7 Fitur Android yang Paling Diimpikan Oleh Para Pengguna iOS

Default

Perdebatan tentang mana yang lebih baik antara Android dan iOS memang tidak ada habisnya. Namun, dari segi fitur, Android cenderung lebih beragam dan lebih variatif ketimbang iOS. Bahkan banyak juga fitur-fitur Android yang hingga kini belum ada di seluruh perangkat iOS, baik itu iPhone, iPad, dan lain sebagainya.

Sekilas, iOS terlihat lebih sederhana ketimbang Android, namun kesederhanaan itulah yang malah membuat produk berlogo buah apel tersebut malah diminati. Meskipun dari segi fitur yang cenderung lebih sederhana ketimbang Android, sistem keamanan iPhone sangat hebat. Hal itulah yang mungkin menjadi pertimbangan bagi sebagian memilih iPhone ketimbang Android.

Meskipun memiliki nilai gengsi yang tinggi, nyatanya para pengguna iPhone hanya bisa mengimpikan beberapa fitur yang berguna untuk lebih mengeksplorasi smartphone miliknya, seperti launcher, icon pack, widget, dan lain sebagainya. Dikutip dari Gadget Hacks, berikut ini deretan fitur Android yang diimpikan para pengguna iPhone.

BACA JUGA
  • iPhone Payah! 7 Hal Ini Hanya Bisa Dilakukan di Smartphone Android
  • IOS VS Android, Mana yang Lebih Baik Untuk Gaming?
  • 5 Aplikasi Android Keren yang Nggak Bisa Dinikmati Pengguna iPhone!

7 Fitur Android yang Paling Diimpikan Oleh Para Pengguna iOS

1. Dual Screen

Screenshot 2018 07 17 16 33 26 638 Com Opera Browser C252c
Sumber foto: Sumber: gadgethacks.com

Fitur dual screen atau split screen memang sudah menjadi fitur andalan Android sejak beberapa tahun silam. Melalui fitur ini kamu bisa chatting sambil menikmati video ataupun berbagai tugas lainnya. Meskipun di Android sendiri tidak semua aplikasi bisa mendukung fitur ini, fitur ini jelas sangat berguna bagi kamu yang menggunakan smartphone dalam intensitas tinggi. Mungkin saja alasan Apple enggan menggunakan fitur ini karena masih banyak iPhone yang memiliki layar cenderung kecil seperti seri iPhone 5/s/c dan juga iPhone 6/7/8.

2. Menyembunyikan Aplikasi Dari Home Screen

Screenshot 2018 07 17 16 34 43 373 Com Opera Browser 555ec
Sumber foto: Sumber: gadgethacks.com

Di iPhone, kamu tidak bisa menyembunyikan aplikasi dari layar utama untuk membuat tampilan home screen lebih simpel. Berbeda dengan Android yang memungkinkan kamu bisa bebas mengustomisasi home screen dengan menyembunyikan berbagai aplikasi. Namun sekali lagi, hal tersebut tidak berlaku pada smartphone iPhone, karena seluruh aplikasi yang kamu miliki akan terpampang langsung di bagian home screen. Hal itulah yang membuat iPhone terlihat cenderung lebih sederhana dari segi penggunaan.

3. Menghapus Seluruh Recent Apps Secara Bersamaan

Screenshot 2018 07 17 16 35 23 641 Com Opera Browser B0830
Sumber foto: Sumber: gadgethacks.com

Saat penggunaan smartphone begitu intens, otomatis kamu telah membuka banyak aplikasi. Namun, di iPhone kamu tidak bisa menutup seluruh aplikasi tersebut secara bersamaan, alhasil kamu harus sabar dengan menutup aplikasi tersebut satu per satu. Berbeda dengan Android yang menyediakan fitur menutup recent apps secara bersamaan sehingga mempermudah serta menghemat waktu. Fitur sederhana inilah yang sayangnya tidak iPhone miliki.

Masih ada lanjutannya loh! Klik halaman selanjutnya ya..

4. Widget yang Beragam

Screenshot 2018 07 17 16 36 10 542 Com Opera Browser F0e38
Sumber foto: Sumber: gadgethacks.com

Meskipun iOS memiliki widget, namun widget milik Android lebih beragam dan menarik. Kamu dapat menempatkan beragam widget, mulai dari sederhana hingga cenderung lebih rumit, seperti jam, cuaca, bilah pencarian, dan banyak lagi tersedia untuk dipilih dan disesuaikan sesuai keinginanmu. Namun, sayangnya fitur widget milik Android ini tidak dimaksimalkan oleh iOS.

5. Refund Aplikasi

Screenshot 2018 07 17 16 36 21 297 Com Opera Browser 90610
Sumber foto: Sumber: gadgethacks.com

Jika kamu terlanjur mengunduh aplikasi berbayar di App Store, dan aplikasi tersebut tidak memenuhi ekspektasi, maka kamu tidak akan bisa refund sejumlah uang yang telah kamu keluarkan. Berbeda dengan Android yang menyediakan fitur refund bagi kamu yang terlanjur membeli aplikasi berbayar yang tidak sesuai harapan. Fitur inilah yang menjadi salah satu fitur Android palimg berguna, namun kamu hanya bisa melakukan refund dalam batas waktu tertentu setelah pembelian aplikasi.

6. Kustomisasi Tampilan

Screenshot 2018 07 17 16 36 32 545 Com Opera Browser Picsay 54125
Sumber foto: Sumber: gadgethacks.com

Di Android, kamu dapat dengan mengekspresikan dirimu dengan mengubah tema maupun icon sesuka hati. Namun, jangan harap kamu bisa melakukan hal demikian di iPhone, karena secara default iPhone hanya menyediakan icon serta tema bawaan pabrik. Sekilas iphone terlihat lebih membosankan dan kaku, hal inilah yang menjadi kekurangan paling mencolok dari iPhone bagi sebagian orang.

7. Always-On Display

12 Android Features We Want See Ios 12 W1456 83ea0
Sumber foto: Sumber: gadgethacks.com

Fitur Always-On Display kini seakan menjadi standarisasi tertentu bagi smartphone Android kelas menengah ke atas, sayangnya hingga kini Apple belum mengadopsi fitur unik ini. Beberapa brand telah mengadopsi fitur ini, sebut saja Samsung, LG, dan lain sebagainya. Fitur ini sendiri biasanya digunakan pada smartphone Android yang menggunakan layar OLED/AMOLED, karena fitur yang terlihat hanya berupa titik-titik kecil dan layar tidak benar-benar menyala secara keseluruhan sehingga tidak menguras baterai.

Itulah deretan fitur Android yang diimpikan oleh para pengguna iPhone. Meskipun demikian, bukan tidak mungkin beberapa tahun ke depan fitur-fitur ini juga akan ditemui oleh para pengguna iPhone.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Menjalankan Aplikasi Ios Di Pc 2edd5
Cara Paling Mudah Menjalankan Aplikasi iOS di Komputer
Aplikasi Belajar Coding Smartphone F60fc
5 Aplikasi Terbaik Untuk Belajar Coding Dari Smartphone (Android/iOS) 2018
Pengguna Smartphone Mengaku Kecanduan Internet Banner
25 Persen Pengguna Smartphone Mengaku Kecanduan Internet, Apa Kamu Termasuk?
Kartu Sim Tidak Terbaca Bdeee
Penyebab & Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di HP, Gampang!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal