5 Jenis Handphone Pertama di Dunia | Layar Sentuh Sudah Ada Tahun 90-an!

Nggak kebayang sudah berapa ribu jenis telepon genggam atau handphone yang telah diproduksi hari ini, geng. Akan tetapi, pernahkah kamu bertanya-tanya apa handphone pertama di dunia?

Ide penciptaan telepon seluler (ponsel) atau handphone (HP) awalnya berawal dari keinginan seseorang bernama Martin Cooper, geng.

Ia ingin menciptakan alat komunikasi yang bisa dibawa kemana-mana secara fleksibel sehingga Cooper mulai menggarapnya bersama timnya.

Kira-kira seperti itulah secuil sejarah dari penciptaan handphone pada tahun 1973. Sejak saat itu, produksi telepon genggam menjadi begitu masif dan berkembang pesat.

Mungkin kamu juga belum tau HP apa yang pertama kali memiliki fitur layar sentuh, kamera, dan fitur lainnya.

Biar nggak penasaran, yuk baca artikel Jaka sampai selesai!

1. Handphone Pertama Kali di Dunia

Handphone Pertama Kali Di Dunia Ee338

Inilah handphone yang diciptakan oleh Martin Cooper dan timnya yang tadi Jaka ceritakan di atas, geng.

Cooper yang saat itu merupakan seorang peneliti dan eksekutif di Motorola berhasil menciptakan generasi HP paling awal yang diberi nama DynaTAC.

Ponsel genggam tersebut diketahui memiliki bobot 2 kilogram dan dijual 10 tahun setelah penemuannya dengan harga 4 ribu dollar AS atau sekitar 36 juta rupiah.

HP tersebut cuma bisa digunakan untuk melakukan panggilan selama 30 menit dan memerlukan waktu 10 jam untuk mengisi ulang baterainya hingga penuh. Waduh, lama nge-charge nya ini, mah!

2. Handphone Layar Sentuh Pertama di Dunia

Handphone Layar Sentuh Pertama Di Dunia Fd934

Nggak tertarik mengembangkan HP dengan desain keyboard yang unik, perusahaan teknologi asal Amerika International Business Machines (IBM) langsung melangkah maju ke pembuatan ponsel layar sentuh.

Telepon genggam tersebut bernama lengkap IBM Simon Personal Communicator yang diluncurkan pada tanggal 16 Agustus 1994 dan terjual sebanyak 50.000 unit, geng.

Bukan cuma punya teknologi touchscreen untuk pertama kalinya, IBM Simon juga menggabungkan fungsi telepon genggam dan PDA (Personal Data Assistant) dalam satu gawai.

Walau masih menggunakan layar monokrom, ponsel ini sudah punya fitur-fitur yang lumayan canggih pada zaman itu, yaitu kalkulator, jam dunia, email, games, dan notepad. Keren!

3. Merk HP Pertama di Dunia yang Membuat Ponsel Berkamera

Merk HP Pertama Di Dunia Yang Membuat Ponsel Berkamera 5a41a

Jauh sebelum berbagai vendor ponsel ternama berlomba-lomba membuat HP dengan kamera terbaik, ada 'leluhur' ponsel berkamera yang sudah diluncurkan sejak Mei 1999, geng.

Bukan Samsung apalagi iPhone, ponsel pertama yang punya fitur kamera tersebut adalah Kyocera Visual Phone VP-210 dengan kamera beresolusi 0,11 MP.

Tak hanya dapat memotret dan merekam video, ponsel asal Jepang tersebut juga mampu mengirim gambar dengan teknologi nirkabel, loh.

Dengan kemampuan seperti itu, ponsel berkamera tersebut dibanderol dengan harga cukup tinggi yakni sekitar 4,8 jutaan. Mahal juga, ya.

4. HP Nokia Pertama di Dunia dengan Dual Mode (GSM/WCDMA)

HP Nokia Pertama Di Dunia Dengan Dual Mode GSM WCDMA Af328

Menjadi rajanya HP paling diincar di tahun 2000-an, Nokia tak henti-hentinya berinovasi dengan menghadirkan fitur-fitur terbaru, termasuk soal jaringan.

Hal itu dibuktikan dengan diluncurkannya Nokia 6650 pada 26 September 2002 yang mendukung teknologi Dual Mode.

Dengan adanya Dual Mode, 6650 dapat menggunakan jaringan GSM dan W-CDMA dalam satu ponsel sekaligus menjadi ponsel pertama Nokia yang beroperasi di jaringan 3G.

Nggak heran jika ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan Bluetooth, Infrared, dan WAP browser. Paling keren di zamannya nih, geng!

5. Handphone Terkecil Pertama di Dunia

Handphone Pertama Kali Ditemukan Oleh 9e2f0

Kamu pecinta HP kecil pas di tangan pasti merupakan orang yang praktis dan nggak mau ribet, bahkan menggunakan ponsel saja maunya yang bisa dioperasikan dengan satu tangan saja, kan? Hmmm, ngaku.

Namun, apa jadinya kalau kamu memiliki ponsel Xun Chi 138 yang merupakan HP terkecil pertama di dunia?

Ponsel ini termasuk HP berukuran paling mini yang pernah ada dengan dimensi hanya 67,3 x 32,9 x 19,2 milimeter saja.

Walau tampilannya mirip ponsel mainan, Xun Chi 138 sudah dilengkapi dengan berbagai fitur kekinian seperti pemutar MP3, editor foto, pesan multimedia, memori 121 MB, perekam suara, dan lainnya. Berminat?

Akhir Kata

Sekarang kamu udah tahu apa aja handphone pertama di dunia, dari yang paling awal diciptakan hingga yang paling awal dalam memiliki fitur-fitur tertentu.

Dibutuhkan puluhan tahun hingga HP bisa menjadi sangat canggih seperti sekarang, geng.

Kira-kira di masa depan, akan menjadi secanggih apakah handphone yang diciptakan?

Baca juga artikel seputar Handphone atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

ARTIKEL TERKAIT
Handphone Nokia Custom 714f1
7 Handphone dengan Desain Keyboard Paling Unik, Nomor 5 Paling Anti Mainstream!
Banner Ec71a
3 Alasan Kenapa Banyak Orang Cenderung Membeli Handphone Setelah Lebaran
Xiaomi Harga Mahal D1f05
Takut Bangkrut, Xiaomi Mau Jual HP Mahal? Ini Penjelasannya!
Casing Hp Tahan Banting 2f3cd
7 Merek Casing Handphone Paling Kuat & Tahan Banting
Mitos Seputar Handphone Banner Bf6fe
10 Mitos Handphone yang Terbukti Hoaks, Nomor 5 Banyak yang Ngelakuin!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal