J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

PARAH! Ini 5 Game Kontroversial yang Tampilkan Unsur Rasisme

PARAH! Ini 5 Game Kontroversial yang Tampilkan Unsur Rasisme

Minggu, 24 Des 2017, 14:00 WIB
Baik disengaja maupun secara kebetulan, adanya rasisme dalam video game telah menyinggung suatu kelompok. Hal ini tentunya mengundang kontroversi seperti yang terjadi pada 5 game kontroversial yang akan Jaka bahas berikut ini. Simak, yuk!

Industri game dipenuhi dengan segala macam video game beragam jenis dan genre dari berbagai developer di seluruh dunia. Ada banyak game yang berhasil mengukir prestasi baik dari segi penjualan maupun kepuasan pemain. Namun, tidak sedikit pula game yang justru mengundang kontroversi karena hal-hal yang disajikan dalam permainan.

Rasisme adalah salah satu permasalahan yang kerap ditampilkan dalam beberapa video game. Baik disengaja maupun secara kebetulan, adanya rasisme dalam video game telah menyinggung suatu kelompok. Hal ini tentunya mengundang kontroversi seperti yang terjadi pada 5 game kontroversial yang akan Jaka bahas berikut ini. Simak, yuk!

BACA JUGA
  • 7 Search Engine Game Terbaik Untuk Temukan Game-Game Super Keren
  • 5 Game yang Paling Dibenci Para Gamers, Kamu Termasuk?
  • 3 Alasan Gamer Sejati WAJIB Coba Game RPG Jepang

5 Game Kontroversial karena Mengandung Rasisme

1. Watch Dog

2c17e61b230cefc5c336c68122276a66
** Watch Dog** merupakan game Ubisoft yang dirilis pada tahun 2014. Meski rekor penjualannya sangat baik, game yang mengangkat tema hacker ini cukup kontroversial lantaran terdapatnya hal-hal yang menyinggung rasisme di dalam permainannya. Watch Dog dianggap mendoktrin ras dengan menggambarkan penampilan karakter yang sangat berbeda antara penjahat berkulit putih dengan penjahat berkulit hitam.

Selain itu, Watch Dog juga diduga menyudutkan suatu bangsa dan agama dengan menampilkan karakter teroris bernama Irak yang sangat kejam. Bukan hanya rasisme, Watch Dog juga mengandung konten pornografi dan iluminati sehingga menjadi semakin kontroversial.

2. Ethnic Cleansing

7fcafbf5b0fd0df7289dd77b3a025aa8
** Ethnic Cleansing** adalah salah satu game paling kontroversial di masanya. Dirilis pada tahun 2002 oleh Resistance Records, game bertema pembunuhan ini dengan sangat jelas menunjukkan perilaku rasisme. Menceritakan tentang seorang tentara Nazi yang bertugas membunuh orang-orang berkulit hitam dan orang-orang Yahudi. Atas alur cerita dan adegana-adegan yang ditampilkan itu, Ethnic Cleansing mendapatkan banyak kritikan.

3. Resident Evil 5

51d28808c72bd7c2deecc25fec83fa84

Seri kelima dari game populer Resident Evil yang dirilis tahun 2009 harus menerima banyak kritikan karena dianggap menonjolkan rasisme. Game ini mengambil latar tempat di sebuah daerah di Afrika dan menceritakan tentang misi Chris Redfield dalam menyelidiki Bio Organik Weapon yang telah diselundupkan di sana. Resident Evil 5 dianggap telah merendahkan orang-orang berkulit hitam di Afrika karena menggambarkan keadaan di mana para penduduk lokal terinveksi virus mengerikan dan harus dibunuh oleh pemain.

4. Freaky Flyers

C64be144c7dd8d6c6f7ad36eec1d3cf6

Freaky Flyers yang dirilis tahun 2003 juga mengundang kontroversi karena ditemukannya hal-hal yang menyinggung rasisme. Meski tidak menampilkan rasisme seperti adegan pembunuhan, Freaky Flyers memperlihatkan rasisme pada segi grafis. Seperti menampilkan berbagai karakter dari Timur Tengah, Inggris, Italia serta Meksiko dengan penggambaran yang sangat mengerikan.

5. Bioshock: Infinite

25438c4886a35912b729e3dece1b3afe

Seri Bioshock yang satu ini membuat kebanyakan pemain merasa risih dengan unsur rasisme yang ada di dalamnya. Bioshock: Infinite dinilai sangat merendahkan orang-orang Negro, sementara orang-orang berkulit putih dianggap sangat mulia. Bahkan dalam game ini terdapat adegan di mana pemain harus melemparkan bola ke arah pasangan berkulit hitam.

Itulah 5 game kontroversial karena mengandung unsur rasisme. Seharusnya para pembuat game lebih cerdas dalam membuat karya yang bagus tanpa menyinggung siapapun. Bagaimana menurutmu? Apakah kamu merasa nyaman jika memainkan game yang mengandung rasisme? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar, ya!

ARTIKEL TERKAIT
Cita Cita Kids Jaman Now

5 Cita-cita Kids Jaman Now yang Diragukan Calon Mertua, Setuju?

Download Game Assassins Creed Iv Black Flag Gratis

Buruan! Download Game Assassin's Creed IV: Black Flag GRATIS

Telepon Dan Sms Tanpa Sinyal

GRATIS! Begini Cara Telepon dan SMS Tanpa Sinyal Provider

Hp Wireless Charging 9545a

Rekomendasi 7 HP Wireless Charging Terbaik Tahun 2019

511d599b7c9b483460f9b7ee730b48de

6 Project 'Rahasia' Terkeren Dari Google yang Pasti Belum Kamu Ketahui!

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Youtube Logo 6cd54
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
20130131112039_546
LINE Komputer 4.8.3.1128
Apps Naver
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal