J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Inilah 18 Fitur yang Paling Diunggulkan di Android N

              Inilah 18 Fitur yang Paling Diunggulkan di Android N

              00
              Jumat, 20 Mei 2016, 21:00 WIB
              Di event tahunan Google I/O, Android N jelas menjadi bintang utama. Fitur-fitur baru apa saja yang ada pada Android N? Berikut JalanTikus kemas 18 fitur baru Android khusus buat kamu.

              Konferensi tahunan bertajuk Google I/O yang sedang berlangsung pada tanggal 18-20 Mei ini memang sangat dinanti oleh para penggila teknologi diseluruh dunia. Ajang kumpul developer ini digelar di sebuah gedung bernama Shoreline Amphitheather dekat markas besar di Mountain View - California AS dengan tema Festival.

              Di event tahunan Google memang kerap membuat kejutan, sederet layanan baru pun telah diperkenalkan. Sebut saja Allo dan Duo, Google Home, Google Assitant, dan Android N yang pastinya menjadi bintang utama. Sudah sejauh mana perkembangan dari Android N dan apa saja fitur-fitur baru Android N? Dilansir dari PhoneArena, berikut JalanTikus kemas khusus buat kamu.

              BACA JUGA
              • Cara Menikmati Fitur Quick Reply Android N di Semua Android
              • Canggih, Begini Cara Gunakan Android dengan Satu Tombol!
              • Inilah 3 Fitur iPhone yang Seharusnya Juga Ada di Android

              Inilah 18 Fitur yang Paling Diunggulkan di Android N

              1. Dukungan Unicode 9 dan Emoji Baru

              Fitur Android N 1

              Kejutan kecil pertama di Google I/O 2016 untuk Android N adalah dukungan Unicode 9, yang membuat emoji manusia menjadi lebih 'manusiawi' dengan pilihan warna kulit. Selain itu, ada juga sekitar 70 emoji baru yang menjadi bawaan Android N secara default.

              2. Google Assistant

              Fitur%2Bandroid%2Bn%2BGoogle%2BAssistant

              Fitur Android N selanjutnya yang mendapatkan update di Google I/O adalah Google Assistant, fitur yang mirip dengan Google Now. Google mengklaim asisten digital bikinannya itu sekarang lebih pintar. Fitur barunya adalah adanya ruang untuk chatting (chat room), dimana kamu dapat mengajukan pertanyaan yang kompleks dan mendapatkan jawaban non-mekanis yang cukup spesifik.

              3. Tombol 'Clear All' di Multitasking

              Fitur Android N Clear All

              Fitur ini terkait antarmuka, di mana kamu bisa menghapus semua aplikasi di latar belakang dengan sekali tekan. Fitur yang satu ini sebenarnya bukan hal baru, sejumlah produsen pembuat Android sudah memberikan fitur 'clear all'. Jadi, kamu enggak perlu mengusap ke kiri atau ke kanan satu persatu untuk menghapus aplikasi di latar belakang.

              4. Instan Aplikasi

              Fitur%2Bandroid%2Binstans%2Bapps

              Ini adalah upaya Google untuk membawa developer aplikasi lebih dekat ke pengguna Android, dimana kamu bisa meng-install aplikasi lebih cepat. Misalnya kamu sedang membaca 25+ Aplikasi Edit Foto Android Terbaik 2016, ketika mau klik download diarahkanlah ke Google Play Store. Namun bukannya langsung ke aplikasi tersebut, justru muncul beberapa aplikasi yang mirip. Nah adanya Instant Apps memangkas langkah-langkah rumit, sehingga kamu dengan cepat bisa mengunduh aplikasi yang dituju.

              5. Update Seamless

              Fitur Android Update

              Pengguna smartphone Android tentunya sering mendapatkan update firmware secara rutin. Tapi proses update sendiri cukup ribet dan memakan waktu, dimana kamu harus download update, meng-install, restart, kemudian menunggu dan menunggu. Dalam upaya untuk meningkatkan pengalaman pengguna, Google melengkapi Android N dengan fitur update seamlessly. Nantinya, proses_ update firmware_ tidak terasa. File update akan diunduh secara otomatis dan tidak terlihat. Nah ketika kamu melalukan reboot, perangkat akan otomatis melakukan upgrade.

              6. Antarmuka VR Baru untuk Android N

              Fitur Android N Day Dream

              Google ternyata tidak main-main mengembangkan teknologi Virtual Reality. Di Google I/O 2016, raksasa pencarian internet ini memperkenalkan platform Virtual Reality untuk Android N yang disebut Daydream. Perangkat VR ini merupakan perangkat mandiri yang sudah mencakup hardware dan juga software VR. Nantinya kamu bisa mengakses Modus VR dari Android N, Google membuat antarmukanya khusus sehingga kamu dapat melakukan navigasi dalam dunia Virtual Reality, meluncurkan aplikasi, bermain game atau pun menikmati konten hiburan.

              7. Modus Multi-window

              Fitur%2Bandroid%2Bn%2BTrue%2BMultitasking%2BMultiwindow

              Di Android N, pengalaman multitasking lebih seru dengan dukungan multi-window. Caranya sangat mudah, buka recent app, pilih aplikasi dan tekan dalam waktu yang cukup lama, kemudian seret. Maka aplikasi yang kamu tekan akan terbuka pada separuh layar atau masuk dalam modus multi window. Kamu juga dapat melakukan drag dan drop info atau file dari satu jendela ke jendela lain yang aktif.

              Pada Android N dua aplikasi dalam modus multi-window ini letaknya bersebelahan atau atas bawah, tergantung dengan orientasi layar yang digunakan. Kamu juga dapat menggeser garis pembatas untuk membuat salah satu layar menjadi lebih lebar atau kecil. Pada perangkat yang lebih besar seperti tablet, terdapat modus multitasking dengan tampilan yang lebih unik. Dimana kamu dapat dengan bebas mengubah ukuran setiap aplikasi yang sedang kamu jalankan.

              8. Pengelompokan Notifikasi

              Fitur Android N Bundled Notifications

              Di Android N, notifikasi yang masuk tidak tampil secara kronologi. Melainkan dikelompokkan berdasarkan aplikasi, misalnya adalah notifikasi untuk aplikasi email. Notifikasi yang dikelompokan berdasarkan aplikasinya tersebut dapat di-preview dengan melakukan swipe dua jari atau dengan menyentuh tombol expansion yang baru.

              9. Direct Reply/Balas Cepat Langung dari Notifikasi

              Fitur Android N Direct Reply Notifications

              Selain notifikasi yang masuk lebih terorganisir, di Android N juga memungkinkan kamu untuk membalas notifikasi pesan masuk secara langsung pada bar notifikasi. Kamu juga dapat melakukan preview terhadap keseluruhan isi pesan hanya dengan menggunakan dua jari atau menggulir teks yang ada, dan kemudian tekan tombol quick reply untuk membalasnya.

              10. Berpindah Aplikasi dengan Tombol Overview

              Fitur Android N Overview

              Fitur baru Android N lainnya adalah memungkinkan kamu dapat beralih antar aplikasi yang aktif tanpa harus menyentuh layar sama sekali. Caranya dengan mengetuk tombol overview dua kali, tentunya akan mempermudah kamu untuk kembali pada aplikasi sebelumnya. Sepele tapi sangat berguna.

              11. Pilihan Quick Setting Lebih Banyak

              Fitur Android N Quick Setting

              Jendela notifikasi tampaknya banyak peningkatan, tak terkecuali quick settings. Kamu dapat menampilkan pilihan quick-settings yang lebih sedikit atau lebih banyak. Termasuk juga dengan penambahan pilihan baru yang lebih bervariasi seperti auto-rotate, clock, baterai dan shortcut baru lainnya dan terdapat juga pilihan edit serta re-arrange.

              12. Modus Malam

              Fitur Android N Modus Malam

              Mengingat smartphone sering digunakan saat malam menjelang tidur, aplikasi modus malam pun menjadi bagian penting. Sebenarnya ini bukanlah fitur yang baru, karena sudah tersedia pada Android 6.0 Marshmallow. Namun pada Android N fitur ini sudah terintegrasi dengan sistem. Modus malam akan merubah tampilan smartphone menjadi lebih gelap atau lebih hangat sehingga mata tidak menerima cahaya secara berlebihan yang disebabkan oleh layar yang berwarna putih.

              13. Data Saver

              Fitur Android N Data Saver

              Data saver juga turut diperbarui, fitur ini dapat membantu kamu mengehemat kuota internet. Sistem akan memblokir penggunaan data pada aplikasi di latar belakang agar menggunakan data seminimal mungkin. Contohnya adalah dengan membatasi kecepatan bit rate pada saat streaming video atau musik, mengurangi kualitas gambar dan lainnya. Kamu juga dapat mengecualikan beberapa aplikasi tertentu agar tidak terganggu dari data saver.

              14. File Manager Bawaan Lebih baik

              Improved File Browser

              Android sebenarnya punya browser bawaan, meskipun untuk mengaksesnya butuh beberapa langkah. Nah Google juga turut meningkatkan kemampuan File Manager, yang bisa kamu akses melalui menu storage > explorer. Nah di Android N, File Manager bawaan menawarkan lebih banyak fitur seperti copy paste dan navigasi yang lebih mudah.

              15. Kalibrasi Layar

              Fitur Android N Display Calibration

              Di Android N, Google memperbolehkan kamu untuk mengatur kalibrasi warna layar. Google memberikan pengaturan manual RGB, yakni Red, Green dan Blue. Cukup asing bukan? Mungkin Google bisa mempertimbangkan pilihan modus yang lebih mudah, seperti modus foto atau film.

              16. Penggunaan Daya Lebih Efisien

              Fitur Android N Extra Power Efficiency

              Doze mode pada Android Marshmallow menghemat penggunaan baterai karena ketika layar dalam kondisi mati, semua proses yang berjalan pada latar belakang pun dihentikan. Meski begitu, beberapa aplikasi tetap dioptimalisasi pada mode Doze sehingga pengguna tidak akan terlewat email penting atau pesan Whatsapp. Di Android N, Google terus berupaya untuk mengurangi kebutuhan memori dan membuat pekerjaan latar belakang lebih efisien dengan Project Svelte.

              17. Peningkatan Kompatibilitas Java 8 Language

              Fitur Android Improved Java 8 Language Support

              Dukungan Java 8 Language tentunya merupakan sebuah hal yang sangat keren. Dengan Android s Jack Compiler, kamu dapat menggunakan berbagai macam fitur populer pada Java 8 Language, termasuk Lambdas dan sebagainya.

              18. Screen Zoom

              Screen Zoom

              Terakhir Android N memungkinkan kamu mengatur ukuran layar dan memperbesar atau menyusut semua elemen di layar. Fitur ini tentunya meningkatkan aksesibilitas perangkat untuk pengguna dengan penglihatan.

              Semua fitur-fitur baru Android N di atas bisa saja bertambah, tentunya kita tak sabar menunggu kehadiran versi finalnya. Nah menurut kamu, kepanjangan dari N nanti mungkinkah Nutella atau apa? Tulis pendapat kamu di kolom komentar di bawah ini ya.

              APPS TERKAIT
              Google Camera Icon
              Google Camera 6.1.021
              Apps Google Inc.
              Google Gesture Search
              Google Gesture Search 2.1.3
              Apps Google
              Googleslide
              Google Slides 1.0.843.12.14
              Apps Google Inc.
              Google Spotlight Stories Icon
              Google Spotlight Stories 1.0.1p8
              Apps Google Inc.

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal