 active

              Dibanding Galaxy s6 dan S6 Edge, baterai Galaxy S6 Active memiliki kapasitas lebih besar, yaitu 3.500 mAh. Hal ini membuat ketahanan daya baterainya menjadi lebih lama. Namun pengisian baterainya pun membutuhkan waktu sedikit lebih lama, sekitar 103 menit.

              5. Galaxy Note 4 dan Galaxy Note Edge

              galaxy note 4

              Baterai 3.220 mAh milik Samsung Galaxy Note 4 dapat diisi penuh dalam waktu 95 menit. Sedangkan baterai 3.000 mAh Galaxy Note Edge dapat diisi penuh dalam waktu 82 menit.

              [gadget]261[/gadget]

              6. HTC One M9

              htc one m9

              HTC One M9 memiliki kapasitas baterai sebesar 2.840 mAh. Sebagai smartphone kelas premium, HTC One M9 juga dilengkapi dengan teknologi Quick Charging dan Wireless Charging. Baterainya dapat diisi dari kosong hingga penuh dalam waktu 106 menit.

              [gadget]832[/gadget]

              7. OPPO Find 7

              oppo find 7

              Oppo Find 7 memiliki baterai sebesar 3.000 mAh. Dengan teknologi VOOC, baterai Oppo Find 7 dapat diisi penuh hanya dalam waktu 1 jam 22 menit.

              Bonus

              OnePlus 2

              oneplus 2

              OnePlus 2 belum lama ini resmi diluncurkan, namun tidak dengan fitur Quick Charging. Meski begitu, berkat beragam keunggulan yang dimilikinya, OnePlus mengklaim smartphone ini sebagai "Flagship Killer" tahun 2016. Salah satu keunggulannya adalah OnePlus 2 sudah dibekali dengan fitur USB Type-C.

              USB Type-C sudah menggunakan port USB versi 3.1 yang memiliki kecepatan untuk mentransfer data 20 kali lebih cepat dari USB 2.0 yang ada pada HP Android biasa saat ini. USB 2.0 hanya mampu mentransfer data hingga 480 MB/s, sedangangkan USB Type-C (3.1) memiliki kecepatan transfer data hingga 10 GB/s.

              Bukan hanya mentransfer data, pengisian baterai pun lebih cepat. Jika pada USB 2.0 hanya bisa menghantarkan daya hingga 2,5 volt pada arus 1,8 ampere, maka pada USB 3.1 daya yang bisa dihantarkan mencapai 20 volt dengan arus 5 ampere. Untuk mengisi baterai 3.300 mAh milik OnePlus 2 diperkirakan hanya butuh waktu 1,5 jam.

              Artikel Menarik Lainnya:

              APPS TERKAIT
              AIDA64 1.45
              Apps Devi
              Geekbench 3 3.4.1
              Apps Primate Labs Inc.
              CPU-Z for Android
              Apps CPUID
              CPU / RAM / DEVICE Identifier 8.5.0
              Apps Davy Bartoloni
              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR
              Langganan Artikel
              Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!