J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Faktor Tersembunyi yang Bikin Smartphone Kamu Cepat Panas

Selasa, 1 Mar 2016, 11:59 WIB
bentuk pemakaian apa sih yang sebenarnya menyumbang panas yang berlebihan? Bukan cuma aktivitas menelepon dan bermain game doang lho. Melalui artikel ini, kami akan kasih tau kamu faktor-faktor tersembunyi apa lagi sih yang dapat membuat sm

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kini smartphone sudah menjadi salah satu bagian dari hidup kita. Mau sambil makan, kerja, main, hingga sebelum tidur pun kita masih memegang perangkat canggih tersebut. Lalu kalian semua tentu menyadari dong bahwa smartphone akan sangat mudah untuk menjadi panas seiring dengan pemakaian yang intens.

Tapi, bentuk pemakaian apa sih yang sebenarnya menyumbang panas yang berlebihan? Bukan cuma aktivitas menelepon dan bermain game doang lho. Melalui artikel ini, kami akan kasih tau kamu faktor-faktor tersembunyi apa lagi sih yang dapat membuat smartphone menjadi panas dan overheat.

BACA JUGA
  • Smartphone Kamu Panas? Mungkin Ini Penyebabnya
  • Inilah 4 Solusi Buat HP Android yang Sering Overheat
  • Inilah 4 Hal Fatal Penyebab Laptop Panas dan Overheat

5 Faktor Tersemunyi Penyebab Smartphone Menjadi Panas dan Overheat

1. Intensitas Penggunaan Kamera yang Tinggi dan Resolusi yang Terlalu Besar

Smartphone Overheat 1
Untuk kamu-kamu yang menggunakan smartphone dengan resolusi tinggi seperti di atas 15 Megapiksel, pasti akan sering merasakan gangguan seperti ini. Smartphone dengan kamera beresolusi tinggi memiliki kemungkinan yang besar untuk mengalami overheat. HP canggih seperti Sony Xperia Z5, LG G4, hingga Xiaomi Mi 5 memang dilengkapi dengan kamera keren dengan resolusi yang super besar. Namun semua itu tidak seimbang dengan panas yang dihasilkan. Situasi ini akan semakin memburuk jika HP juga digunakan di luar ruangan dan terpapar matahari langsung.

2. Virus Juga Menyumbang Panas Tanpa Disadari

Smartphone Overheat 2
Kata siapa virus dan malware tidak berimbas kepada performa hardware? Beberapa virus dapat mencederai perangkat keras yang berada di dalam smartphone kesayangan kamu lho. Kasus ini terjadi terutama bagi smartphone yang terjangkit dengan virus yang selalu memanggil sebuah proses secara terus menerus dan berkelanjutan. Tindakan yang menyebalkan tersebut selain menguras habis memori yang ada, ia juga akan mengaktifkan prosesor secara terus-menerus sehingga meningkatkan suhu smartphone dan menurunkan daya tahan baterai.

3. Case Smartphone yang Memerangkap Panas

Smartphone Overheat 3
Case untuk smartphone memang unik-unik dan menarik untuk digunakan. Selain warnanya yang variatif, modelnya juga bermacam-macam sehingga membuat penggunanya tidak bosan. Namun perlu disadari bahwa tidak semua case smartphone memiliki ventilasi udara yang baik. Justru banyak sekali di luaran sana yang terbuat dari bahan yang memerangkap panas smartphone sehingga suhu akan terus meningkat seiring dengan pemakaian. Kondisi ini sering terjadi dengan case armor yang tebal demi meredam guncangan.

4. Cek Selalu Kondisi Baterai dan Charger

Smartphone Overheat 4
Poin ini memang terdengar klise, namun tetap harus kita bahas agar tidak ada lagi orang yang terancam bahaya akibat penggunaan charger dan baterai yang salah. Untuk kamu yang masih menggunakan smartphone lama, maka sudah tau dong bahwa beberapa di antaranya belum dilengkapi dengan pemotong aliran listrik ketika kondisi baterai sudah penuh. HP dengan baterai jenis tersebut harus tetap dijaga agar tidak di-charge melebihi muatan yang disediakan. Jika dibiarkan terlalu lama, proses charge akan terkonversi menjadi panas yang berlebih.

Tapi untuk kamu yang menggunakan smartphone jenis baru, bukan berarti aman-aman saja. Memakai smartphone ketika sedang di-charge juga menyimpan bahayanya sendiri. Selain membuat proses charge menjadi lebih lama, suhu dari keseluruhan smartphone juga akan dengan mudah meningkat dan membahayakan pengguna.

5. Menjawab Mitos: Apakah WiFi Dapat Membuat Smartphone Panas?

Smartphone Overheat 5
Jawabannya ialah: secara langsung sih tidak. Bukan WiFi yang membuat smartphone menjadi lebih mudah panas akan tetapi aktivitas penggunaan HP-nya yang lebih intens. Seperti kita ketahui bahwa orang-orang yang menggunakan WiFi cenderung untuk memakai smartphone lebih sering, terutama di area-area tertentu yang terbatas. Orang cenderung untuk tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk mendapatkan koneksi WiFi sehingga membuat smartphone lebih sering menyala dan kemudian panas.

Itu dia lima faktor tersembunyi yang dapat membuat smartphone kamu panas dan overheat. Apakah ada yang kami lewatkan? Jangan lupa untuk share pendapat kamu melalui kolom komentar di bawah ini ya.

Greenify Icon
Greenify
Apps Developer Tools Oasis Feng
DOWNLOAD

ARTIKEL TERKAIT
Lgbt Banner

Jika Gagal Dalam Tes ini Artinya Kamu Cenderung Penyuka Sesama Jenis

Gems Gratis Clash Royale

Cara Dapat 1200 Gems Gratis di Clash Royale

Meme Lgbt Banner

Kumpulan MEME Kocak Plesetan Singkatan LGBT

Banner2

Inilah Dampak Badai Hujan Terhadap Kualitas Gambar di TV

Iklan Snickers Banner

Coba Tebak, Ada Berapa Kesalahan yang Muncul Pada Foto Aneh Berikut Ini?

APPS TERKAIT
Gameassistant Icon
Game Assistant 2 V2 Beta
Apps IOBit
Logo Wakelock
Wakelock Detector-Save Battery 1.6.1
Apps UzumApps
Avast Battery Saver Icon Icon
Avast Battery Saver 1.0.861
Apps Avast Software
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Inilah Penyebab Smartphone Cepat Panas dan Cara Mengatasinya!

Inilah Penyebab Smartphone Cepat Panas dan Cara Mengatasinya!

Smartphone Sering Panas? Ini Dia Penyebab dan Solusi Jitunya

Smartphone Sering Panas? Ini Dia Penyebab dan Solusi Jitunya

Awas, 10 Kebiasaan Kecil Ini Bisa Merusak Smartphone!

Awas, 10 Kebiasaan Kecil Ini Bisa Merusak Smartphone!

10 Mitos Seputar Smartphone Ini Salah, Tapi Masih Banyak Dipercaya!

10 Mitos Seputar Smartphone Ini Salah, Tapi Masih Banyak Dipercaya!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal