Evolusi iPhone dari Masa ke Masa 10 Tahun Terakhir

4 October 2017

Sudah 10 tahun sejak Steve Jobs meluncurkan iPhone pertama pada tahun 2007. Kala itu, Apple menggabungkan tiga produk yakni ponsel, iPod, dan PC ke dalam keajaiban iPhone.

iPhone adalah perangkat premium dan Apple merilis iPhone baru setahun sekali. Ada banyak alasan kenapa banyak orang jatuh cinta pada iPhone.

Mulai dari desain kece dengan kualitas terbaik, performa iOS yang mulus, ekosistem aplikasi besar, hingga dukungan update OS hingga 4 tahun. Nah berikut evolusi Apple iPhone dari masa ke masa.

Evolusi Apple iPhone dari Masa ke Masa

1. 2017 - Apple iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus

evolusi-iphone-dari-masa-ke-masa-1

Dalam rangka ulang tahun iPhone yang ke-10 tahun, Apple merilis tiga iPhone baru yakni kejutan iPhone X dengan keunggulan layar edge-to-edge dan Face ID.

Sementara, evolusi iPhone 8 dan iPhone 8 Plus hadir dengan back cover kaca, wireless charging, chipset Apple A11 Bionic yang powerful, dan kemampuan merekam video yang luar biasa, 4K @60fps dan 1080p @240fps.

5 Fitur Mencengangkan yang Cuma Ada di iPhone X, yang Lain Mungkin Bakal Ngikutin
5 Fitur Mencengangkan yang Cuma Ada di iPhone X yang Lain Mungkin Bakal Ngikutin
5 Fitur Mencengangkan yang Cuma Ada di iPhone X, yang Lain Mungkin Bakal Ngikutin
Baca

2. 2016 - iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

evolusi-iphone-dari-masa-ke-masa-2

Bukan Apple kalau nggak berani menghilang fitur yang dianggap sudah usang yakni jack audio 3.5mm. Selain itu, tahun ini untuk pertama kalinya iPhone bisa diajak basah-basahan berkat sertifikasi IP68, fitur dual camera pada iPhone 7 Plus, dan kamu juga tidak lagi menemukan tombol home fisik.

Selain itu, pada bulan Maret Apple juga merilis Apple iPhone SE. Monster kecil dengan desain iPhone 5s jeroan iPhone 6s.

Harga Apple iPhone 7 Mulai 8 Jutaan, Ini Spesifikasi dan Ketersediaannya
Harga Apple iPhone 7 Mulai 8 Jutaan Ini Spesifikasi dan Ketersediaannya
Harga Apple iPhone 7 Mulai 8 Jutaan, Ini Spesifikasi dan Ketersediaannya
Baca

3. 2015 - iPhone 6s dan iPhone 6s Plus

evolusi-iphone-dari-masa-ke-masa-3

Tahun 2015 Apple menambah teknologi 3D Touch pada layar iPhone 6s dan iPhone 6s Plus. Teknologi ini berfungsi untuk memberikan pilihan yang lebih bervariasi saat mengakses smartphone dengan menyesuaikan tekanan sentuhan di layar.

Misalnya, kamu dapat membuat preview pada konten dengan cepat dan penekanan yang ringan maupun keras akan memunculkan pilihan menu yang berbeda. Selain itu, duo iPhone 6s adalah smartphone Apple pertama yang mampu merekam video 4K, Live Photos, dan motion wallpaper.

4. 2014 - iPhone 6 dan iPhone 6 Plus

evolusi-iphone-dari-masa-ke-masa-4

Untuk bersaing dengan Android, iPhone dengan layar lebih besar hadir di tahun ini yakni evolusi iPhone 6 dengan layar 4,7 inci dan iPhone 6 Plus 5,5 inci.

Di saat vendor lain masih mengandalkan plastik, Apple sudah membalut duo iPhone 6 dengan aluminium yang tahan lama. Kameranya juga punya autofocus dan dukungan continuous auto-focus pada video yang lebih baik.

5. 2013 - iPhone 5s dan iPhone 5c

evolusi-iphone-dari-masa-ke-masa-5

Tahun ini Apple masih menawarkan smartphone dengan layar 4 inci. Padahal para pesaingnya, sudah merilis smartphone dengan layar lebih besar.

Namun, iPhone 5s adalah iPhone pertama dengan Touch ID dan ditenagai chipset 64 bit. iPhone juga menandai era baru dengan iOS 7 yang berubah secara total.

Selain itu, Appe juga menawarkan iPhone 5c dengan balutan plastik. Harganya masih cukup mahal, sehingga tidak jelas dan dinilai gagal di pasaran.

6. 2012 - iPhone 5

evolusi-iphone-dari-masa-ke-masa-6

iPhone 5 mengusung desain baru dengan layar 4 inci, tapi dengan aspek rasio 16:9. Sebelumnya iPhone 4s menggunakan aspek rasio 3:2 dengan layar 3,5 inci.

iPhone 5 juga merupakan iPhone pertama dengan chipset yang dibuat oleh Apple sendiri yakni Apple A5. Sebelumnya masih menggunakan chipset dari Qualcomm. Selain itu, iPhone 5 adalah iPhone pertama dengan dukungan teknologi 4G LTE.

7. 2011 - iPhone 4s

evolusi-iphone-dari-masa-ke-masa-7

Tahun 2011 mungkin menjadi tahun yang paling sulit bagi Apple, pasalnya hanya sehari setelah peluncuran iPhone 4s, pendiri Apple Steve Jobs meninggal dunia. Tim Cook pun menjadi CEO baru Apple sampai sekarang.

iPhone 4s adalah smartphone pertama dengan Siri, kamera 8 MP, dan fitur keamanan iCloud.

8. 2010 - iPhone 4

evolusi-iphone-dari-masa-ke-masa-7

Banyak orang sepakat kalau evolusi iPhone 4 adalah desain iPhone terbaik sepanjang masa. Ya, tahun 2010 belum ada smartphone yang sekeren iPhone 4, dengan paduan kaca dan bingkai logam.

iPhone 4 juga iPhone pertama dengan layar super tajam Retina Display dengan resolusi 640x960 piksel dengan kepadatan piksel mencapai 330 ppi.

Selain itu, iPhone 4 juga merupakan iPhone pertama dengan kamera depan, slot karu micro-SIM, dan mic sekunder untuk noise cancellation.

9. 2009 - iPhone 3GS

evolusi-iphone-dari-masa-ke-masa-9

iPhone 3GS adalah upgrade bertahap yang dilakukan Apple dengan sejumlah peningkatan dan fitur unggulan iPhone 3GS adalah konektivitas 3G yang cepat.

Kamu tahu nggak, iPhone 3GS juga merupakan iPhone pertama yang bisa merekam video. Kamera 3 MP mampu merekam video dengan resolusi VGA (480p). Inovasi lain seperti, fitur copy paste, push notification, dan keyboard landscape.

10. 2008 - iPhone 3G

evolusi-iphone-dari-masa-ke-masa-10

Evolusi iPhone generasi kedua ini diluncurkan pada tanggal 10 Juli 2008 dengan pengumuman App Store yang resmi dibuka untuk bisnis. iPhone 3G masih menggunakan plastik glossy, konektivitas 3G, masih tersedia dengan memori dasar 4 GB, dan merupakan iPhone pertama dengan GPS.

11. 2007 - Original iPhone

evolusi-iphone-dari-masa-ke-masa-11

Ya, evolusi iPhone asli menggabungkan tiga produk, ponsel, iPod, dan terobosan komunikasi internet. Sehingga bisa berkirim email, berselancar di dunia maya, dan hal-hal lain yang sebelumnya dilakukan di komputer bisa dilakukan di pada perangkat genggam yang kecil dan ringan. Boleh dibilang, iPhone pertama adalah cikal bakal smartphone modern saat ini.

Berikut spesifikasi iPhone pertama:

  • Layar 3,5 inci dengan resolusi 320x480 piksel
  • iOS, antarmuka multi-sentuh baru yang dikendalikan sepenuhnya oleh jari kamu
  • Konektivitas Internet (2G) dengan native email client dan web browser
  • Kamera 2 MP tanpa kemampuan rekam video
  • Sensor ambient light dan proximity
  • On-screen keyboard
  • Memori 4 GB/8 GB/16 GB
  • Dibekali Aplikasi YouTube, Google Maps, dan Google Search
  • Pemutar musik/video iPod dengan dukungan iTunes

Akhir Kata

Itulah evolusi iPhone dari masa ke masa. Kebanyakan orang mungkin baru mengenal Apple melalui iPhone 4 tahun 2010. Karena merupakan iPhone pertama dengan desain premium, paduan kaca dan bingkai logam dan juga iPhone pertama dengan layar super tajam Retina Display. Kalau kamu sendiri, iPhone apa yang pertama kali kamu suka?

Baca juga artikel seputar iPhone atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar