J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Yakin Android Kamu Asli? Ini Cara Cek Smartphone Asli Tanpa Dibongkar

Yakin Android Kamu Asli? Ini Cara Cek Smartphone Asli Tanpa Dibongkar

Rabu, 9 Mei 2018, 07:00 WIB
Dengan banyaknya layanan belanja online, pihak tidak bertanggung jawab bisa saja menjual barang yang palsu atau tiruan. Setelah kamu membeli smartphone, coba cek apakah smartphone kamu asli atau palsu dengan cara berikut ini.

Karena merupakan sistem operasi open source, banyak vendor dengan mudah dan leluasa mengembangkan smartphone Android. Dampaknya, pilihan smartphone Android semakin beragam. Bahkan tidak sedikit pihak tidak bertanggung jawab membuat smartphone tiruan yang murah

Nah, kamu nggak mau kan mengeluarkan uang tapi dapatnya barang palsu? Rugi dong. Makanya, yuk cek keaslian smartphone Android kamu!

BACA JUGA
  • Cara Cek Keaslian dan Kualitas Power Bank Harga Murah
  • Awas Tertipu! Ini 6 Cara Membedakan Smartphone Asli dan Palsu!
  • 5 Cara Mudah Untuk Membedakan Charger Asli dan Palsu

Cara Cek Keaslian Smartphone Android

Biasanya pihak tidak bertanggung jawab menjualnya dengan embel-embel smartphone black market yang didatangkan dari Batam. Tapi apakah demikian? Beberapa smartphone Android palsu dibekali dengan spesifikasi yang jauh berbeda dengan smartphone asli. Yuk cek keaslian smartphone yang kamu beli tanpa membongkarnya!

1. Download AIDA

Untuk memeriksa keaslian smartphone, kamu bisa terlebih dahulu men-download aplikasi AIDA begitu smartphone kamu terhubung dengan Internet. Setelah data di AIDA muncul, segera samakan spesifikasi yang muncul di smartphone dengan spesifikasi resmi smartphone terkait di website resminya atau di situs lain yang terpercaya.

Cara Cek Keaslian Smartphone 3

Jika ternyata spesifikasinya tidak sesuai, kamu berhak untuk mengembalikan barang tersebut kepada penjual. Toh, kamu tidak mendapatkan spesifikasi yang tidak sesuai kan? Memang tidak bisa dipungkiri, kita membeli smartphone karena terbuai dengan spesifikasi yang ditawarkan, bukan hanya harga.

Aida64 Icon
AIDA64 1.45
Apps Browser Devi
DOWNLOAD

2. Cek Charger Dengan Ampere

Tanpa harus membongkar dalaman charger, kamu bisa mengetahui keaslian charger smartphone dengan mudah. Caranya, install aplikasi Ampere. Aplikasi ini akan mengukur besaran arus yang dikeluarkan dari charger kamu. Jika ternyata arusnya sangat lemah, jelas charger-nya palsu. Dan jika charger palsu, smartphone kamu besar kemungkinan juga palsu.

Ampere Icon Icon
Ampere 2.13
Apps Productivity Braintrapp
DOWNLOAD

3. Cek AnTuTu

Cara Cek Keaslian Smartphone

Meski skor AnTuTu bukanlah harga mutlak dalam menentukan performa smartphone, tapi skor ini bisa dijadikan patokan untuk pembanding keaslian smartphone. Setelah AnTuTu Benchmark ter-install di smartphone kamu, segera cari tahu skor AnTuTu smartphone yang kamu beli di Internet. Pastikan angkanya tidak terpaut jauh. Jika angkanya jomplang, kamu wajib curiga dengan keaslian smartphone milikmu.

Beberapa smartphone dibekali dengan Power Mode beragam. Hal ini bisa mempengaruhi performa smartphone. Pastikan kamu menguji skor AnTuTu dengan mode yang sama dengan yang diuji di Internet.

Antutu Benchmark
AnTuTu Benchmark
Apps Productivity AnTuTu
DOWNLOAD

4. Cek IMEI

Di smartphone Android, kamu bisa secara mudah mengecek IMEI dengan masuk menu Settings - About atau dari dial phone *#06#. Setelah tahu IMEI kamu, langsung cek lewat website http://www.imei.info/. Jika informasi yang muncul ternyata tidak sesuai dengan informasi seharusnya, segera kembalikan ke toko terkait.

Cara Membedakan Smartphone Asli Dan Palsu Banner
Jangan Sampe Ketipu Ya!
bisa-bisa smartphone kamu itu palsu atau black market. Maka dari itu Jaka akan kasih info bagaimana cara membedakan smartphone asli dan palsu, supaya kamu
LIHAT ARTIKEL

5. Cek Kelengkapan Smartphone

Kelengkapan smartphone asli dan palsu juga berbeda. Bukan dari jumlahnya, melainkan dari kualitas barang. Smartphone palsu biasanya dilengkapi dengan kabel dan charger yang berkualitas rendah dan tidak sesuai.

Cara Membedakan Smartphone Asli Dan Palsu 6

Charger smartphone palsu atau black market biasanya dibekali adaptor yang tidak sesuai dengan negara tempatnya dijual. Selain itu, detail charger smartphone palsu juga biasanya nampak buram dan mudah terkelupas.

Nah, itu dia 5 cara mudah untuk mengecek keaslian smartphone. Sudah cek keaslian smartphone kamu belum? Jangan sampai kamu datang ke service center tapi ternyata smartphone yang kamu bawa adalah smartphone palsu. Kan malu.

Baca juga artikel seputar Smartphone atau artikel dari Epi Kusnara lainnya.

ARTIKEL TERKAIT
Smartphone Android Paling Hemat Baterai 3

Inilah 20 Smartphone Android Paling Hemat Baterai Sedunia!

Keyword Terlarang Di Google 8

Keyword Terlarang di Google yang Dijamin Membuat Kamu Tercengang

Game Tersembunyi Google 7

6 Game Rahasia Milik Google, Udah Pernah Mainin?

Perbedaan Augmented Reality Dengan Virtual Reality

Apa Sih Perbedaan Augmented Reality vs Virtual Reality?

Smartphone Android Dengan 3d Touch Display Ala Iphone

5 Smartphone Android Dengan Teknologi 3D Touch Display Ala iPhone 6s

APPS TERKAIT
Antutu Benchmark
AnTuTu Benchmark
Apps AnTuTu
Aida64 Icon
AIDA64 1.45
Apps Devi
Ampere Icon Icon
Ampere 2.13
Apps Braintrapp
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal