J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

iPhone 6s Harga dan Spesifikasi Terbaru 2020, HP Mungil Spek Gahar!

iPhone 6s Harga dan Spesifikasi Terbaru 2020, HP Mungil Spek Gahar!

Sabtu, 25 Jul 2020, 11:00 WIB
iPhone 6s sudah dirilis sejak 2015 lalu. Namun, HP dengan kamera canggih ini masih bisa kamu andalkan di 2020. Yuk, simak spesifikasi lengkapnya!

Siapa, sih, di sini yang bermimpi untuk memiliki iPhone? iPhone merupakan brand smartphone milik Apple yang selalu berinovasi untuk menyajikan fitur terkini dan terbaik.

Banyak yang membandingkan spesifikasi iPhone vs Android. Di atas kertas, tentu Android menang. Namun, mengukur kecepatan dan performa HP gak sesimple itu.

Buktinya, iPhone 11 dengan RAM 4GB mampu berjalan lebih mulus dibandingkan HP Android dengan RAM 8GB. Konfigurasi RAM dan chipset yang digunakan iPhone memang berbeda, sih.

Pada tahun 2015 silam, Apple meluncurkan iPhone 6s yang membawa beberapa perubahan signifikan dibanding pendahulunya. Prosesor, layar sentuh, dan kamera iPhone 6s terbilang canggih banget di masanya.

5 tahun berselang, iPhone 6s hingga kini masih menjadi device andalan banyak orang. Kira-kira apa yang membuat iPhone 6s masih digilai konsumen? Yuk, simak ulasan Jaka!

Harga, Fitur, dan Spesifikasi iPhone 6s

Dalam artikel ini, Jaka bakal kasih tahu kamu mengenai fitur, spesifikasi lengkap, serta harga terbaru dari iPhone 6s. Mungkin saja, iPhone 6s bakal cocok banget sama kamu.

Apalagi, kini harga mantan HP flagship ini sudah murah banget, geng.

Fitur Unggulan iPhone 6s

Pertama-tama, Jaka bakal mengulas tentang beberapa fitur yang jadi selling point terpenting iPhone 6s. Sehabis baca ini, kemungkinan besar kamu bakal jatuh cinta, deh!

Desain dan Layar

1 Cbb6a

Bukan iPhone namanya kalau tidak didesain dengan presisi, mewah, dan premium. Meskipun sudah ketinggalan zaman, namun konsep minimalis yang diusung Apple gak akan pernah pudar.

iPhone 6s nggak membawa desain baru yang membedakannya dengan seri iPhone 5. Meskipun begitu, HP ini menggunakan material Alumunium 7000 yang lebih kokoh dan tahan bengkok.

iPhone 6s memiliki layar 4,7 inci dengan rasio layar dan body 65,6%. Cukup besar, sih, bezel-nya, namun hal itulah yang menjadi ciri khas iPhone di zamannya.

Layarnya menggunakan panel IPS LCD dengan resolusi 750 x 1334 pixels. Gak begitu besar, namun kompatibel banget dengan layar iPhone 6s yang gak begitu besar.

HP iPhone 6s menjadi seri iPhone pertama yang memperkenalkan fitur 3D touch. Fitur ini memungkinkan layar dan shortcut aplikasi dapat menampilkan menu saat disentuh layaknya fitur "klik kanan" pada PC desktop.

Selain itu, layarnya juga bisa memberikan efek getar "Taptic engine" seperti yang ditemukan pada trackpad Macbook atau pada layar Apple Watch.

Layarnya sendiri mengusung teknologi Retina Display sehingga mampu menampilkan warna cerah dengan lebih kontras namun tetap realistis.

Performa

2 8c413

iPhone 6s mengawali debutnya dengan dukungan chipset terbaru milik Apple saat itu, yakni Apple A9. A9 ini merupakan chipset 64-bit generasi ketiga Apple yang menawarkan performa lebih tinggi.

Pihak Apple mengklaim, chipset terbarunya ini memiliki kemampuan GPU hingga 90% lebih cepat dan kinerja CPU 70% lebih cepat dibanding seri sebelumnya.

iPhone 6s aslinya dibekali sistem operasi iOS 9. Untungnya, iPhone 6s masih mendapatkan update OS terbaru, yakni iOS 13.6 yang baru saja diluncurkan di tahun 2020.

Seperti yang Jaka bilang, iPhone 6s hanya dibekali RAM 2GB. Tentunya kecil banget dibandingkan RAM HP Android di kelasnya. Namun, kinerja chipset Apple sangatlah efisien dan gak makan RAM besar seperti Android.

Kalau kamu gak percaya, kamu bisa cobain sendiri main game berat seperti PUBG Mobile dengan setelan grafik High. Game bakal berjalan dengan smooth meskipun terkadang ada sedikit lag.

Kamera

3 428cf

iPhone 6s merupakan iPhone pertama yang menggunakan kamera utama dengan resolusi lebih dari 10MP. iPhone 6s memiliki resolusi kamera utama 12MP, meningkat signifikan dari iPhone 6 yang cuma 8MP.

Selain itu, kamera iSight pada iPhone 6s memiliki pixel 50% lebih banyak dan 50% lebih fokus. Untuk merekam video, kamera utamanya mampu merekam video hingga resolusi 4K.

Bukan hanya kamera belakangnya, kamera depan iPhone 6s juga meningkat menjadi 5 MP dari sebelumnya yang hanya 1.2 MP. Kamera depannya bisa merakam video hingga resolusi Full HD (1080p).

Menariknya, saat kamera pada mode selfie (kamera depan), layar iPhone 6s bisa digunakan sebagai Flash. Terdapat chip khusus yang dapat mendorong layarnya menyala 3x lebih terang sehingga dapat membatu pencahayaan saat berfoto selfie.

Jangan mudah tertipu dengan embel-embel kamera puluhan hingga ratusan Megapixel pada Android. Biasanya, hal itu cuma gimmick supaya HP tersebut laku dibeli.

Salah satu alasan kenapa produk Apple mahal adalah karena chipset-nya yang mampu memaksimalkan kinerja dengan resource yang terbatas. Hasil kamera iPhone 6s bahkan mengalahkan HP Android dengan kamera 48MP.

Kalau kamu suka posting story di Instagram, tentu hasilnya akan lebih mulus ketika menggunakan iPhone, kan?

Baterai

5 B0a9a

Tahun 2015, HP dengan baterai jumbo bukanlah hal yang umum. Makanya, jangan heran kalau iPhone 6s cuma menggunakan baterai Li-Ion berkapasitas 1715 mAh.

Gak begitu memuaskan, sih, namun cukup banget untuk kamu gunakan sehari-hari. Buat main game, baterai iPhone 6s juga bisa bertahan lama asalkan kamu tetap bijak dalam main game.

Kalau kamu suka dengar musik, iPhone 6s bakal bertahan hingga 50 jam non stop. Kalau gak bisa dibuat nge-game lama-lama, seenggaknya kamu bisa dengerin musik sepuasnya, geng.

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 6s

5 74694

Setelah mengetahui beberapa fitur unggulan dari HP iPhone 6s, Jaka bakal menyimpulkan beberapa poin kekurangan dan kelebihan dari HP ini.

Kelebihan iPhone 6s

Biar kamu makin tertarik untuk membeli HP iPhone terbaik ini, Jaka bakal kasih tahu kamu beberapa poin plusnya terlebih dahulu.

  • Kamera Berkualitas: Bukan iPhone namanya kalau gak dibekali dengan teknologi kamera tercanggih. Bahkan buat ukuran HP berusia 5 tahun, kamera iPhone 6s masih sangat memuaskan.

  • Performa Mumpuni: Chipset Bionic A9 bikin multitasking dan menjalankan aplikasi di iPhone 6s terasa mulus meskipun cuma memiliki RAM 2GB.

  • Layar Retina Display: Retina Display mampu menyesuaikan warna dan visual yang tampil agar sesuai dengan retina mata manusia sehingga gambar terlihat lebih hidup.

Kekurangan iPhone 6s

Supaya adil, Jaka juga akan membahas kekurangan dari HP ini yang wajib kamu ketahui. Biar kamu gak salah pilih dan menyesal, geng!

  • Bakal Kehabisan Update: Meskipun masih mendapat update iOS 13.6, ada kalanya iPhone 6s gak bakal mendapat update lagi karena spesifikasi yang sudah ketinggalan zaman.

  • Baterai Kecil: Kapasitas baterai 1715 mAh tentu bakal membatasi kamu dalam main game atau menggunakan iPhone 6s dalam jangka waktu lama.

  • Layar Sangat Minimalis: Buat kamu yang sudah terbiasa menggunakan layar bezel-less dengan diameter lebar, rasanya iPhone 6s dengan layar 4,7 inci bakal menyulitkan kamu.

  • Gak Ada Slot Memori: Kekurangan yang paling disayangkan dari iPhone 6s adalah gak adanya slot memori eksternal. Jadi, belilah varian memori besar atau jangan install banyak aplikasi.

Spesifikasi Lengkap iPhone 6s

Kini kita masuk ke pembahasan iPhone 6s harga dan spesifikasinya. Semua penjelasan Jaka di atas kurang lebih hanya rangkuman dari segelintir informasi penting seputar HP ini.

Kalau kamu pengen tahu mengenai info selengkapnya, kamu bisa cek tabel yang telah Jaka buat di bawah. Berikut adalah spesifikasi lengkap iPhone 6s:

Detail iPhone 6s Spesifikasi
OS iOS 9, upgradable to iOS 13.6
Dimensi 138.3 x 67.1 x 7.1 mm
Display IPS LCD 4.7 inches HD+ (750 x 1334 pixel)
Processor Apple A9 (14 nm) Dual-core 1.84 GHz Twister
GPU PowerVR GT7600 (six-core graphics)
RAM 2GB RAM
Memory Internal 16GB, 32GB, 64GB, dan 128GB
Main Camera 12 MP, f/2.2, 29mm (standard), 1/3", 1.22 m, PDAF
Front Camera 5 MP, f/2.2, 31mm (standard)
Battery Non-removable Li-Ion 1715 mAh battery (6.91 Wh)

Harga iPhone 6s Terbaru 2020

Setelah membaca keseluruhan artikel dari atas ke bawah, pasti kamu sudah mencari-cari harga dari HP iPhone 6s ini, kan?

Di Indonesia, iPhone 6s hadir hanya dalam 4 varian, yakni RAM 2/16GB, 2/32GB, 2/64GB dan 2/128GB. Karena sudah cukup lama rilis, maka kamu bakal lebih mudah menemui iPhone 6s second dibandingkan yang baru.

HP iPhone 6s harganya adalah sebagai berikut:

Varian Harga
iPhone 6s 16GB/2GB RAM Rp2.199.000,- (Second)
iPhone 6s 32GB/2GB RAM Rp2.250.000,-(Second)
iPhone 6s 64GB/2GB RAM Rp2.650.000,-(Second)
iPhone 6s 128GB/2GB RAM Rp2.800.000,-(Second)

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai harga, fitur unggulan, serta spesifikasi lengkap dari iPhone 6s yang rilis 5 tahun lalu.

Menurutmu bagaimana, masih worth it gak untuk membeli iPhone 6s di tahun 2020 ini. Tuliskan jawabanmu di kolom komentar, yah!

Baca juga artikel seputar iPhone atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Xiaomi Mi Max

Alasan Kenapa Xiaomi Max Jauh Lebih Baik dari iPhone 6s

Samsung Galaxy Note 7 Banner

10 Alasan Kenapa iPhone 6s Lebih Buruk daripada Samsung Galaxy Note 7

Cats 86ca7

10 Aplikasi Edit Foto iPhone Terbaik 2020 | Bisa Buat Android Loh!

Aplikasi Edit Foto Selebgram Terbaik Banner Fe6af

10 Aplikasi Edit Foto Selebgram Terbaik untuk Android dan iPhone

10 Aplikasi Edit Video Di Iphone Dan Ipad Terbaik 2020 Gak Kalah Sama Di Macbook 3955a

10 Aplikasi Edit Video di iPhone dan iPad Terbaik 2020, Gak Kalah Sama di MacBook!

Aplikasi Vpn Terbaik Untuk Iphone 5ff46

10 Aplikasi VPN Terbaik Untuk iPhone | Bebas Internetan Tanpa Batas & Aman!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Review Spesifikasi dan Harga iPhone 6

Review Spesifikasi dan Harga iPhone 6

Harga Apple iPhone 6 Plus, Layar Ekstra Besar dengan Performa Maksimal

Harga Apple iPhone 6 Plus, Layar Ekstra Besar dengan Performa Maksimal

13 Fakta iPhone 6 yang Harus Kamu Ketahui

13 Fakta iPhone 6 yang Harus Kamu Ketahui

Harga Apple iPhone 6, Smartphone Pertama Apple Terbaru dengan Layar Besar

Harga Apple iPhone 6, Smartphone Pertama Apple Terbaru dengan Layar Besar

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal