J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Benarkah Bluetooth Berbahaya Bagi Kesehatan? Mitos Atau Fakta?

Benarkah Bluetooth Berbahaya Bagi Kesehatan? Mitos Atau Fakta?

Kamis, 3 Agt 2017, 16:00 WIB
Di balik kecanggih Bluetooth yang menawarkan keberagaman fungsi, ada yang bertanya-tanya soal keamanannya. Benarkah Bluetoooth aman dari radiasi? Amankah bagi kesehatan?

Meski infrared masih banyak digunakan untuk remote control, namun teknologi ini secara pasti mulai tergantikan oleh Bluetooth. Kebayang kan kalo transfer file masih harus menempelkan smartphone seperti eranya infrared dulu? Ribet.

Di balik kecanggihan Bluetooth yang menawarkan keberagaman fungsi, ada yang bertanya-tanya soal keamanannya. Benarkah Bluetoooth aman bagi kesehatan manusia? Berikut penjelasan bahaya Bluetooth bagi kesehatan.

BACA JUGA
  • Cara Memilih Headphone Bluetooth Terbaik Untuk Dibeli Saat Lebaran 2017
  • Ngiler! 4 Hal Canggih Ini Akan Kamu Rasakan Jika Smartphonemu Sudah Mendukung Bluetooth 5
  • 7 Speaker Bluetooth Murah Terbaik 2019, Mulai 90 Ribuan Saja!

Apakah Bluetooth Berbahaya Bagi Kesehatan?

Seperti halnya teknologi nirkabel lainnya, Bluetooth bekerja dengan memancarkan paparan gelombang atau istilah kerennya radiasi. Sebut saja headset Bluetooth yang terhubung dengan smartphone lewat teknologi Bluetooth. Apaah radiasi dari headset Bluetooth ini akan memicu kanker?

Bluetooth Aman Bagi Kesehatan

Pada tanggal 31 Mei 2011, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan bahwa pengguna smartphone secara berlebihan bisa memicu masalah kesehatan. Bahaya ini dipacu oleh cara kerja smartphone yang menangkap gelombang sinyal dari yang jaraknya puluhan mil. Berbeda dengan cara kerja Bluetooth yang hanya bisa bekerja di jarak 100 kaki.

Ada perhitungan Specific Absorption Rate (SAR) yang menolelir berapa banyak radiasi aman diterima bagi tubuh pada frekuensi tertentu. Di Amerika Serikat, batas aman SAR dari smartphone adalah 1,6 watt (energi) per kilogram (berat tubuh pengguna).

Bikin Cantik Nih!
Apa kamu suka selfie dan membagikan foto-fotonya di media sosial? Agar foto selfie kamumakin sempurna, yuk coba pilih jajaran smartphone dengan kamera depan terbaik berikut!
LIHAT ARTIKEL

Dan tahukah kamu, sebuah studi yang dilakukan oleh William G. Scanlon dari Universitas Queen di Belfast mengungkapkan bahwa besaran SAR yang dihasilkan modul Bluetooth Ericsson hanya 0,001 saja? Jadi jelas Bluetooth aman bagi kesehatan manusia.

Bahkan kita sangat disarankan untuk berkendara menggunakan headset Bluetooth lho. Tujuannya agar jika ada telepon masuk, kita bisa mengangkatnya tanpa harus memainkan smartphone terlebih dahulu. Itulah penjelasan mengenai bahaya Bluetooth bagi kesehatan, bagaimana pendapat kamu?

Baca juga artikel seputar Bluetooth atau artikel dari Epi Kusnara lainnya.

ARTIKEL TERKAIT

10 Aplikasi Edit Foto Terbaik Android 2020 | Bikin Foto Kekinian!

5 Smartphone dengan Kamera Depan Terbaik yang Wajib Beli!

7 Cara Keren Agar Kamu Terlihat Seperti Hacker Profesional

7 Cara Cepat Dapat Ratusan Subscriber YouTube dalam Sehari

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Remote Mouse 2.603
Apps Remote Mouse
IR Universal Remote 11.01
Apps
Peel Smart Remote 9.5.9.7
Apps Peel Technologies
Remote Turn Off 1.2
Apps Ravindusha
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal