BlackBerry DTEK50, Smartphone Android Paling Aman dengan Harga Murah

30 July 2016

Smartphone dengan ciri khas keyboard qwerty fisik besutan perusahaan asal Kanada, memang pernah menghipnotis masyarakat di Indonesia. Namun, gempuran smartphone Android tak mampu ditahan. Meskipun akhirnya BlackBerry merilis Priv, smartphone perdana dengan Android pada akhir tahun 2015. Sayangnya hanya dengan satu perangkat high-end tersebut, tak mampu berbuat banyak.

Setelah berselang setengah tahun, BlackBerry akhirnya merilis smartphone Android keduanya yakni dengan nama DTEK50 untuk kelas menengah. Dilansir dari Androidauthority, meskipun namanya terkesan kaku namun perangkat ini diklaim smartphone Android teraman di dunia dan yang paling penting adalah harganya ramah dikantong. Penasaran kan? Yuk ulas lebih dalam lagi.

Inilah Smartphone Paling Aman di Dunia dari BlackBerry

1. Blackberry DTEK50 Adalah Alcatel Idol 4?

Blackberry DTEK50 Adalah Alcatel Idol 4

Smartphone yang bocorannya populer dengan nama Hamburg atau Neon ini merupakan hasil rebrand dari perangkat Alcatel Idol 4, buatan anak usaha TCL. Tidak heran, jika desain dan spesifikasi DTEK50 sama persis dengan perangkat tersebut. Namun tentu saja BlackBerry membenamkan software dan fitur-fiturnya sendiri.

2. DTEK50 Tetaplah BlackBerry!

DTEK50 Tetaplah BlackBerry

DTEK50 memang buatan perusahaan asal China, TCL Corp, yang merupakan induk dari Alcatel. Meskipun identik dengan Alcatel Idol 4, bukan berarti keduanya sama. DTEK50 tetaplah smartphone BlackBerry yang dilengkapi dengan fitur keamanan yang mumpuni. Bahkan, BlackBerry mengklaim bahwa DTEK50 merupakan smartphone paling aman di dunia.

DTEK50 dirancang untuk memenuhi kebutuhan keamanan dan privasi. Dengan mengenkripsi semua informasi penggunanya, mulai dari data bisnis dan juga data pribadi seperti foto, video, dan kontak. Termasuk perlindungan malware yang tertanam bersama dengan kemampuan back up, wipe, dan restore.

3. Benarkah DTEK50 Smartphone Paling Aman di Dunia?

Benarkah DTEK50 Smartphone Teraman di Dunia

Seperti yang kita ketahui, soal keamanan BlackBerry memang punya reputasi yang baik. Namun, apakah klaim tersebut tidak berlebihan? BlackBerry pun membuktikannya dengan melengkapi DTEK50 sederet fitur keamanan, termasuk teknologi keamanan yang dikembangkan di platform BlackBerry 10. Apa saja?

  • DTEK - Aplikasi ini berfungsi untuk melindungi smartphone dari malware dan masalah keamanan lain yang biasanya muncul di Android. Kamu dapat memantau OS dan aplikasi untuk mengetahui kapan privasi mereka berisiko dan mengambil tindakan untuk mengatasinya. Hebatnya lagi, DTEK juga dapat melacak aplikasi dan memberitahu ketika seseorang mengambil foto atau video tanpa sepengetahuan pengguna, menyalakan mikrofon, mengirimkan pesan teks atau mengakses kontak maupun lokasi.
  • Rapid Security Patching - Smartphone DTEK50 ini secara rutin akan mendapatkan patch keamanan bulanan dan diklaim yang tercepat dibandingkan dengan vendor lain.
  • Hardening - BlackBerry juga menyediakan patch keamanan tambahan, nomor acak yang ditingkatkan, address space generation, dan certificate pinning untuk menyulitkan hacker saat mencoba menyerang.
  • IPS 140-2 Compliant Full Disk Encryption - Fungsinya untuk melindungi informasi pribadi, seperti foto atau informasi bank agar tidak dicuri jika smartphone hilang. Untuk pengguna bisnis, BlackBerry juga menyediakan Android for Work, Google Play for Work, dan Full Enterprise Mobility Management Support.

Dengan peningkatan cybercrime pada smartphone, kita memang harus menyadari bahwa detail pribadi kita tidak sepenuhnya aman disimpan di smartphone. Nah DTEK50 ini bakal mencegah bocornya data dan menangkis serangan hacker.

4. Spesifikasi BlackBerry DTEK50

Spesifikasi BlackBerry DTEK50

Sama seperti Alcatel Idol 4, soal spesifikasi DTEK50 mengusung layar 5,2 inci 1080p. Bagian intinya, mengandalkan chipset menengah besutan Qualcomm yang cukup bertenaga yakni Snapdragon 617 dengan RAM 3 GB dan ruang simpan 16 GB. Pencitraannya, DTEK50 dilengkapi kamera belakang 13MP berteknologi PDAF dan lampu LED flash dual tone. Sementara bagian depan, bercokol kamera 8MP yang juga dilengkapi lampu flash. Smartphone yang berjalan pada OS Android 6.0 Marshmallow ini ditenagai baterai berkapasitas 2.610 mAh.

5. Harga BlackBerry DTEK50

BlackBery tampaknya belajar dari pengalaman, DTEK50 bakal dijual dengan harga yang terjangkau yakni USD 300 atau sekitar Rp 3,9 juta di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Perancis, Jerman, Spanyol, Italia, dan Belanda. Belum ada informasi kapan masuk Indonesia, namun yang pasti akan beredar di seluruh dunia dalam beberapa minggu mendatang.

Perpaduan harga yang tak terlalu mahal dan fitur keamanan mumpuni, BlackBerry DTEK50 jelas punya peluang melawan deretan smartphone Android yang membanjiri pasar. Menurut kamu, mampukah DTEK50 menggugah minat konsumen Indonesia dan membangkitkan BlackBerry kembali?

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar