• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Selain Memotret, Ini 5 Fungsi Lain Yang Keren Pada Kamera Smartphone

Selain Memotret, Ini 5 Fungsi Lain Yang Keren Pada Kamera Smartphone

Jumat, 17 Mar 2017, 12:00 WIB
Tidak hanya untuk aktivitas memotret atau merekam video untuk keperluan rekreasi semata. Berikut ini 5 fungsi lain kamera smartphone.

Fase selanjutnya perkembangan inovasi smartphone ditunjukkan dengan mencolok pada gelaran Mobile World Congress (MWC) beberapa saat yang lalu: kamera. Misalnya saja, saat Oppo memperkenalkan smartphone dengan teknologi dual-cam camera yang bisa melakukan optical zooming sampai 5 kali.

Ya, ketika smartphone semakin hari semakin mirip antara satu merek dengan lainnya, kemampuan kamera dan potensi fotografinya kini menjadi fokus pengembangan tiap-tiap perusahaan smartphone.

Tujuannya, menjadikan produk mereka berbeda dan lebih canggih daripada yang lainnya. Meski begitu, kamera juga bukan cuma buat memotret lho, fungsi lain kamera smartphone berikut wajib kamu ketahui.

BACA JUGA
  • 6 Cara Mudah Untuk Menghasilkan Foto Keren dengan Smartphone
  • 5 Rahasia Untuk Jadi Fotografer Handal dengan Smartphone
  • 30 Smartphone Android dengan Kamera Terbaik 2016

Selain Memotret Inilah Fungsi Lain Kamera Smartphone

Tentu saja smartphone di zaman sekarang sudah melewati batas fungsi utamanya, seperti menelepon dan mengirim pesan. Smartphone mulai berubah menjadi medium visual. Sebut saja Instagram maupun Snapchat sebagai aplikasi fotografi yang kian hari kian populer digunakan.

Namun dengan teknologi yang semakin maju, kemampuan kamera smartphone pun kini tengah dikembangkan tidak hanya untuk aktivitas memotret atau merekam video atau untuk keperluan rekreasi semata. Berikut 5 fungsi lain kamera smartphone yang berfungsi selain dari pada memotret.

1. Membuat Film Sekelas Hollywood

Orang-orang yang datang ke Festival Film Sundance 2015 di Amerika Serikat terbelalak setelah menonton Tangerine. Film drama komedi yang mengisahkan tentang pekerja seks transgender ini dipuji bukan karena kualitas ceritanya, namun karena film tersebut seluruhnya diproduksi menggunakan kamera smartphone iPhone 5S.

Menurut sang sutradara, Sean Baker, seperti dikutip dari The Verge, secara mengejutkan proses mengambil gambarnya berjalan dengan mudah. Adegan yang diambil tak ada satupun yang hilang.

Tangerine dibuat dengan menggunakan tiga buah iPhone 5S dan dipoles dengan bantuan aplikasi FILMIC Pro. Proses pengambilan gambar juga dibantu dengan lensa Adapter Anamorphic dan sebuah Steadicam. Film berdurasi 88 menit dengan budget US$100.000 ini pun meraup untung US$794.202 setelah dilepas di bioskop-bioskop Amerika dan mendapatkan serangkaian penghargaan bergengsi.

Beberapa film lain yang seluruh atau sebagian adegannya diambil menggunakan kamera iPhone di antaranya adalah I Play With the Phrase Each Other (2014), And Uneasy Lies the Mind (2014), Framed (2011), dan Searching for Sugarman (2012). Untuk kualitas sinematiknya, dapat dikatakan semuanya boleh bersaing dengan film-film produksi Hollywood.

2. Memotret Sekelas Fotografer Profesional

Mudah diketahui bahwa peredaran smartphone dengan kamera canggihnya adalah pemicu berbagai fenomena fotografi zaman sekarang. Misalnya, selfie dan kepopuleran tongkat selfie yang menyusulnya. Bukan hanya untuk rekreasi dan pamer diri semata, kamera smartphone pun sudah merambah dunia seni dan estetika.

45512c565410adac16b923de4767daff

Sumber foto: Foto: businessinsider.com

Menurut Tim Bajarin, konsultan teknologi ternama asal Amerika Serikat dikutip dari Time, kita akan menyaksikan bagaimana perangkat-perangkat yang tadinya eksklusif untuk kaum profesional akan menjadi komoditi terjangkau, dan tersedia untuk semua orang. Kita pun sudah melihat beberapa fotografer profesional mengambil gambarnya secara keseluruhan dengan smartphone.

Dan benar saja, foto-foto tangkapan kamera smartphone yang bagus secara artistik semakin banyak dibuat dan dibagikan oleh para pemakai smartphone di dunia media sosial.

Semakin banyak pula ajang-ajang penghargaan bergengsi bagi para fotografer amatir ini, salah satunya adalah iPhone Photography Awards yang telah dilaksanakan berkala sejak tahun 2007. Ke depannya, tampaknya akan semakin banyak momen-momen indah yang dipotret dengan sempurna oleh kamera smartphone kita. Dan dibagikan di saat itu juga tentunya.

Kelebihan Asus Zenfone 3 8
Murah tapi Keren![/bacaspesial

3. Teknologi Kamera 360 Derajat

Jika dulu kita hanya bisa mengambil gambar dengan posisi tegak lurus sesuai posisi lensa kamera smartphone kita, kini kita pun sudah bisa mengambil foto sekeliling kita juga secara keseluruhan. Ya, 360 derajat.

023a8a3b49754b3fcd7703df0b1361fd

[copyright]Foto: telset.id[/copyright]

Kenalkan, smartphone ProTruly Darling buatan Shenzhen Darling Intelligence Technology asal Tiongkok. ProTruly Darling dilengkapi dengan dua kamera 13 MP yang identik di bagian depan dan belakangnya.

Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dan video secara 360 derajat dan membaginya ke media sosial yang mampu memutar video 360 derajat seperti Facebook dan Youtube.

ProTruly Darling ikut memasarkan produknya dalam perhelatan Mobile World Congress tahun ini, seperti dilaporkan oleh Raymond Wong di Mashable. Smartphone yang satu ini terbilang unik dan terlewat aneh, juga dilengkapi permata di bagian bodinya. Walau begitu, fitur 360 derajat yang dimilikinya ini tergolong revolusioner dan memberitahukan kita bahwa potensi kamera smartphone masih terus bisa dikembangkan untuk hal-hal yang sebelumnya tidak diperkirakan.

4. Kemampuan Depth Sensing

Fungsi lain kamera smartphone ialah mampu mengukur kedalaman suatu objek (depth-sensing), yang kini juga bisa dinikmati sebagai fitur kamera di smartphone. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa kamera dengan fitur depth-sensing ke depannya akan mengubah smarthphone menjadi sarana pemindai objek 3 dimensi berkualitas tinggi.

9c14897f34adad90d3e4b534b565bb71

[copyright]Foto: 3dprint.com[/copyright]

Hal itu dimulai ketika Google menyampaikan dalam ajang Consumer Electronic Show 2016 bahwa mereka tengah mengerjakan Proyek Tango yang bertujuan memberikan kemampuan depth-sensing untuk smartphone. Hal itu akhirnya terwujud dalam smartphone Lenovo Phab 2 Pro (2016) dan Asus Zenfone AR (2017).

Lalu, seperti apakah fungsi fitur depth-sensing ini? Salah satunya adalah mempermudah pengguna dalam memproses hasil fotografi yang mereka lakukan. Pengguna dapat dengan mudah menghapus atau fokus pada satu objek, dan bahkan menghapus atau mengganti seluruh latar belakang sebuah gambar. Software navigasi pun juga akan sangat terbantu untuk memperlihatkan lingkungan tempat si pengguna berada dengan akurat, seperti misalnya ketinggian gedung atau bangunan lainnya.

Salah satu fungsi lain kamera smartphone adalah mempermudah dalam membeli baju secara online. Kemampuan depth-sensing dapat membuat selfie 3D kita memperlihatkan proporsi tubuh yang akurat, sehingga pengguna tidak lagi perlu menebak-nebak apakah baju yang akan dibeli muat atau tidak ketika dipakai.

5. Semakin Banyak Game Augmented Reality

Mungkin invasi Pikachu, Charmander, dan makhluk lainnya yang bernama Pokemon ke dalam perangkat smartphone tidak akan begitu heboh apabila game Pokemon Go tidak menghadirkan fitur augmented reality. Berkat fitur ini dan keberadaan kamera smartphone kita, lingkungan sekitar yang biasa-biasa saja pun berubah menjadi dunia baru penuh warna yang penuh tantangan berburu monster-monster digital.

F99aabe0e29c333c89ff16e16eeb1d1c

[copyright]Foto: newyorker.com[/copyright]

Berkat kepopuleran Pokemon Go, beberapa game lain pun mulai memakai kamera smartphone sebagai elemen penting dalam permainan mereka, begitu pula serangkaian aplikasi lainnya. Imbasnya, para produsen smartphone pun mulai menggarap potensi fungsi kamera augmented reality mereka dengan serius.

Itulah 5 fungsi lain kamera smartphone yang kini dapat dilakukan, dan pastinya masih akan terus berkembang, oleh kamera smartphone. Dapat dibayangkan, dengan fenomena smartphone yang dinamis dan cepat sekarang ini, mungkin kita akan merasakan fitur kamera dengan potensi visual yang kian beragam dan kompleks ke depannya. Tertarik untuk memaksimalkan potensi kamera smartphone kamu lebih jauh?

[artikelmenarik]teknologi-yang-harus-ada-di-motor-kamu,alasan-smartphone-samsung-mahal,cara-menyimpan-smartphone-yang-benar,website-penipuan,love-facebook-lebih-penting-ketimbang-like[/artikelmenarik]

Tags Terkait:

[appsterkait]motion-stop-motion-camera,camera360-ultimate,google-camera,camera-fv-5[/appsterkait]

ASUS akhirnya resmi menghadirkan rangkaian ASUS Zenfone 3 di Indonesia. Dengan harganya yang menarik, berikut alasan kenapa kamu harus membeli ASUS Zenfone 3.
LIHAT ARTIKEL
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal