J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              5 Fakta Penting Tentang 4G LTE yang HARUS Kamu Ketahui

              5 Fakta Penting Tentang 4G LTE yang HARUS Kamu Ketahui

              00
              Kamis, 13 Jul 2017, 10:15 WIB
              Pertanyaan yang masih sering muncul adalah emang apa sih 4G LTE dan keunggulannya? Lalu, ada enggak tips untuk membeli smartphone 4G dan daftar paket internetnya. Baiklah, mari kita bahas sama-sama.

              Salah satu pertimbangan penting ketika mau beli smartphone baru adalah sudah 4G belum? Ya, rugi banget deh rasanya kalau ganti HP tapi belum mendukung konektivitas 4G LTE. Pasalnya, banyak provider penyedia layanan 4G seperti Indosat, Smartfren, XL dan beberapa provider lainnya. Sedang gencar-gencarnya melakukan berbagai promosi, mereka berlomba-lomba untuk menyediakan paket internet 4G paling murah dengan kuota besar untuk para pelanggannya setianya. Sayang banget kan kalau terlewat?

              Tentu saja bisa dibilang ini hal yang baik dimana Indonesia sedang berbenah menuju koneksi internet yang lebih baik, cepat dan stabil. Sekarang ini 4G memang sudah menjadi kebutuhan sebagian besar masyarakat kota besar di Indonesia. Pertanyaan yang masih sering muncul adalah emang apa sih 4G LTE dan keunggulannya? Lalu, ada enggak tips untuk membeli smartphone 4G dan daftar paket internetnya? Baiklah, mari kita bahas sama-sama.

              BACA JUGA
              • Daftar Paket Internet 4G LTE Semua Operator Mei 2019 (Update)
              • 5 Mitos Tentang 4G LTE yang Selama Ini Kamu Percaya (Padahal Salah)
              • Adu Smartphone 4G dengan RAM 3GB Harga 2 Jutaan

              5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Membeli Smartphone 4G

              1. Apa Itu 4G?

              4G singkatan dari fourth-generation technology, jaringan mobile broadband generasi keempat yang menawarkan akses data yang tinggi. Terdapat dua kandidat standar untuk 4G yang dikomersilkan di dunia yaitu standar WiMAX dan standar Long Term Evolution (LTE). Sederhananya 4G LTE yang kita nikmati di Indonesia memiliki kapasitas bandwidth 10x lebih besar dibandingkan jaringan 3G, dengan kecepatan akses data jauh lebih gesit.

              4glte

              Manfaat yang bisa kita rasakan sebagai pengguna smartphone 4G adalah jaringan internet yang bebas lemot. Masalah yang kerap ditemui seperti streaming video terputus-putus tidak akan ditemui lagi. Dengan jaringan 4G LTE, streaming video YouTube berkualitas high definition (HD) di smartphone bebas buffering. Kapasitas bandwidth 4G LTE yang lebih besar juga bisa membantu para kaum profesional yang sering bekerja mobile. Proses download atau upload berbagai file berukuran besar tidak perlu lagi menunggu lama, kerja jadi lebih efisien.

              2. Jenis-jenis 4G

              Ini 4g

              4G kita ibaratkan sebuah label, dimana ada banyak nama yang muncul yakni HSPA+, WiMax, TD-LTE, LTE, LTE-Advanced. Nah jaringan yang benar-benar memenuhi spesifikasi 4G ini adalah LTE-Advanced dan WirelessMAN-Advanced (WiMax Release 2). Namun, HSPA+, WiMAX, dan LTE juga diizinkan untuk diberi label sebagai teknologi 4G. Meskipun tidak menawarkan kecepatan yang dijanjikan dari spesifikasi resmi 4G. Ya, LTE umumnya dipasarkan di 4G LTE termasuk di Indonesia, yang artinya tidak menawarkan kecepatan 4G yang sesungguhnya. Itulah kenapa kecepatan jaringan 4G LTE di Indonesia berbeda-beda.

              Standard HSPA+ WiMAX Rel 1 LTE LTE-Advanced WiMax Rel 2 "True 4G"
              Download 84 Mbps 128 Mbps 100 Mbps 1000 Mbps 1000 Mbps 1000 Mbps
              Upload 22 Mbps 56 Mbps 50 Mbps 500 Mbps 500 Mbps 500 Mbps

              3. Tips Memilih Smartphone 4G

              4g

              Duh! Pusing juga ya kalau bicara teknis tentang teknologi 4G. Kamu enggak usah pusing ngurusin data yang di atas, karena penerapan teknologi di smartphone juga dibagi-bagi lagi tergantung chipset yang digunakan. Ya, setelah pertanyaan smartphone udah 4G belum? Pertanyaan selanjutnya adalah Cat berapa? Kategori inilah yang menjadi acuan kita, tentunya semakin tinggi semakin bagus. Meskipun tetap saja, ujung-ujungnya kita tidak bisa menikmati kecepatan 4G yang sesungguhnya. Lihat tabel untuk lebih jelas.

              LTE Class Speeds Aggregation Options
              Category 12 600 Mbps download, 100 Mbps upload 3 x 20MHz download, 2 x 20MHz upload
              Category 10 450 Mbps download, 100 Mbps upload 3 x 20MHz download, 2 x 20MHz upload
              Category 9 450 Mbps download, 50 Mbps upload 3 x 20MHz download
              Category 7 300 Mbps download, 100 Mbps download 2 x 20MHz download, 2 x 20MHz upload
              Category 4 150 Mbps download, 50 Mbps upload 2 x 10MHz download

              4. Rekomendasi Smartphone

              Wimaxlte

              Nah penjelasan nomor 3 mudah ya, kalau untuk rekomendasi smartphone tentunya tergantung dari budget yang kamu miliki. Rata-rata smartphone kelas menengah ke atas, sudah pasti mendukung 4G LTE. Nah kalau untuk smartphone murah, kamu bisa baca artikel berikut "10 Smartphone Android 4G LTE Murah yang Bisa Dibeli dengan THR Lebaran". Untuk kamu yang cari MiFi alias modem WiFi, bisa baca artikel berikut "5 Modem 4G WiFi Paling Murah dengan Koneksi Super Cepat". Oh iya, jangan lupa kalau bisa cari smartphone yang sudah mendukung VoLTE.

              5. Pilihan Paket Data 4G LTE

              4g Sign

              Ciyee yang sudah pakai HP 4G tapi masih paket internetan 3G. Hadeh... Alasannya mahal! Seperti yang Jaka singgung di atas, para operator seluler di Indonesia sedang gencar-gencarnya nih kasih promo paket 4G. Jadi, jangan sampai terlewat. Bila perlu beli kartu SIM perdana baru, biar bisa nikmatin paket murah, cepat, kuota berlimpah. Informasi paket datanya kamu bisa lihat pada artikel berikut "Daftar Paket Internet 4G LTE Termurah (Semua Operator) Juni 2016".

              4G adalah akses internet yang cepat, meskipun kecepatannya tidak secepat teori atau spesifikasi resmi yang dijanjikan. Buat kamu yang tinggal di kota besar, maka segera harus mencoba teknologi 4G LTE. Namun, untuk kota-kota yang belum mendukung tak perlu buru upgrade HP. Kayaknya sebelum kita bisa menikmati kecepatan 4G yang sesungguhnya, teknologi 5G bakal sudah keluar. Apa pendapat kamu soal perkembangan 4G LTE di Indonesia?

              APPS TERKAIT
              My Bolt
              My BOLT! (Official) 2.2.5
              Apps PT INTERNUX
              Mysmartfren 9b92e
              MySmartfren 5.4.4
              Apps Smartfren
              Internetspeedtest Icon
              Internet Speed Test 3G,4G,Wifi 2.0.9
              Apps Optimal Software s.r.o.
              4G_mark
              4Gmark (Speedtest & Benchmark) 1.5.3
              Apps Trois Petits Points

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal