J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              7 Fitur Keren di HP yang Kini Malah Dihilangkan | Pembaruan atau Kemunduran Zaman?

              7 Fitur Keren di HP yang Kini Malah Dihilangkan | Pembaruan atau Kemunduran Zaman?

              00
              Selasa, 25 Jun 2019, 14:00 WIB
              Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, fitur-fitur keren di HP ini malah dihilangkan. Mau tahu apa saja? Yuk, baca artikel selengkapnya!

              Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi yang terjadi pada tren smartphone saat ini, ada banyak sekali HP yang mengadopsi fitur-fitur canggih yang menggunakan teknologi terbaru.

              Sebut saja fitur fingerprint, kamera pop-up, dan face unlock yang merupakan beberapa contoh fitur canggih yang banyak ditemukan pada HP keluaran terbaru.

              Namun sayangnya, kehadiran beberapa fitur ini justru malah menghilangkan fitur-fitur lawas yang nggak kalah kerennya, geng.

              7 Fitur Keren yang Kini Malah Dihilangkan

              Sadar nggak, sih, geng, kalau saat ini ada lho beberapa fitur HP yang dulu kita anggap canggih dan keren, tapi kini fitur-fitur tersebut malah nggak bisa kamu temukan lagi di produk HP keluaran terbaru.

              Mau tahu apa saja fitur-fitur keren tersebut? Yuk, kita nostalgia dengan baca artikel Jaka selngkapnya mengenai fitur keren di HP yang kini malah dihilangkan berikut ini.

              1. Infrared

              fitur infrared

              Siapa, sih, yang dulu nggak merasa terbantu dengan hadirnya fitur keren satu ini? Kayanya hampir semua orang yang pernah mencoba fitur ini bisa merasakan betul manfaat yang diberikan, ya, geng.

              Zaman dahulu, fitur infrared ini banyak sekali dijumpai di HP-HP yang tergolong mahal saja.

              Selain menggunakan bluetooth, zaman dulu fitur infrared ini juga banyak dimanfaatkan oleh para penggunanya untuk mengirim file lho, geng.

              Biasanya mereka yang ingin mengirim file menggunakan fitur ini akan mendekatkan HP pengirim dan penerima agar proses transfer file berjalan lancar.

              Meskipun saat ini masih ada beberapa HP seperti misalnya HP Xiaomi yang menggunakan fitur infrared, namun fitur ini kini sudah tergolong langka, geng.

              2. Jack Audio

              fitur jack audio

              Kalau zaman dulu untuk mendengarkan lagu semudah kamu menghubungkan kabel earphone ke lubang jack audio di HP, kini hal itu nggak segampang itu lagi, geng.

              Soalnya, saat ini ada banyak vendor smartphone yang mulai menghilangkan jack audio sebagai langkah untuk menciptakan bodi smartphone yang tipis.

              Sebagai solusinya, kamu harus menggunakan adpter converter jack audio to type-c untuk menghubungkan kabel earphone-nya.

              Meskipun begitu, saat ini masih ada kok beberapa smartphone keluaran terbaru yang tetap membekalkan lubang jack audio, seperti misalnya Samsung Galaxy S10+.

              3. MicroSD

              fitur microsd

              Siapa yang zaman dulu suka beli microSD untuk memperbesar kapasitas penyimpanan HP? Nggak aneh, sih, mengingat HP zaman dulu itu cuma punya kapasitas penyimpanan yang sangat minim.

              Bahkan, nggak sedikit juga HP yang aplikasi media atau kameranya baru bisa digunakan ketika pengguna sudah memasang microSD eksternal.

              Jika dulu microSD merupakan benda wajib yang harus kamu beli ketika mempunyai HP baru, kini hal itu nggak perlu lagi, geng.

              Soalnya saat ini vendor smartphone justru berlomba-lomba untuk membekalkan produk smartphone-nya dengan kapasitas penyimpanan yang besar.

              Meskipun begitu, saat ini masih ada juga kok HP yang memungkinkan penggunanya untuk menambahkan memori eksternal.

              Tapi, untuk menambahkan kartu microSD biasanya kamu harus melepas salah satu kartu SIM, geng. Hal semacam ini biasa disebut sebagai Hybrid Slot SIM.

              4. Radio

              fitur radio

              Kalau dulu aplikasi streaming lagu seperti Spotify, Joox, dan lainnya belum sepopuler sekarang, maka sebagai gantinya kamu bisa mendengarkan radio, geng.

              Saat itu aplikasi radio menjadi salah satu aplikasi wajib yang dimiliki oleh hampir semua HP.

              Sayangnya, seiring dengan kecanggihan teknologi yang terjadi sekarang ini, banyak vendor smartphone yang mulai menghilangkan fitur radio di smartphone keluaran terbaru mereka.

              Tapi, kalau kamu memang hobi mendengarkan radio, kamu masih bisa kok mendownload aplikasi radio pihak ketiga yang banyak tersedia di Play Store dan App Store.

              5. TV

              fitur tv

              Pernah punya HP yang dilengkpi dengan fitur TV-nya, geng? HP semacam ini zaman dulu sudah tergolong mewah banget lho.

              Bagaimana tidak, jika kebanyakan orang zaman dulu hanya bisa menonton TV di rumah saja, tapi kamu yang memiliki HP dengan fitur ini diberikan keleluasaan untuk menonton TV dari mana saja, geng.

              Selain itu, untuk menikmati fitur ini kamu juga nggak perlu mengeluarkan kuota internet lho.

              Soalnya untuk menangkap sinyal, kamu hanya perlu menarik antena yang disematkan di salah satu sisi bodi HP-nya saja, menarik sekaligus keren, kan?

              Sayangnya, saat ini sudah nggak ada lagi HP yang memiliki fitur keren ini, geng.

              Kamu cuma bisa nonton TV dari HP lewat layanan streaming yang tentunya menyedot banyak kuota.

              6. Game Bawaan

              game space impact

              Masih ingat dengan keseruan yang ditawarkan dari game bawaan seperti Bounce Ball, Snake, Space Impact, dan lainnya? Sangat seru, kan?

              Jika dulu banyak vendor smartphone yang membekali game bawaan pada produk smartphone mereka, sayangnya saat ini hal itu sudah nggak lagi nih, geng.

              Padahal game-game bawaan tersebut nggak kalah seru lho dengan game populer yang banyak dimainkan saat ini.

              Saat ini kamu baru bisa menikmati sejumlah aplikasi game yang harus didownload terlebih dahulu di Play Store ataupun App Store.

              7. Baterai removable

              baterai removable

              Fitur keren terakhir yang kini malah dihilangkan pada HP keluaran terbaru adalah baterai removable atau lepas-pasang, geng.

              Zaman dulu semua HP masih menggunakan baterai removable sehingga akan lebih memudahkan penggunanya ketika baterai mulai drop dan harus diganti, biayanya pun nggak mahal.

              Tapi, lagi-lagi demi sebuah HP dengan bodi tipis, banyak vendor smartphone yang akhirnya menggunakan baterai non-removable untuk produk mereka.

              Smartphone flagship terakhir yang masih menggunakan jenis baterai removable adalah HP LG V20, geng.

              Akhir Kata

              Nah, itu dia 7 fitur keren nan canggih yang sayangnya kini malah dihilangkan di HP keluaran terbaru, geng.

              Gimana, geng? Pernah punya HP dengan fitur keren seperti itu? Atau justru kamu tahu fitur keren lainnya yang belum Jaka sebutkan? Yuk, tulis di kolom komentar bawah!

              Baca juga artikel seputar Gadget menarik lainnya dari Shelda Audita.

              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal